Skip to main content
KIPUDIN

follow us

Modem Mifi Smartfren Terbaru 2019 dan Cara Menggunakannya

Smartfren menjadi salah satu produsen modem mifi terlaris di Indonesia. Sejumlah tipe diluncurkan, seperti modem S1, m6x, M6, M5., M3S, M3Z, M3Y SE, dan M3Y.

Meski dalam bundel pembelian paket mifi smartfren ini sudah dijelaskan cara atau tutorial penggunaannya, namun tak jarang masih ada yang bingung untuk langkah menggunakan modem ini. Karena itu berikut ini cara menggunakan modem mifi smartfren secara lengkap.

Cara Memakai Modem Mifi M5

Modem Smartfren tipe ini memiliki keunggulan seperti bisa difungsikan sebagai powerbank, mendukung USB On the Go, bisa dipakai banyak pengguna, dan memiliki kapasitas baterai yang besar.

Untuk cara menggunakan modem mifi smartfren tipe ini, pertama Anda perlu mengaktifkan kartu Smartfren yang dipakai terlebih dulu. Caranya dengan memasukkan data NIK dan no KTP.

Biar lebih mudah, kamu bisa membawa data yang kamu punya itu saat melakukan pembelian kartu Smartfren. Kamu bisa sekalian meminta penjual untuk mengaktifkan kartunya. Kalau kamu ingin mengaktifkannya sendiri juga bisa. Tinggal ikuti panduan yang banyak beredar di internet.

Setelah kartu kamu diaktifkan, maka selanjutnya kamu bisa nyalakan modem tersebut. Lalu kamu tinggal hubungkan saja dengan perangkatmu. Nantinya kamu akan diminta untuk memasukkan kata sandi. Kata sandi tersebut bisa kamu lihat pada bagian setting.

Jika ingin melakukan pengaturan Mifi smartfren ini juga bisa dilakukan lewat browser. Caranya ketikkan “192.168.1.1” di browser. Lalu login dengan username dan password "Admin". Ini merupakan username dan password default.

Nah, di sini terdapat beragam informasi, seperti:
connection: yang menjelaskan mengenai data pemakaian internet dan kecepatan internet
Admin: berisi data username serta password
My smartfren; isinya adalah nomor smartfren serta kuota internet
Setting: isi settingan modem ini, melupiti password, username dan network setting
Di halaman tersebut, kamu bisa mendapatkan informasi penting seputar akses dan data modem Smartfen kamu ini.

Cara Menyambungkan Modem M3Y

Tipe modem Smartfren lainny adalah M3Y. Modem ini cukup populer di kalangan pengguna internet karena harganya yang cukup murah. Kamu bisa membelinya dengan harga Rp 339.000 saja. Modem Wifi LTE ini menggunakan chipset Qualcomm snapdrogon MDM 9307 sehingga teruji keandalannya.

Modem ini juga bisa digunakan untuk terkoneksi dengan banyak perangkat sekaligus dan juga memiliki baterai 3.000 mAh.

Cara menggunakan modem mifi smartfren ini sebagai berikut.
Sebaiknya Anda pertama donload aplikasi MyLink sehingga nantinya bisa melakukan pengaturan modem ini melalui HP kamu.

Saat awal kali ingin menyambungkan modem ini, kamu bisa memakai SSID dan password default yang terdapat pada boks modem ini. Dua data itu tertera juga pada perangkat modem.

Setelah itu bisa masuk ke aplikasi Mylink dan masuk dengan menggunakan username serta password default: "admin".

Pada bagian "My smartfren" terdapat data nomor smartfren kamu, nama paket, sisa kuota dan info lainnya
Untuk mengubah setting secara cepat, kamu bisa buka pada bagian Setting lalu "Quick Setting". Di sini kamu bisa mengganti SSID Wifi, password serta password Mylink.

Sedangkan pada bagian "Wifi Setting” berisi data mengenai SSID, Security Mode, password Wifi dan jumlah pengguna yang bisa terhubung ke modem Mifi ini.

Lalu pada bgian "Network Setting", kamu bisa melihat jaringan yang dipakai. Kamu bisa membiarkannya secara default.

Pada storage setting berisi info mengenai setting penyimpanan. Di modem ini juga bisa dipakai sebagai media penyimpanan dengan menambahkan microSD. Kamu bisa memanfaatkannya jika memang dirasa butuh media penyimpanan pada modem ini.

Setelah oke, kamu bisa menghubungkan perangkat yang kamu inginkan ke modem ini. Dengan begitu, kamu pun bisa langsung internetan.

Selain lewat aplikasi, kamu juga bisa melakukan pengaturan modem M3Y ini lewat browser. Caranya dengan membuka http://andromax.m3y/ pada browser kamu.

Begitu langkah untuk memakai modem Mifi Smartfren secara umum. Sekalipun terdapat perbedaan seri atau tipe, tapi langkahnya kurang lebih sama. jadi tidak perlu bingung lagi. Cara penggunaannya terhitung mudah.

Kamu bisa mengikuti cara menggunakan modem mifi smartfren tadi. Saat membelinya, kamu juga akan mendapatkan buku panduan untuk mengaktifkan dan menghubungkan modem ini dengan perangkatmu.

Modem Mifi Smartfren ini tersedia di toko online Bhinneka.com. Kamu bisa memilih modem smartfren M6, M3Y, S1, dan tipe modem mifi lainnya di Bhinneka.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar