Cara nonaktifkan aplikasi Xiaomi yang tidak penting

Aplikasi bawaan xiaomi ada yang bisa di lepas atau di uninstall ada juga yang tidak bisa, nah sebelumnya kita sudah membahas tentang cara hapus bloatware Xiaomi ya, sekarang kita akan sama - sama belajar cara menonaktifkan aplikasi bawaan xiaomi yang tidak penting dan tidak bisa di uninstall.

Memang sudah jadi rahasia umum bahwa aplikasi di Smartphone hendaknya disesuaikan dengan penggunanya. Artinya aplikasi yang tidak terpakai atau tidak penting akan lebih baik dibuang daripada membebani RAM dan kinerja processor android.

Xiaomi adalah brand yang amat laku dipasaran karena selain harganya terjangkau, peforma dan hardware yang ditawarkan juga menakjubkan. Kira - kira seperti itulah testimoni para pengguna Xiaomi.

Baik Xiaomi ataupun vendor lain biasanya menertakan bloatware sekalipun sudah tergabung dalam program Android One. untuk yang belum tahu, Program Android One adalah program kerjasama antara vendor dengan google dengan menyajikan system android semurni - murninya.

Namun demikian tetap saja ada bloatwarenya, oleh karena itu mau tidak mau kita harus menghapusnya jika memang bisa. Tapi jalan lain yang bisa dilakukan adalah menonaktifkannya supaya kinerja android lebih ringan.

Cara menonaktifkan aplikasi tidak penting Xiaomi

Solusi ini adalah yang terbaik untuk sobat yang tidak ingin terganggu dengan bloatware tetapi juga mengharapkan kinerja android tetap stabil tanpa harus melakukan root.

Root sangat tidak disarankan oleh produsen smartphone karena merusak segel system android selain itu andaikan dibawa ke service center justru akan menambah waktu ( mungkin juga biaya ) service yang mana itu justru merugikan kita, betul?

Akan tetapi bila tidak ingin melihat lagi aplikasi bloatware ataupun aplikasi bawaan xiaomi lainnya sobat bisa coba langkah singkat berikut ini :

Misalnya sobat ingin menonaktifkan Browser bawaan nih karena merasa lebih enak dan nyaman menggunakan chrome sehingga ingin otomatis membuka link dan browsing menggunakan chrome.

Silakan menuju pengaturan / settings - Installed Apps dan tap pada pilihan Manage Apps dan pilih Browser.

Selanjutnya pilih disable atau nonaktifkan, bila aplikasi tersebut pernah diupdate maka kita akan dimintai persetujuan untuk mencopot pembaruan dan mengembalikan ke versi pabrik. disitu tekan yes.

Sekarang lihat, tombol disable sudah berubah jadi enable atau aktifkan yang artinya aplikasi browser sudah nonaktifkan.

Bila dikemudian hari Xiaomi sobat di hard reset, di flashin atau install ulang maka aplikasi akan kembali aktif.

Oh iya, sebaiknya sobat berhati - hati ketika hendak mendisable / menonaktifkan aplikasi bawaan sebab ada kalanya aplikasi tersebut penting dan berkaitan erat dengan system atau aplikasi lain sehingga bila di nonaktifkan atau dicopot dikhawatirkan menganggu kinerja system.

Cara ini adalah cara paling mudah dan simple tanpa harus melakukan root yang banyak merugikan kita, oh iya satu lagi, bahwa cara ini aman dilakukan di smartphone lain juga,

Reaksi:
Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan Paypal Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain kipudin.com - Terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.