Skip to main content
KIPUDIN

follow us

Penyebab Laptop mati sendiri saat nonton Film

Hai sobat Kipudin, Sedikit cerita bahwa beberapa waktu yang lalu ada teman mengeluhkan tentang laptopnya yang tiba – tiba mati sendiri saat dipakai nonton film di youtube. Padahal saat itu posisi laptop terhubung dengan pengisi daya makanya dia heran kenapa bisa tiba – tiba hang.

Dari keterangannya saat itu nyalakan laptop dikamar diatas kasus sambil tiduran. Maklum laptop kesayangan jadi kemanapun pergi selalu menyertai termasuk ketika didalam kamar. Selain karena rasa sayang meletakkan laptop dikamar adalah salah satu tindakan pengamanan dari hal – hal yang tidak terduga.

Nah kembali ke permasalahan laptop mati sendiri, laptop tersebut sudah berumur 4 tahun dan selama itu belum pernah terjadi kerusakan. Lalu saya coba tanyakan bagaimana penggunaanya selama ini apakah sering diatas kasur dan karpet? Dengan cepat dia jawab pertanyaan tersebut dengan jawaban “iya”.

Penyebab laptop mati sendiri

Dari jawaban diatas mungkin sobat sudah mengira – ira apa saja penyebab laptop bisa mati sendiri. Oh iya kasus mati sendiri ini bisa terjadi bukan hanya saat dipakai nonton film, tetapi saat main PES, ataupun sedang digunakan untuk browsing sekalipun baterai penuh dan charger masih terhubung.

Beberapa laptop masih bisa nyala kembali walau kemudian beberapa menit kemudian mati lagi, atau ada juga yang hanya indikator power dan kipas yang nyala tetapi tidak muncul dilayar.

Overheat
Seperti yang pernah kita bahas di Tips merawat laptoppenyebab utama laptop mati adalah overheat. Selain karena pihak pabrik yang memang merancang laptop mati sendiri ketika processor terlalu panas, processor bisa saja mati ketika sirkulasi udara tidak normal.

Penggunaan laptop diatas kasur,karpet dan alas yang berpotensi menyerap debu sangat berbahaya. Jika laptop berada diatasnya dalam rentang waktu yang lama jangan heran bila fan / kipas laptop akan menyerap debu yang kemudian seiriing waktu akan berubah menjadi busa dan menutupi sirip – sirip pembuangan panas.

Solusi :
Selain karena masalah sumber daya yang buruk, masalah lain yang bisa membuat laptop mati sendiri seperti yang telah kita bahas di atas adalah karena sistem pendingin yang buruk. Oleh karena itulah, maka kita pun bisa menerapkan cara mengatasi laptop mati sendiri dengan memperbaiki sistem pendingin laptop.

Untuk melakukan hal ini, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Diantaranya mengganti thermal paste, membersihkan kipas laptop, mengganti heatsink, dan lain sebagainya. Kamu bisa merequest hal-hal di atas pada teknisi yang ahli apabila kamu kesulitan untuk melakukannya secara mandiri.

RAM rusak
Soal RAM rusak sebenarnya saya kurang yakin juga, sebab jarang sekali ada Ram tiba – tiba tidak bisa berhenti beroprasi ketika sedang dipakai. Namun bila lama tak dipakai kemudian dinyalakan hanya lampu led power yang nyala itu saya baru setuju bahwa kemungkinan RAM rusak.

Menurut artikel yang saya baca pemicu laptop mati sendiri bisa disebabkan karena RAM rusak. Setelah dikonfirmasi ke beberapa teman teknisi ternyata RAM yang pemasangannya tidak pas bisa juga jadi penyebab laptop tidak mau booting.

Kehabisan sumber daya
Kehabisan baterai atau pada prinsipnya terputus dari sumber daya listrik, juga bisa menjadi alasan mengapa laptop yang kamu miliki bisa tiba-tiba mati sendiri. Tentu saja tanpa adanya listrik, laptop atau komputer dan perangkat elektronik pada umumnya tidak akan bisa bekerja atau menyala. Oleh karena itulah, untuk mengatasinya tentu saja kita harus memberikan sumber daya yang cukup untuk membuat laptop bisa berjalan dengan baik. Tentunya setiap laptop memiliki karakteristik sumber daya yang berbeda, apabila laptopmu tidak bisa nyala tanpa dicharge, maka kamu harus senantiasa menghubungkan laptopmu ke sumber daya listrik.

Untuk mengatasi masalah kehabisan sumber daya ini, selain mengatasi masalah fisiknya, ada baiknya apabila kamu juga berusaha untuk mengatasinya dari segi aplikasi. Cobalah untuk mengatur agar laptopmu mati atau masuk ke dalam mode hibernate atau standby ketika jumlah sumber daya yang tersedia tinggal sepuluh atau mungkin lima belas persen. Hal ini akan membantumu untuk menghindari laptopmu yang mati secara tiba-tiba dan membahayakan masa pakai perangkat kerasmu di jangka panjang.

Solusi :
Sebagaimana yang telah kita bahas di atas, salah satu jenis masalah yang menyebabkan laptop menjadi mati sendiri adalah karena sumber daya yang buruk atau karena hilangnya sumber daya listrik yang dimiliki oleh laptop.

Oleh karenanya salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki hal ini adalah dengan mengganti baterai atau memperbaiki sumber daya lainnya yang menjadi sumber daya laptopmu.

Sering kali para pengguna mengganti baterai laptop mereka, akan tetapi tidak menutup kemungkinan kita juga perlu memastikan atau mengganti kesehatan charger, slot atau port charger dan konektor baterai, dan berbagai masalah lainnya.

Itulah beberapa hal mengenai penyebab dan juga cara untuk mengatasi masalah laptop sering mati sendiri. Tentunya masih ada berbagai macam penyebab dan juga cara mengatasi laptop yang mati sendiri yang belum kita bahas di atas, akan tetapi kamu bisa menanyakannya pada teknisi komputer yang tepercaya di daerah sobat.

You Might Also Like:

Newest PostNewest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar