Skip to main content
KIPUDIN

follow us

Cara membuat sendiri Hardisk external dari Hardisk laptop

Cara merubah harddisk laptop menjadi harddisk external - Laptop adalah barang elektronik buatan pabrik yang sangat mungkin mengalami kerusakan baik itu kerusakan ringan ataupun kerusakan berat.

Kerusakan ringan seperti keyboard tidak bisa ditekan, bunyi beep terus menerus hingga kerusakan berat seperti motherboard mati, IC VGA jebol atau processor yang mati.

Kerusakan kecil masih bisa diatasi / diperbaiki karena biaya perbaikannya terjangkau sedangkan kerusakan berat biaya service nya mahal dan belum tentu akan awet seperti saat membeli baru.

Contoh kasus adalah motherboard yang mati dan banyak komponen terbakar, bila kita bawa ke service center biaya nya bisa mencapai ¾ harga laptop baru ( true story ). Mau tidak mau kita harus memuseumkan laptop kesayangan kita dan ganti baru.

Cara membuat harddisk laptop menjadi harddisk portable:

Nah bagi sobat yang pernah mengalami hal tersebut mungkin akan berpikiran bahwa yang penting data lama saya bisa dipindahkan ke laptop baru. Padahal sebenarnya ada beberapa part laptop yang bisa kita ambil dan kita fungsikan contohnya adalah RAM dan harddisk.

RAM bisa kita tambahkan ke slot laptop baru untuk menambah peformanya sedangkan Harddisk laptop bisa kita jadikan harddisk portable atau harddisk external. Tapi bagaimana caranya?

Pertama yang harus kita lakukan adalah mengambil harddisk laptop tersebut. Untuk beberapa laptop mungkin hanya perlu membuka 2 /4 screw untuk mengakses tempat harddisk tapi kadang di beberapa type laptop kita harus membongkar keseluruhan casing untuk melepas harddisk.

Kedua kita membutuhkan sebah alat bernama Converter SATA to USB. Nah yang ini ada 2 pilihan yaitu yang hanya berupa kabel saja dan yang kedua dilengkapi dengan casing. Saya sarankan sobat pilih ( beli ) yang disertai casing.

Alasannya selain untuk melindungi haddisk dari debu dan air kita bisa memilih type USB nya. Untuk peforma maksimal silakan sobat pilih minimal 3.0. Merk dan design Case HDD External bermacam macam ada yang dari plastik ada juga yang dari alumunium.

Demi kemanan alangkah baiknya pilih yang dari plastik, design menarik, kuat tapi tetap aman. Kalau sudah pilih casingnya silakan buka casingnya dan rakit HDD laptop tadi ke casing.

Jika sudah selesai, tahap selanjutnya adalah memulai partisi. Jika sebelumnya harddisk dipakai sebagai penyimpanan utama berarti disana terdapat partisi untuk system. Kita perlu menghapusnya supaya bisa digunakan untuk menyimpan data lain.

Hubungkan hdd external ke laptop lalu tunggu sampai terdeteksi dan siap digunakan, selanjutnya buka explorer ( jika menggunakan windows ) lalu pilihlah partisi yang sebelumnya dipakai sebagai system – klik kanan lalu pilih format.

Tunggu sebentar hingga muncul pop up dialog yang menunjukkan bahwa proses format selesai. Oke deh sekarang sobat telah memiliki ruang baru untuk menyimpan data lebih banyak.

Tips perawatan HDD external :

Supaya harddisk external itu awet usahakan disimpan di wadah khusus, untuk case merk WD atau samsung biasanya sudah diberi kantong khusus penyimpanan. Selain itu hindarkan juga dari guncangan keras. Yang tak kalah penting ketika selesai menyimpan sebelum di cabut kabel USB nya pastikan sobat telah mengeject terlebih dahulu.

Sekian informasi tentang Cara membuat harddisk external dari harddisk internal laptop semoga bermanfaat, bila sobat ingin menambahkan silakan tulis di kolom komentar.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar