Skip to main content
KIPUDIN

follow us

Cara hapus file cache tanpa aplikasi

Beberapa waktu lalu satpam wifi.id bertanya pada saya tentang bagaimana cara mengatasi pesan memory penuh setiap hendak menyimpan kontak. Dia berikan HP ke saya dan coba masukkan kontak baru, memang muncul pesan peringatan tersebut karena tujuan penyimpanan adalah kartu sim, setelah diubah ke memory telepon masalah tersebut selesai.

Dari kejadian itu saya jadi tahu satu trik android yang semoga bisa membantu sobat semua menghapus file cache di android. Namun sebelum itu sudah tahukah sobat tahu yang dimaksud file cache itu?

Cache sebuah file yang dibuat untuk menyimpan data sementara dalam smartphone kamu. Fungsi utama cache pada dasarnya adalah untuk bantu mempercepat loading pada sebuah halaman situs atau performa transfer data pada suatu aplikasi

Cara menghapus cache tanpa aplikasi

Walau keberadaan file cache itu sangat membantu mempercepat loading, jika ukurannya sampai bergiga – giga tentu menguras penyimpanan juga. Oleh karena itu sebagai pengguna smartphone kita juga harus rutin secara berkala menghapus file tersebut.

Pertama silakan masuk menu settings – penyimpanan dan USB.

Selanjutnya scroll kebawah hingga muncul informasi seperti dibawah ini.

Tap sekali pada data dalam cache dan pilih oke pada pop up konfirmasi hapus data dalam cache.

Perlu di catat ketika kita tekan OK / OKE maka cache di semua aplikasi akan hilang dan ini memudahkan kita karena tak perlu menghapus cache satu persatu pada aplikasi yang terpasang di HP kita.

Sekarang coba cek informasi penyimpanan setelah cache dihapus, untuk kasus yang dialami pak satpam wifi.id cache nya hingga 2 GB lebih yang mana membuat memory berstatus merah.

Itulah informasi singkat tentang cara menghapus file cache semoga bisa menjawab pertanyaan sobat tentang apakah boleh menghapus file cache di Xiaomi, Asus, Samsung, Oppo, Vivo dan merk HP lainnya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar