Tutorial hard reset dan flash Samsung J1 Ace

Permasalahan yang paling menjengkelkan bagi pengguna HP samsung adalah bootloop alias hanya muncul tulisan samsung saja ketika dinyalakan. Solusi paling ampuh untuk masalah ini adalahh Hard reset ( factory reset ) atau di flash ulang.

Umumnya Android yang berumur diatas satu tahun mulai menampakkan beberapa masalah sebagai contoh pada samsung J1 Ace ( SM-J110G ) yang system mulai mengalami error padahal dulu HP ini banyak diminati di pasaran bahkan hingga sekarang masih ada yang jual second baik di jual beli online ataupun melalui konter HP.

Masalah yang saya maksudkan adalah sering macet saat buka / jalankan aplikasi hingga yang paling parah adalah bootloop karena system terlalu lama merespon aplikasi. Hal tersebut terjadi karena aplikasi terlalu banyak, penyimpanan terlalu penuh atau sobat melakukan root pada Samsung J1 Ace dan lain – lain.

2 solusi yang paling ampuh dan jaminan sembuh adalah hard reset atau flash ulang ( install ulang ). Dijamin masalah hanya tampil logo saja pasti teratasi. Sedangkan flashing jadi opsi terakhir seandainya di reset melalui recovery mode tidak berhasil.

Cara hard reset Samsung J1 Ace :

Pastikan HP baterainya diatas 50% kemudian matikan.

Selanjutnya masuk recovery mode dengan cara tekan bersamaan tombol power, volume atas dan tombol home hingga muncul menu recovery.

Gunakan tombol volume atas dan bawah untuk memilih menu dan tombol power untuk melaksanakan perintah.

Di menu recovery akan muncul banyak sekali menu, kita pilih delete data / factory reset kemudian kita dibawa ke halaman konfirmasi pilih yes – delete all user data. Selanjutnya pilih reboot system now.

Seharusnya sekarang samsung J1 sobat sudah normal kembali, tapi jika ternyata masih nyangkut di logo / tulisan samsung berarti ada file system yang rusak dan harus di install ulang atau flashing.

Cara Flash ulang Samsung Galaxy J1 Ace

Pertama kali persiapkan peralatan berupa kabel data dan komputer / laptop. Selanjutnya unduh file yang dibutuhkan untuk flashing Samsung yakni Firmware, Odin (software flash) dan Driver USB samsung.

Link Download Firmware yang berisi Odin3 v3.10.7, Firmware Samsung Galaxy J1 Ace J110G, USB Driver Samsung J1 Ace

Setelah itu Ekstrak file unduhan (firmware), dan juga install driver USB samsung di laptop agar nantinya bsia mendeteksi koneksi dari sistem Galaxy J1 Ace.

Jalankan software flashing Odin di laptop/komputer

Kemudian dalam kondisi ponsel mati, tekan secara bersamaan tombol power, volume bawah dan tombol Home

Lepaskan bila sudah keluar mode download custom, kemudian tekan tombol volume atas untuk masuk ke tampilan Custom OS.

Tancapkan kabel data dari laptop ke HP Samsung J1 dan pastikan di Odin koneksi sudah terdeteksi adanya tanda ID COM.

Selanjutnya masukkan Firmware Samsung J1 Ace ke Odin, Klik pada tombol AP (Lihat gambar)

Tunggu sampai deteksi firmware berhasil dilakukan, sesudah itu klik tombol Start untuk memulai flashing J1 Ace

Bila sudah selesai maka akan ditandai dengan tulisan PASS di layar ODIN. HP J1 Akan restart otomatis, Tunggu sampai ponsel kembali menyala

Reaksi:
Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan Paypal Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain kipudin.com - Terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.