Skip to main content
KIPUDIN

follow us

10 Kesalahan pemula dalam bermain Marvel Future Fight

10 Kesalahan pemula dalam bermain Marvel Future Fight – Banyak hal yang belum saya tahu tentang game marvel future fight seperti bagaimana cara mendapatkan stat terbaik card walau free to play atau bagaimana cara memainkan rotasi skill setiap karakter.

Game yang rata – rata dimainkan oleh orang yang umurnya kepala 2 ini mungkin tak semenarik game MOBA ataupun game survival ( bahkan ada yang bilang bahwa game ini bikin ngantuk ) namun sebenarnya game ini khusus untuk pecinta game strategi yang perlu mikir – mikir gitu.

Meskipun kebanyakan playernya adalah orang dewasa tapi tak jarang yang masih melakukan kesalahan – kesalahan ketika memainkannya. Sebagai pemula yang masih mempelajari game wajar sih kalau ada satu dua langkah yang kurang tepat.

10 Kesalahan pemula saat bermain Marvel Future Fight:

Agar kesalahan tersebut tak terjadi pada sobat Kipudin maka sekarang kita akan mencoba merangkum dalam 10 kesalahan pemula MFF.

Menggunakan Rank Up Ticket / Mega Rank Up Ticket untuk karakter farmable

Farmable artinya karakter tersebut biometricnya bisa didapatkan dengan mudah dan dalam jumlah besar dari misi yang ada. Kebanyakan player baru memberikan Rank Up Tiket untuk char yang sebenarnya bisa di farm, utamanya karakter Epic Quest. RUT / MRUT sebaiknya dipakai pada hero seperti collosus, victorius ataupun clea.

Menumpuk – numpuk energy

Sering kali saya dapati player yang memperlihatkan screenshoot energy yang melimpah ( beribu – ribu ) dengan bangganya. Energy di MFF itu seperti tiket untuk nonton bioskop, jadi kalau energy tersebut ditumpuk justru sangat disayangkan karena banyak misi yang kita lewatkan.

Padahal andaikan energy itu habis terpakai akan kembali penuh sebab setiap 5 menit kita dapat satu energy. Jika punya banyak energy namun semua misi telah selesai tak ada salahnya mengalokasikannya untuk memainkan Giant Boss Raid atau Word Boss Invasion siapa tahu dapat box mythic, kan lumayan rewardnya.

Menaikkan level diatas 60

Sejujurnya ini kesalahan yang juga saya lakukan yang paling kusesali. Pasalnya saya baru sadar kalau ternyata upgrade level itu tak terlalu membantu. Saya pikir dengan upgrade cable ke level 70 maka skore ABX bisa mendekati 2 juta, tapi ternyata stat card yang masih jelek membuat skore tinggi di alliance battle extreme masih jadi sebuah angan.

Kemudian saya juga baru sadar kalau material dan biaya untuk upgrade ke level mas ( 70 ) itu mahal dan akan lebih berguna bila saya gunakan untuk build native lain.

Fokus dengan uniform

Pada umumnya pemain baru itu awalnya masih F2P ( Free to play ), namanya juga coba-coba kan. Sayangnya, kebanyakan pemain baru terlalu fokus buat build char yang perlu uniform buat kepake. Alhasil crystal yang bisa didapet selama awal main malah habis buat uniform. Gara-gara gak punya crystal lagi, mereka jadi kesulitan buat mengembangkan progress akunnya. Padahal sekarang banyak char yang gak pake uniform udah bagus. Contohnya : Sharon Rogers, Iron Hammer, Morgan Le Fay, Shuri, Human Torch, dll. Kalopun memang mau beli uniform, cukup beli uniform yang memang bikin char sampah jadi kepake banget. Uniform awal yang sangat disarankan : Winter Soldier IW, Thor IW (mungkin akan berubah pas Avengers : End Game rilis).

Upgrade skill
Soal upgrade skill, bahkan player lama pun masih banyak yang belum paham skill seperti apa yang harus di-upgrade. Padahal kalo kita paham skill mana yang harus di-upgrade, ini bisa bikin kita nabung banyak banget gold. Bayangkan, buat upgrade 1 skill kamu butuh sekitar 1 juta. Berarti buat upgrade semua skill butuh 5 juta. Padahal gak semua upgrade yang kamu lakukan itu berdampak banyak. Daripada buang gold dengan sia-sia, mending pahami skill apa yang baiknya di-upgrade :

Skill dengan buff. Buff itu artinya status baik, contohnya tambahan All Attack, All Defense, dll. Skill yang ada buff di dalamnya wajib banget di-upgrade karna bisa bikin % buff yang diberikan jadi lebih besar.

Skill dengan sistem pertahanan. Sistem pertahanan itu contohnya Shield, Immunity to All Damage, Invincible, dll. Upgrade skill pertahanan KALAU angka yang diberikan berubah. Misalnya skill 4 Minn-Erva pas level 1 : 50% chance for Immunity to All Damage , ketika di-upgrade ke level 2 : 60% chance for Immunity to All Damage. Skill 4 Minn-Erva ini wajib di-upgrade biar chance Immunity nya meningkat. Kalo misal gak meningkat, contoh : skill 1 Captain America, berarti gak perlu di-upgrade.

Skill dengan summon. Summon itu maksudnya skill yang manggil entah itu kloning atau konco-konco buat bantu ngerusuh. Contohnya kayak skill 5 Loki, skill 3 Morgan Le Fay, dll. Upgrade skill ini bisa ningkatin stat dari summon nya, jadinya wajib buat di-upgrade.

Untuk pemula, selain 3 skill di atas sisanya abaikan aja. Nantinya kalo kamu udah masuk tahap end game, baru lah ada tambahan skill yang baiknya di-upgrade. Untuk permulaan, sebaiknya coba hal tersebut supaya kamu bisa hemat banyak banget Gold. Kalopun kamu mau upgrade skill yang naikin damage, maksimal sampe level 3 aja.

Meremehkan WBI

Sebelumnya sudah dibahas kalo sebaiknya newbie pergunakan energy semaksimal mungkin, salah satunya buat main World Boss Invasion (WBI). Sayangnya jangankan newbie, player lama aja banyak yang masih meremehkan WBI. “Ngapain main WBI, cuma dapet box putih terus” contohnya begitu. Padahal meskipun kamu dapet box putih, misalkan reward nya dapet bio itu udah jauh lebih worth daripada kamu farming bio lewat Story Mission. Anggap dengan 4x main WBI (40 energy), kamu bisa dapet sampe 20 bio. Dibandingkan dengan main Story Mission yang dengan 40 energy paling banyak cuma dapet 10 bio. Belum lagi tambahan Gold dan Norn Stone dari WBI juga sangat berfaedah buat kelangsungan roster. Rank box nya jadikan bonus aja, yang penting reward di dalamnya.

Terlalu Impulsif Dengan Set ISO

Meskipun memang hampir semua char itu direkomendasikan untuk pakai ISO set Attack (Hawkeye, Power of Angry Hulk, Overdrive), tapi sebaiknya jangan terlalu impulsif ketika mencoba nge-roll set ISO. Andaikan udah abis 1 juta tapi masih belum nyantol set ISO yang bagus, mending berhenti dulu dan coba lagi lain waktu. Jangan sampai keterusan dan akhirnya habis berjuta-juta cuma buat roll ISO. Atau coba terapkan saran yang lebih jitu berikut :

Simpan set apapun (minial 6 set), yang stat nya ada Skill Cooldown. Buat newbie, yang paling penting adalah gimana caranya supaya bisa ningkatin Skill Cooldown Reduction, biar bisa sering pake skill. Beberapa yang cukup bagus : Huntress of Heven, Divine Power, Angel of Death, Killer Instinct, Star-Lord’s Plan. Ada juga set ISO yang gak punya Skill Cooldown di stat nya tapi bisa dipertimbangkan : Power of Insect, Ultron’s Hatred, Good Luck and Bad Luck, Power of Symbiote.

Membagi Material untuk Semua Char

Ini salah satu kesalahan yang cukup sering dilakukan, mem-build hampir semua char yang dimiliki ketika ada mats. Dapet 10 Norn Stone, langsung naikin Mastery char random yang masih kuning. Alhasil char nya sedikit yang udah bener-bener siap pakai karna gak bisa fokus buat build 1 char. Sebaiknya kamu cukup fokus buat build satu atau dua char aja, gak perlu lah itu setiap ada mats langsung kasi ke char lain. Kalo begini terus, progress akun kamu bakal lama karna selalu kekurangan mats buat build char.

Tertipu oleh Gacha

Entah kenapa akhir-akhir ini banyak player yang seneng ngehasut newbie buat gacha. Meskipun memang item yang didapat bisa ngebantu perkembangan roster, tapi harus diingat juga kalo kamu 99% bisa dapet ampas. Bukannya dapet Card/CTP yang bagus, crystal malah habis tak bersisa buat hal yang gak penting. Untuk awal, sebaiknya gunakan crystal buat beli item yang udah jelas bisa bantu progress kamu.

Contohnya uniform, lalu Deluxe Pack, yang meskipun mahal tapi jelas bakal bikin roster kamu berkembang. Ketimbang judi tapi belum tentu dapet bagus, kamu bisa coba berdayakan reward dari Legendary Battle Thor dengan menaikan uniform tertentu ke level Mythic. Secara cost memang lebih mahal, tapi 100% tanpa janji palsu kamu bisa dapet Card Premium/CTP.

Kurang Bersabar

Entahlah ini harus masuk pembahan atau enggak, tapi ngeliat banyaknya newbie yang kurang bersabar, jadi kurang bersabar masuk ke poin terakhir aja. Marvel Future Fight itu tipe game P2C (Pay to Catch-up), artinya kalo kamu pengen cepet build char, kamu harus gesek (bayar). Kalo kamu tipe player F2P, ya harus banyak bersabar. Bersabar di sini maksudnya, build char perlahan sesuai dengan ketersediannya.

Jangan sampai karna gak sabaran lantas kamu kasi MRUT ke Winter Soldier misalnya. Atau beli uniform Sharon Rogers pas gak diskon gara-gara gak sabar. Atau lebih parah lagi karna crystal udah banyak, lalu beli paket Mega T2 dan dicolok ke Spider-Man. Semua hal itu bisa terjadi bukan cuma karna ceroboh (kurang paham tentang game), tapi juga karna gak sabaran. Kumpulkan crystal, material, dan lainnya dengan perlahan dan tunggu waktu yang tepat. Roster kamu akan indah pada waktunya. Gak mau nunggu indah pada waktunya? Langsung gesek!

Segitu aja pembahasan bagian kedua tentang kesalahan umum yang dilakukan newbie. Kira-kira apakah salah satunya pernah kamu lakukan? Atau mungkin ada kesalahan lain yang kamu sesali seumur hidup kamu main MFF? Yok coba share di kolom komentar!

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar