Skip to main content
KIPUDIN

follow us

Cara membersihkan sampah Windows Laptop / Komputer

Cara membersihkan sampah di windows  - Setiap aktifitas windows ( laptop / komputer )
 seperti menjalankan program, memasang atau menginstall software ataupun menjelajah file umumnya menyisakan file sampah. Sampah kecil ini bila terus - terusan ditumpuk dalam rentang waktu yang lama bisa memperlambat kinerja windows.

Oleh karena itu sebaiknya kita harus rajin membersihkan file - file sampah tersebut. Sebelum itu, tahukah sobat apakah jenis file sampah pada windows? nanti kita cari tahu bersama.

Untuk membersihkannya ada dua cara yaitu menggunakan software pihak ketiga dan menggunakan software  / tools bawaan windows itu sendiri. Kebanyakan orang menggunakan software khusus yang katanya lebih manjur, padahal software bawaanpun sebenarnya mumpuni.

Cara membersihkan file sampah windows tanpa software

Ingat tanpa sotware disini artinya software yang dari luar microsoft ya. artinya aplikasi bawaan system kita sebut tools. yuk langsung ke tutorial nya.

Membersihkan sampah windows menggunakan Disk Cleaneup :
Silakan klik start - accessories - system tools - disk cleanup, seperti gambar dibawah ini. atau sobat bisa ketikkan cleanup di kotak pencarian yang letaknya disebelah tombol shutdown.

Selanjutnya akan terbuka tools disk cleanup seperti dibawah ini, kita bisa memilih drive mana yang akan kita bersihkan. sebagai contoh kita akan membersihkan drive C yang kemungkinan banyak file sampahnya. selanjutnya klik OK.

Kemudian kita dibawa ke jendela selanjutnya untuk menentukan file apa sajakah yang akan dihapus, silakan checklist thumbnail dan temporary internet files. sebenarnya bebas sih mau di centang semua juga boleh karena pada dasarnya yang tertera di daftar tersebut adalah file sampah.

Tunggu prosesnya hingga selesai, sekarang coba rasakan perbedaan kecepatan sebelum dan sesudah dibersihkan file sampahnya.

Menghapus file sampah langsung pada sumbernya :

Silakan tekan bersamaan tombol windows dan R ( fungsinya untuk masuk menu run ) atau sobat bisa klik start - run. lalu ketikkan temp kemudian enter.

Jika ada permintaan izi, pilih izinkan selanjutnya blok semua file yang ada disana dan tekan shift + delete agar file sampah benar benar hilang ( jika hanya tekan tombol delete saja makan file sampah hanya berpindah ke recycle bin ).

Selanjutnya tekan tombol windows + R lagi dan ketikkan prefetch lalu enter. lalu pilih ijinkan dan lakukan hal yang sama seperti pada file temporary yaitu select all dan delete filenya.

Note: 
Jika saat proses penghapusan ada file yang tak bisa dihapus biarkan saja karena itu memang default file sementara system. kita hanya menghapus file sampahnya saja.

Cara kedua adalah cara yang selalu saya gunakan sebelum memulai aktifitas menggunakan windows, terutama ketika hendak berselencar di internet. Sobat punya cara yang lebih jitu? silakan tuliskan di kolom komentar.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar