Skip to main content
KIPUDIN

follow us

Cari tahu kelegalan HP melaui link cek IMEI Kominfo

Cek IMEI disini untuk memastikan HP kita resmi - International Mobile Equipment Indentity atau yang biasa disebut IMEI merupakan nomor seri yang ada pada setiap perangkat mobile baik itu HP andoid ataupun Iphone.

Saat diproduksi semua HP dilengkapi Imei, hanya saja ada yang masuk pasar resmi ada juga yang masuk Black Market. Hp yang masuk black market tentunya tidak resmi atau illegal. Salah satu tanda barang tersebut Black Market adalah dijual dengan harga sangat murah.

Sebagai konsumen yang cerdas tentu kita harus tahu bagaimana cara mengidentifikasi HP resmi atau bukan. beruntunglah karena sekarang pemerintah melalui Kemenperin ( Kementerian Perindustrian ) telah menyediakan layanan Cek IMEI HP online melalui situs resminya.

Diharapkan dengan penyortiran ini HP Black Market semakin berkurang, andaipun yang sudah terlanjur beredar secara otomatis akan diblokir, HP dengan IMEI tak terdaftar tak bisa dipakai telephone, SMS dan Internet. intinya HP tidak bisa dioperasikan.

Aturan mengenai pemblokiran HP BM ini memang menuai pro dan kontra, ada yang setuju ada juga yang tidak setuju. walau begitu aturan ini sudah mulai konsultasikan ke publik.

Beberapa waktu lalu sempat viral tentang aturan ini, netizen khawatir jika tiba - tiba ponselnya tidak bisa digunakan padahal ponsel yang beredar dipasaran kebanyakan belum ada label bahwa barang tersebut legal.

Dilansir dari inetDetik, Dirjen SDPPI Kominfo, Ismail, memastikan bahwasanya regulasi peraturan tentang IMEI ini berfokus pada masa mendatang. Dimana Seluruh ponsel yang sudah digunakan atau dibeli pada masa sebelum aturan ini diberlakukan tidak akan terpengaruh dan masih dapat digunakan.

Jadi anda yang sudah terlanjur membeli HP Ilegal sebelum adanya Undang-undang baru ini berlaku tidak perlu khawatir, dan kedepannya diharapkan berhati-hati bila ingin membeli ponsel Baru atau Second, lebih baik lakukan pengecekan dahulu IMEI di situs resmi Kemenperin.

Alamat Situs Resmi Cek IMEI Pemerintah

Adapun cara mengecek IMEI ponsel milik kita apakah resmi dan terdaftar di database Pemerintah atau tergolong Ilegal, silahkan simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Buka aplikasi Browser di smartphone atau Komputer
  2. Kemudian ketikkan alamat situs Cek Imei : https://imei.kemenperin.go.id/
  3. Pada kolom CEK IMEI, silahkan masukkan 16 Digit nomor imei ponsel anda
  4. Setelah itu klik tombol Cari (ikon kaca pembesar)
  5. Hasilnya bisa anda lihat di bawah kolom, bila bertuliskan "IMEI Terdaftar di database Kemenperin" berarti ponsel anda resmi dan aman. Dan bila tidak terdeteksi, dipastikan HP Anda ilegal.

Cara Ketahui Nomor IMEI HP

Ada beberapa cara mengetahu nomor IMEI ponsel, salah satunya paling mudah dengan membuka aplikasi telepon dan ketik kode *#06#. Bisa juga dengan melihat pada Dos Book, di balik tatakan baterai HP, atau melalui menu Pengaturan > Tentang Ponsel > Status (Tergantung tipe dan merek smartphone).

Perlu diketahui, Ponsel BM (Black market) sebenarnya diproduksi oleh produsen yang sama. Hanya saja proses masuk (Impor) tidak melalui regulasi yang ditetapkan pemerintah.

Ada beberapa distributor resmi yang sudah tercatat di kemenperin, dan ada juga pemasok yang ilegal untuk menghindari Pajak, sehingga bisa dipastikan harga HP Black market lebih murah dibanding ponsel bergaransi Resmi.

Dasar Peraturan Pengumpulan data IMEI oleh Kementerian Perindustrian yaitu "Peraturan Menteri Perindustrian RI No.108/M-IND/PER/11/2012", dimana data IMEI diperoleh berdasarkan proses pendaftaran telpon selular, komputer tablet dan komputer genggam.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar