Amankah menghilangkan thumbnail DCIM android

Saya ingin bertanya kepada sobat para pengguna HP android, apakah sobat tahu apakah itu thumbnails? Untuk yang belum tahu thumbnails adalah versi lain dari foto dalam ukuran / resolusi lebih kecil.

Menurut wikipedia thumbnails adalah versi gambar atau video berukuran kecil , digunakan untuk membantu mengenali dan mengaturnya, melayani peran yang sama untuk gambar seperti indeks teks normal untuk kata-kata. Di era gambar digital , mesin pencari visual dan program pengorganisasian gambar biasanya menggunakan thumbnail, seperti kebanyakan sistem operasi modern atau lingkungan desktop, seperti Microsoft Windows , macOS , KDE ( Linux ) dan GNOME ( Linux )

Fungsi thumbnails ini untuk mempercepat penjelajahan file foto di smartphone. Thumbnails tersimpan dalam memory internal ataupun sd card yang terdapat file foto. Ukurannya folder thumbnail ini bergantung banyaknya foto yang kita simpan.

Tahukah sobat bahwa saat kita menghapus sebuah foto, gambar thumbnails tetap ada sampai kita menghapusnya? Folder thumbnails yang di sembunyikan / hidden oleh system android membuatnya aman tak terjamah tangan kita.  Untuk melihat folder thumbnail silakan ikuti langkah dibawah ini.

Cara melihat folder thumbnails :

  1. Pastikan bahwa di android sobat terdapat file manager. Sekarang buka aplikasi tersebut.
  2. Silakan pilih more menu, letaknya ada yang dikanan bawah ada juga yang dikanan atas.
  3. Beri tanda centang / pilih langsung pada tampilkan file tersembunyi
  4. Silakan masuk ke penyimpanan internal / SD card
  5. Sekarang sobat bisa lihat di list paling atas terdapat folder .thumbnails atau sobat bisa juga temukan thumbnail di folder DCIM (Digital Camera Images )
Folder ini akan ada dimanapun filde foto atau video tersimpan, selain itu bila kita menghapusnya ketika kita buka galeri maka folder thumbnails akan tercipta kembali.

Kesimpulannya adalah, sangat aman bila kita menghapus atau menghilangkan thumbnails di folder DCIM atau folder manapun di android.

Oleh karena itu agar penyimpanan memory kita tetap lega ada baiknya sobat install apliksi File Go untuk melagakan penyimpanan android.
Reaksi:

You Might Also Like: