Skip to main content
KIPUDIN

follow us

Cara unik screenshot HP dengan perintah suara

Cara unik screenshot layar pakai perintah suara - screenshot adalah salah satu cara mengabadikan momment di android seperti riwayat chating, hal unik di game atau ingin membuat kenangan bahwa kita pernah main suatu game hingga membuat sebuah catatan pencapaian dalam sebuah game.

Sudah barang tentu mayoritas pengguna android bisa screnshot, coba deh tanya ke teman – teman atau orang – oran terdekat pasti mereka tahu cara screenshot pakai gadget / hp yang mereka punya. Akan tetapi ketika pegang hp orang lain tentu kita bingung bagaimana cara screenshot karena tidak terbiasa.

Misalnya keseharian saya menggunakan Infinix Hot 2, lalu dipinjami teman HP yang bisa dilipat ( misalnya ) pasti saya bingung bagaimana cara screenshotnya.

Cara mudah screenshot hanya pakai perintah suara:

Selama ini saya hanya tahu cara screenshot dengan menekan tombol power bersamaan tomboll volume bawah dan belum tahu bahwa sebenarnya di beberapa merk dan type HP lain ada cara yang lebih simple. Dan sekarang kita akan membahas itu.

Untuk screenshoot dengan perintah suara sobat memerlukan aplikasi google assistent, silakan download di playstore.

Selanjutnya pastikan kita berada dilayar yang akan kita screenshot, lalu tekan tombol home agak lama hingga muncul tampilan seperti berikut ini :

Kemudian ucapkan “screenshot” lalu tunggu sebentar hingga proses penangkapan tampilan layar berhasil. Jika muncul kotak dialog share sobat bisa tekan kembali untuk kembali ke aplikasi google assistent namun bila ingin membagi gambar hasil screenshot tadi silakan pilih kemana kita akan berbagi.

Nah sebagai bonus, kita akan membahas juga aplikasi yang bisa digunakan untuk screenshot. Yap, aplikasi screenshot adalah solusi untuk menjaga agar tombol power dan tombol volume tetap awet. Lalu aplikasinya apa saja tuh? Langsung saja simak yuk.

Aplikasi screenshot #1 AZ screen Recorder
Yang pertama adalah Az screen recorder, mungkin sobat bertanya bukankah ini aplikasi perekam layar? Yap sebenarnya aplikasi ini fungsi utama adalah untuk merekam aktifitas layar walau begitu sebenarnya AZ screen recorder ini bisa kita gunakan untuk screenshot, jika sobat sudah menginstallnya dan menjalankannya pasti tahulah.

Aplikasi screenshot #2 Screenshot Touch
Aplikasi ini memang khusus untuk screenshot dengan banyak sekali fitur seperti crop gambar, screenshot panjang sampai merekam layar juga bisa.

Untuk mengambil gambar yang sedang ditampilkan caranya cukup mudah yaitu dengan menggoyang, goyangkan HP kita maka otomatis Screenshot Touch akan melakukan screenshot.

Aplikasi screenshot #3 Screen Master
Aplikasi ini bisa dibilang yang terkece untuk urusan screenshot. Dengan fitur yang luar bisa aplikasi ini bisa dibilang murah. Beberapa cara screenshot dengan aplikasi ini antara lain paste alamat suatu website ke ke screen master. Enaknya lagi kita tak perlu bolak balik buka aplikasi ini sebab ketika dibuka maka akan muncul tombol melayang di layar kita.

Aplikasi screenshot #4 Memanfaatkan fitur bawaan android
Untuk sobat pengguna xiaomi mungkin sudah biasa screenshot hanya dengan mengusap layar, nah di android P kita hanya perlu menekan tombol power sedikit agak lama hingga proses screenshot itu selesai.

Nah itu dia beberapa cara Screenshot termasuk Screenshot pakai perintah suara, sebenarnya ada satu lagi cara screenshot yaitu dengan ADB command, tapi menurut saya itu ribet alias gak praktis jadi tidak saya masukkan. Jika ada tambahan silakan tuliskan di kolom komentar.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar