Skip to main content
KIPUDIN

follow us

Maksimalkan Android lewat menu aksesbilitas

Aksesbilitas Android sering kali jadi menu yang tak pernah tersentuh pada ponsel android, yap ini bukan kesimpulan umum melainkan pengakuan pribadi. sejak buka dus box android sampai saat ini bisa dihitung jari berapa kali saya buka menu aksesbilitas Android, kalau sobat Kipudin seberapa sering mengoperasikan pengaturan ini?

Sebelum itu kita harus tahu dulu apa itu menu aksesbilitas Android itu Jadi pada intinya setingan ini dipakai untuk menyesuaikan perangkat android kita

Catatan: Beberapa langkah ini hanya berfungsi di Android 7.0 dan yang lebih baru. Pelajari cara memeriksa versi Android.

Menggunakan pembaca layar
TalkBack: Untuk berinteraksi dengan perangkat android kita menggunakan masukan lisan dan sentuhan, sobat dapat mengaktifkan pembaca layar TalkBack. TalkBack mendeskripsikan tindakan serta memberikan pemberitahuan dan notifikasi.

Klik untuk Diucapkan: Jika sobat hanya menginginkan masukan lisan pada waktu tertentu, sobat dapat mengaktifkan Klik untuk Diucapkan. Pilih item di layar untuk mendengar item tersebut dibacakan atau dideskripsikan, atau arahkan kamera ke objek di dunia nyata.

Mengubah tampilan
Ukuran layar dan ukuran font: Untuk mengubah ukuran item di layar , sesuaikan ukuran layar atau ukuran font.

Pembesaran: Untuk meng-zoom atau memperbesar layar untuk sementara, gunakan fitur pembesaran.

Opsi kontras dan warna: Untuk menyesuaikan kontras atau warna, gunakan teks kontras tinggi, inversi warna atau koreksi warna.

Kontrol interaksi
Voice Access: Voice Access memungkinkan kita mengontrol HP dengan perintah suara. Gunakan suara untuk membuka aplikasi, menavigasi, dan mengedit teks tanpa menggunakan tangan.

Tombol Akses: Tombol Akses memungkinkan kita berinteraksi dengan Android menggunakan satu atau beberapa tombol sekaligus tanpa menggunakan layar sentuh. Kita dapat menggunakan tombol atau keyboard untuk mengontrol perangkat.

Menggunakan layar braille
BrailleBack: Sobat dapat menghubungkan layar braille yang dapat diperbarui ke perangkat melalui Bluetooth. BrailleBack bekerja bersama TalkBack untuk gabungan pengalaman ucapan dan braille, memungkinkan kita mengedit teks dan berinteraksi dengan perangkat.

Audio & teks di layar
Teks: Sobat dapat mengaktifkan teks untuk perangkat dan menentukan opsi (bahasa, teks, dan gaya) untuk teks tertutup. Pelajari cara mengaktifkan teks.

Pesan Real-Time (RTT) saat panggilan telepon: kita dapat menggunakan teks untuk berkomunikasi selama melakukan panggilan telepon dengan menggunakan RTT.

Menjelajahi aplikasi dan layanan aksesibilitas Android
Kita dapat menjelajahi aplikasi dan layanan aksesibilitas Android dengan beberapa cara:

Download Android Accessibility Suite, yang berisi Menu Aksesibilitas, Klik untuk Diucapkan, Tombol Akses, dan TalkBack. Banyak perangkat Android yang dilengkapi Android Accessibility Suite.

Lihat setelan perangkat Android untuk cara menyesuaikan perangkat. Di perangkat, buka aplikasi Setelan, lalu pilih Aksesibilitas.
Jelajahi Google Play untuk aplikasi dan layanan aksesibilitas Android lainnya.

Mendesain dan mengembangkan aplikasi yang lebih mudah diakses Untuk orang yang mendesain atau mengembangkan aplikasi, Accessibility Scanner dapat membantu mengidentifikasi peluang dalam menyempurnakan aplikasi bagi pengguna. Sobat juga dapat membaca resource developer Aksesibilitas Android.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar