Skip to main content
KIPUDIN

follow us

Pengaturan whatsapp agar foto dan video tidak tampil otomatis

Pengaturan whatsapp agar foto dan video tidak tampil otomatis – Pernahkah sobat merasa kesal karena ada foto atau video yang tidak diinginkan tiba tiba otomatis terbuka? Dari pihak whatsapp memang diatur setiap gambar atau video akan otomatis ter download dan tersimpan di memori.

Bukan hanya itu file lainpun juga otomatis tersimpan misalnya file audio, dokumen ataupun file zip sekalipun. Kalau kita bergabung di banyak group dan setiap group sering share foto atau video maka memori kita akan cepat penuh.

Ditambah lagi jaman sekarang kameranya canggih – canggih sehingga foto yang dihasilkanpun kapasitasnya lumayan besar. Tentu ini jadi masalah serius bagi pengguna smartphone dengan kapasitas penyimpanan sedang atau yang tidak pakai memory external.

Walaupun kita sudah pernah membahas cara mengatasi memory internal cepat penuh, rasanya keasyikan chatting di whatsapp membuat kita lupa untuk memeriksa apakah penyimpanan android kita masih ada atau sudah menipis mendekati limit.

Cara mematikan auto download kiriman video / foto whatsapp

Selain untuk menghemat ruang penyimpanan mematikan auto download dan buka otomatis bisa meminimalisir tersimpannya video / foto tidak diinginkan.

Ketika kita mematikan fitur auto download / auto save foto atau video maka kiriman foto atau video dari teman kita akan tampak buram, untuk melihat kiriman tersebut tinggal tap pada melingkar.

Cara menonaktifkan download otomatis di whatsapp

  • Buka aplikasi WhatsApp, lalu ke menu di bagian pojok kanan atas dan pilih Setelan
  • Langkah selanjutnya pilih "Penggunaan data dan Penyimpanan"
  • Ada 2 opsi yang akan kita setting, Pertama pilih "Saat menggunakan data selular", Hilangkan tanda centang Foto dan Video, lalu klik Oke.
  • Yang kedua pada pilihan "Saat terhubung ke Wi-Fi", hilangkan juga centang untuk Foto dan juga Video.
  • Setelah selesai, tutup kembali menu setelan WhatsApp.

Cara menonaktifkan fitur auto download ( otomatis ) ini alhamdulillah menyelamatkan saya dari video dan foto tidak senonoh yang kadang di kirim oleh teman teman group. Mau keluar group takut dikira baperan, kalaupun keluar group nanti kalau ada info penting jadi ketinggalan. Namun setelah pakai trik ini penyimpanan aman silaturahim tetap berjalan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar