Skip to main content
KIPUDIN

follow us

Cara menyimpan status WA otomatis ke Galeri

Cara menyimpan status WA ( whatsapp ) otomatis ke galeri - Belakangan ini saya sedang hobi mengoleksi status whatsapp teman. Status whatsapp itu hanya bertahan 24 jam, setelah itu otomatis akan terhapus.

Padahal dari status tersebut kadang ada informasi yang ingin saya catat atau ada status yang menjadi pengingat dikala oleng. atau ada juga status jualan yang ingin saya bagikan ulang kepada teman yang sedang ingin membeli barang tersebut.

Cara menyimpan status WA orang lain di galeri yang selama ini saya lakukan itu manual yaitu lewat File manager kemudian ke folder whatsapp - Media - .Statuses kemudian menyalinnya ke folder khusus Pindahan status.

Namun saya merasa bahwa itu sedikit merepotkan, saya harus buka status whatsapp dikontak saya lalu manual pindahinnya. Adakah cara mudah backup otomatis gambar dan video status whatsapp?

Cara menyimpan status WA otomatis ke galeri

Aplikasi backup status Whatsapp otomatis ini saya coba di HP Infinix berjalan lancar.Saya harap cara ini bisa juga diterapkan di HP Vivo, Oppo ataupun Realme.

Pertama sobat download dan install aplikasi BFileSync.

Oh ya perlu diingat bahwa aplikasi ini bisa diinstall tanpa memerlukan akses root. ditambah lagi aplikasi ini gratis dan tekah didownload lebih dari 5.000 kali.

Selanjutnya jalankan aplikasinya dan tap pada titik 3 di pojok kanan atas pilih Global Settings dan tap pada Enable Sync Device untuk lebih jelasnya simak gambar dibawah ini. kalau sudah silakan pilih kembali.

Kemudian tap tanda + disebelah titik 3 tadi untuk membuat task ( tugas ) baru dan munculah tampilan seperti berikut:

Pada task description isi nama tugasnya, bebas sesuai keinginan sobat.
Lalu pada Sync method bisa pilih copy atau move. copy untuk menyalinnya saja dan di status whatsapp tetap terlihat sedangkan move untuk memindah tapi saat kita hendak melihat status di aplikasi whatsapp akan muncul tulisan file tidak ada di telephone.

Saran saya pilih move saja supaya tidak menambah beban penyimpanan karena menyimpan 2 file yang sama.

Untuk short by pilih ada pilihan by date dan by name, sebaiknya pilih default saja. Oh iya disini kita bisa juga mengubah / merapikan nama file status agar lebih rapi dengan mengaktifkan pilihan Rename at destination as yang artinya file otomatis berubah namanya setelah dipindah.

Yang mana ini lebih simple daripada cara merapikan nama file foto dan video status whatsapp yang pernah kita bahas.

Selanjutnya pada source directory pilih folder whatsapp - Media - .Statuses
Pada destination directory pilih folder sesuai keinginan sobat, bisa di folder DCIM, Pictures atau buat folder sendiri.

Untuk sync only when on charging sebaiknya dimatikan jika baterai sobat masih tahan lama atau pilih on ketika HP sering terhubung ke pengisi daya.

Pada when to sync after creation biarkan immediately yang berarti ketika status whatsapp sudah kita lihat maka status tersebut segera dipindahkan ke folder yang telah kita tentukan tadi.

Kemudian pada Filter biarkan tetap everything agar baik foto atau video semua akan dipindah.

Terakhir agar tugas baru ini dijalankan tap pada pilihan Enable this task dan pilih tanda centang dipojok kanan atas.

Selesai, kini coba lihat status whatsapp terbaru milik teman sobat lalu cek di folder pemindahannya apakah sudah berhasil dipindah.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar