Skip to main content
KIPUDIN

follow us

Cara melacak hp yang hilang dengan email google

Beberapa hari yang lalu ada satu kasus, hm sebenarnya bukan hanya satu tapi 32 kasus kehilangan HP dalam satu malam salah satunya adalah HP teman saya dan yang 31 lagi milik penonton pasar malam ( kebetulan bintang tamu di pasar malam tersebut adalah Via Vallen. Kejadian itu bermula di wifi.id corner yang kebetulan tempat saya nongkrong hotspotan. pagi itu sekitar pukul 6 teman saya yang biasanya buka warung angkringan sedang beres - beres. kalau ketahuan satpol PP bisa disita. Karena semalam begadang diapun merasa capek sehingga dia memutuskan untuk beristirahat sejenak.

Dia letakkan HP di pangkuannya ( terus di genggam ) sambil rebahan, niatnya sih mau mengistirahatkan mata barang sejenak tapi baru saja hendak terlelap dia dikagetkan oleh HP yang tak lagi bersamanya. dia tengok kanan kiri tak ada orang, dia cek tanah juga tak ada jejak kaki padahal kondisi tanahnya basah. saya yang kebetulan sedang nge-net ditanyai bisa tidak lacak HP yang hilang. saya jawab saja saya usahakan tapi dengan syarat.


Cara melacak Hanphone yang hilang

Syarat yang saya maksud adalah masih ingat email, sandi dan yang terpenting kejadiannya belum lama, yah paling lambat 30 menit setelah kehilangan. Untunya kejadian yang dia maksud baru saja terjadi.

Diapun menyerahkan sandi dan passwordnya, itupun agak sedikit loading karena memang jarang buka email ataupun cek email di HP. setelah itu saya langsung menuju ke google dan ketik lost my phone, seperti yang pernah kita bahas di Hal yang harus dilakukan ketika HP hilang.

Namun kelemahan cara tersebut adalah laptop harus standby untuk memonitoring sedangkan siang hari biasanya saya matikan laptop ( maklum suhu disiang hari bisa sampai 40 derajat celcius ) supaya laptop tak overheat. baru saat cuaca sudah menjelang sore saya nyalakan lagi, paling lambat 5 menit sebelum acara Tukang Ojek Pengkolan mulai tayang.

Maka dari itu kita perlu aplikasi di HP ( yang tentunya HP android ) untuk bisa tetap melacaknya. jika di goole ada situs resmi dari google yang menyediakan layanan tracking HP lewat email maka aplikasi berikut punya system kerja yang sama. Nama aplikasinya adalah Cari perangkat saya.


Cara melacak HP melalui email google

Pertama berdoa dulu, kemudian cari HP android dengan system operasi diatas 4.0 dan buka playstore, ketik cari perangkat ini. disitu muncul aplikasi dengan icon tanda tempat berwarna putih dan backgroudnya hijau. install dan jalankan.

Selanjutnya muncul dua pilihan, pertama login dengan email yang ada dan yang kedua login sebagai tamu. pilih yang pertama jika sobat ingin menambahkan HP yang dipakai untuk melacak sebagai daftar device yang menggunakan email google milik hp yang hilang.

Pilih login sebagai tamu jika sobat tak ingin akun emailnya nyangkut di HP pelacak. ini pilihan terbaik supaya nantinya email kita tidak digunakan untuk melacak keberadaan kita.

jika sudah login, di sebelah kiri akan muncul detail perangkat yang hilang, mulai dari merk HP, type HP hingga imeinya juga ada. Kemudian disebelah kanan ada icon place dimana posisi terakhir HP yang hilang. Jika icon tersebut berwarna hijau artinya HP sedang menyala, terhubung ke internet dan GPS nya aktif. Bila berwarna abu - abu itu artinya posisi terakhir HP saat aktif.

Jika berwarna hijau sobat harus langsung menuju ke titik terdekat dengan lokasi hp tersebut lalu pilih amankan perangkat - isi pesan dan no HP bisa dihubungi. dengan langkah ini maka otomatis HP tidak bisa dioperasikan. Kemudian jika sudah sampai di lokasi silakan pilih deringkan HP sehingga otomatis hp akan berdering sekalipun dalam mode senyap.

Namun jika tandanya berwarna abu - abu teruslah reload aplikasi siapa tahu tiba - tiba hp diaktifkan dan dihubungkan ke internet lalu kita bisa lakukan seperti point sebelumnya.

Catatan:

Segera amankan perangkat untuk mencegah HP di hard reset, kalau sudah di hard reset maka HP tidak akan bisa dilacak lagi.

Selalu perbarui / refresh aplikasi supaya dapat info lokasi terbaru HP tersebut.

Saat deringkan HP pastikan sobat dekat dengan HP agar tak dimatikan deringnya oleh pelaku.

Terakhir, pastikan sobat mengamankan ponsel / HP dengan sandi, password atau kalau jaman sekarang finger print. yang tak kalah penting adalah backup kotak ke google seperti yang pernah kita bahas di backup kontak ke akun google.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar