Skip to main content
KIPUDIN

follow us

Cara mengatasi printer Epson L360 macet

Cara mengatasi printer Epson L360 macet - Masalah yang kerap menyerang printer adalah macet, paper jammed ( kertas kejepit ) dengan kata lain printer mogok mencetak sambil menampilkan pesan error di layar dan lampu indikator printer.

Misalnya kasus pesan “Open scanner and remove any jammed paper” menandakan printer tidak mau mencetak karena ada satu kertas yang menyebabkan macet. Jika menemui pesan seperti ini segera batalkan perintah mencetak.

Silakan nyalakan ulang printer dengan menekan tombol power printer dan tunggu sampai nyala kembali. Cara ini bekerja pada beberapa printer, namun bila ternyata printer sobat masih mengalami masalah macet kita coba ulik lebih jauh.

Penyebab printer macet / paper jam

  • Ada Sesuatu atau benda asing yang mengganjal pada Masuknya Kertas ke dalam printer
  • Kertas yang kita masukkan ke dalam Rear Tray Terlau banyak.
  • As Bermasalah
  • Sensor Bermasalah

Setelah mengetahui penyebab – penyebabnya sekarang kita akan coba beberapa langkah / cara mengatasi printer macet, oh iya tips ini juga bisa diterapkan di printer L series juga, jadi tak hanya untuk printer Epson L360 saja.

Pertama silakan periksa printer apakah ada benda asing yang masuk misalnya tutup pulpen, pensil, cicak atau apapun yang mungkin mengganggu perputaran gear printer.

Jika sobat menemukan benda asing tersebut ( kertas sobekan ) tarik secara perlahan dari depan printer. Kenapa dari depan? Karena prinsip kerja printer menarik kertas dari atas ke depan ( untuk Epson L series ).

Sekarang matikan printer, lalu hidupkan kembali supaya printer kembali warming up. Apakah printer sudah normal? Jika belum mari ke proses selanjutnya.

Terkadang meskipun tak ada benda asing walau kita sudah memeriksa dengan teliti pesan error tetap muncul. Kemungkinan terbesar adalah part / bagian printer terdapat kerusakan.

Beberapa part yang mungkin rusak antara lain as roller, roller aus dan tak menutup kemungkinan part lain ada yang berfungsi tidak maksimal. Untuk itu coba bongkar printer.


Sebelum melakukan pembongkaran alangkah baiknya kunci selang tinta sehingga tak mengalir. Kemudian lepas baut / screw yang ada dengan obeng.

Keudian lihat part yang ada di dekat rear try ( tempat kertas ) bisanya part disitu ada yang lepas / kendor. Pasang kembali ke porosnya lalu coba sambungkan ke arus listrik dan coba nyalakan printer. Selanjutnya lakukan test print.

Kalau sudah bisa mencetak normal baru deh rakit kembali printer. Alhamdulillah masalah printer Epson L360 macet karena paper jam sudah teratasi. Oh iya perlu hati – hati saat membongkarnya bagi yang baru pertama kali. Selamat mencoba

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar