Merapikan nama file foto dan video status Whatsapp

Status whatsapp merupakan salah satu fitur yang memudahkan kita untuk berbagi foto, video dan cerita kepada teman, keluarga ataupun orang tercinta lainnya. Ada banyak sekali hal yang bisa kita dapatkan di status whatsapp mulai dari cerita unik, curhatan ibu - ibu muda hingga kalimat - kalimat penyemangat. Sayangnya status whatsapp hanya bertahan 24 jam saja.

Untuk melihat foto atau video status whatsapp teman kontak kita perlu menyimpan / mendownloadnya, dan kita sudah pernah bahas di Cara simpan status whatsapp tanpa aplikasi. sekarang muncul permasalahan baru yaitu nama filenya acak - acakan alias random sehingga menyulitkan kita untuk menyortirnya.

Oleh karena itu kita harus mengubah namanya supaya urutan dan lebih mudah untuk dicari. sayangnya file foto dan video dari status whatsapp jumlahnya tidak hanya puluhan, tetapi bisa ratusan sesuai jumlah kontak yang berbagi status. kalau harus merubah nama satu persatu semua file tersebut pasti pegel, namun kini sobat tak perlu repot lagi dengan aplikasi dibawah ini.

Cara merubah nama file foto dan video status whatsapp sekaligus

  • Sebelum praktek ada baiknya ubah setingan file manager supaya folder tersembunyi bisa tampil. caranya buka file manager -  tap 3 titik di pojok kanan bawah ( beda file manager option menu mungkin berbeda ) - tap pada pilihan Tampilkan File Tersembunyi.
  • Kemudian silakan unduh Photos and Files Renamer
  • Selanjutnya buka file manager bawaan HP sobat dan masuk folder whatsapp - media - .statuses dan pindahkan semua file yang ada dilalamnya ke folder tersendiri di memory / penyimpanan.
  • Jalankan aplikasi renamer tadi dan jalankan.
  • Muncul dialog boxt yang intinya penawaran untuk menggunakan versi pro, silakan tap continune
  • Selanjutnya masuk ke folder penyimpanan tadi kemudian pilih tap select all dan tap rename lalu tunggu hingga proses selesai.

Sekarang file foto dan video namanya tak panjang - panjang dan aneh.
Oh iya, Nama file nantinya menjadi IMG01 dan seterusnya. Kita bisa mengubahnya dengan cara pilih tap param, kemudian biarkan tetap di checklist replace name with. dibawahnya silakan ganti namanya sesuai selera. misalnya status, untuk menyimpan tekan back.

Jika sudah selesai jangan lupa untuk backup file tersebut ke google photos supaya penyimpanan android sobat tidak cepat penuh. caranya sudah pernah kita bahas di cara melegakan memory android. sekian semoga bermanfaat.

Reaksi:
Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan Paypal Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain kipudin.com - Terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.