Skip to main content
KIPUDIN

follow us

Mengatasi masalah speaker HP pecah dan kresek - kresek

Rasa nyaman ketika mengoperasikan / main HP terganggu ketika tiba - tiba suara speaker HP mati, kemresek ( kresek - kresek ) atau pecah. Seperti yang saya alami beberapa kali saat main game Mobile Legends dengan volume speaker hampir maksimal.

Jika di posisi saya, apakah yang akan sobat lakukan? membawa HP yang speakernya rusak ke tukang servis apa coba analisa ( periksa ) sendiri terlebih dulu? tentunya kita bisa mencoba untuk mencari tahu penyebab kenapa suara speaker tidak normal.

Oh iya, masalah speaker tiba - tiba gember mungkin tak hanya menyerang Infinix Hot 2 saya tetapi merk lain seperti Oppo, Xiaomi, Samsung, Vivo, Asus dan lain lain juga tak mengurangi kemungkinan terkena masalah yang sama.

Diagnosa kerusakan HP speaker suaranya pecah

Mungkin beberapa hal dibawah ini bisa membantu sobat untuk mengetahui penyebab kenapa speaker tidak berkerja normal seperti biasanya. Perlu diingat bahwa ini hanyalah langkah pencegahan, bila sakit berlanjut hubungi tukang servis.

Cek pengaturan volume - Poin pertama yang harus kita periksa adalah pengaturan volume, ketika tiba - tiba suara tidak keluar pastikan pengaturan volume tidak 0 / mute.

Selain itu pastikan juga bahwa HP tidak sedang dalam mode silent atau getar. Karena bila HP di settings mode rapat tentu saja suara tidak akan keluar tak peduli itu suara music MP3, Ringtone atau suara video.

Kemudian yang tak kalah penting adalah pastikan kita tidak mengeset volume terlalu tinggi, alasannya adalah selain itu tidak bagus untuk kesehatan telinga kita juga besar kemungkinan mengurangi umur speaker HP.

Speaker kemasukan debu - salah satu komponen speaker mengandung magnet dan disekitar kita banyak sekali medan magnet yang ukurannya sangat kecil, kalau tak percaya silakan jatuhkan speaker di tanah kemudian angkat dan lihat apa yang terjadi.

Butir - butir debu yang menempel adalah debu yang mengandung magnet. Nah bila kita sering meletakkan HP di tempat - tempat yang disitu banyak debu bisa jadi penyebab suara speaker pecah adalah karena banyak debu yang menempel dimembran speaker.

Silakan buka casing HP sobat dan cek apakah di speaker bersih dari debu atau tidak, jika iya silakan tiup secara perlahan hingga speaker bersih. Kemudian lakukan test dengan memutar musik kesangan sobat.

Membran speaker sobek - Penyebab suara speaker kresek - kresek salah satunya adalah membran speaker sobek. dan ini tak hanya terjadi pada speaker HP saja, speaker pada sound system dan speaker aktif juga demikian, bila membrannya sobek atau rusak maka suara yang dihasilkan juga tidak bagus alias pecah.

Memainkan game atau musik dengan volume terlalu keras / maksimal adalah pemicu utama membran rusak. kalau sudah seperti ini mau tidak mau kita harus bawa HP kita ke tukang servis karena untuk mencari komponen speaker tentunya tidak mudah, belum lagi jika ternyata terdapat kerusakan yang lainnya.

Jalur komponene putur / longgar - Saat mengeluarkan suara membran speaker bergetar, nah getaran getaran ini ( volume maksimal dalam rentang waktu yang lama ) lama kelamaan bisa mengakibatkan solderan pada komponen komponen di PCB speaker kendor / longgar bahkan putus.

Bila jalur kelistrikan speaker mengalami gangguan maka bisa dipastikan suara yang dihasilkan tidak maksimal, bisa volume jadi kecil, speaker pecah atau yang paling parah adalah tidak keluar suara sama sekali.

Kutub di lilitan colil longgar / lepas - Arus listrik akan berjalan baik ketika solderan pada lilitan coil speaker bagus / masih bagus. coba buka casing / penutup belakang HP ( jika memungkinkan ) lalu coba amati apakah ada solderan yang longgar atau terlepas.

Kalau sudah ketemu sobat bisa panasi kembali timah solderan menggunakan solder atau jika khawatir mengakibatkan kerusakan pada komponen lain silakan bawa ke tukang servis supaya ditangani ahli speaker HP suara pecah.

Akhir kata :

Selain faktor tersebut diatas, umur smartphone, gadget atau HP juga menjadi salah satu penyebab kenapa suara speaker kecil atau pecah.

Oh iya, satu lagi saya sempat dengar curhatan player Mobile Legends yang menggunakan HP Xiaomi mengalami error pada speaker ( yang satu mati sebelah, dan satu lagi benar benar spekaernya mati ) setelah mereka menghubungkan HP Xiaomi mereka ke speaker Aktif dan amplifier.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar