Skip to main content
KIPUDIN

follow us

Inilah alasan kenapa WA tetap eksis bahkan semakin populer

Aplikasi whatsapp mesenger atau yang biasa disebut WA memiliki lebih dari 85 juta pengguna. Kebanyakan dari mereka memilih menggunakan WA karena kemudahan dalam komunikasi dan aktifitas mengirim dan menerima file. Secara garis besar dua alasan itulah yang mendasari kepopuleran whatsapp.

Saya yakin 99% pembaca tulisan ini adalah pengguna whatsapp juga. Walau sudah tidak diragukan lagi fiturnya, sah – sah saja bila kita membahas kelebihan dan kekurangan whatsapp jika dibandingkan dengan aplikasi mesenger / komunikasi ( sosmed ) lainnya.

Tentunya setiap sosmed memiliki kelemahan dan kekurangan masing masing sesuai dengan update yang diberikan oleh developer aplikasinya. Misalnya WA ( si adik facebook ) mengutamakan fitur chat dan keamanan. Meski begitu tak dipungkiri bahwa whatsapp juga punya kekurangan.

Kelebihan whatsapp dibanding mesenger ( sosmed ) lain :

Pertama kita akan membahas kelebihannya terlebih dulu, kelebihan ini bisa dibilang adalah rangkuman jawaban – jawaban pertanyaan kenapa banyak orang menggunakan whatsapp.

Kontak otomatis tersingkron
Sebelumnya kita telah membahas tentang cara singkron otomatis kontak ke akun google, karena bila tak disimpan disana maka nomor yang sudah tersingkron dengan whatsapp sama saja hilang. Kembali ke keutamaan whatsapp yang pertama yaitu ketika kita menyimpan nomor maka aplikasi whatsapp akan otomatis mengenali no tersebut apakah support whatsapp atau tidak. Bila iya maka akan otomatis ditampilkan di daftar teman whatsapp.

Tak butuh internet cepat
Whatsapp merupakan aplikasi yang sudah dibekali dengan penghemat data, bila kita coba buka settings – penggunaan data maka kita bisa temukan bahwa ada keterangan bahwa whatsapp sudah meminimalisir sedemikian pemakaian kuota data kita sehingga tetap hemat. Bahkan teman saya ada yang hanya berlangganan paket internet bulanan seharga 20 ribu dan tetap bisa whatsapp an sampai akhir bulan.

Punya fasilitas backup chat terenkripsi
Selanjutnya fitur yang paling menonjol dari whatsapp adalah enkripsi pesan yang kita kirim dan kita terima. Semua file tersebut telah di enkripsi sedemikian rupa sehingga ketika kita buka hasil backup yang kita temukan hanya file dengan size besar tetapi tidak bisa kita coba buka apalagi mengisinya kembali.

Bisa leluasa memilih informasi yang ingin dibagikan.
Bagusnya whatsapp adalah informasi pribadi kita aman karena kita bisa memilih sendiri siapa yang dapat melihat privasi kita ( foto profil dan status ). Dengan demikian privacy kita benar – benar terlindungi.

Jumlah member di groub diatas 100
Ini yang paling dinanti, karena simple tentu whatsapp mampu menggantikan group sosial media seperti BBM dalam hal group. Di group whatsapp kita bisa tahu no nya sehingga apabila terjadi sesuatu bisa langsung di telp ( panggilan pulsa ) dan yang terpenting kita bisa membentuk group keluarga besar atau group paguyuban yang mana anggotanya diatas 100 orang.

Kekurangan whatsapp

Dari semua keuntungan tersebut ada satu kekurangan yang menurutku perlu settingan awal ketika install atau login whatsapp. Kekurangan tersebut adalah otomatis download semua media baik itu dari pesan pribadi ataupun group.
Yah walaupun itu tidak bisa sepenuhnya disebut sebagai kekurangan whatsapp karena sebenarnya sudah disediakan menu untuk menyetel file apakah yang akan otomatis kita unduh ketika menggunakan data seluler dan file apa saja yang akan kita download otomatis ketika terhubung ke jaringan wifi.

Itulah beberapa kelebihan / alasan kenapa sampai saat ini saya masih setia menggunakan whatsapp sebagai satu – satunya media sosial yang saya pertahankan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar