Cara menghilangkan iklan di Asus Zenfone Max Pro M1

Browsing atau searching adalah kegiatan yang sudah tidak asing lagi, bisa dikatakan bahwa searching adalah rutinitas setiap hari. Seperti kata salah seorang teman saya bahwa smartphone for smart people. Walau sebenarnya saya tak 100% sependapat dengan kalimat itu dengan alasan, kalau ada nara sumber yang terpercaya didepan mata kenapa harus repot – repot buka browser dan cari di internet.

Aktifitas browsing yang demikian asyik terkadang terganggu oleh halaman yang terbuka otomatis padahal niat kita hanya ingin scroll halaman kebawah, atau muncul notifikasi izinkan atau tolak terus menerus.

Jika itu menimpa sobat pengguna Asus Zenfone Max Pro, tak perlu khawatir karena smartphone canggih ini sudah dibekali fitur pengkal iklan. Cara yang akan kita praktekkan ini lebih simple daripada cara menghilangkan iklan di HP Nokia yang pernah kita bahas.

Penyebab iklan selalu muncul di HP android

Oh iya, perlu diketahui bahwa iklan yang muncul di HP kita disebabkan oleh iklan pop under, auto download apk hingga auto install aplikasi yang tak jelas. Uniknya lagi aplikasi tersebut tidak muncul di daftar aplikasi kita, namun berjalan dilatar belakang memunculkan iklan sesekali.

Teman saya admin mbaksyahdu.com pernah mengalami hal tersebut di HP samsung, namun akhirnya berhasil memecahkan masalah tersebut dengan factory reset.  Sedangkan pengalaman saya mendapat iklan setiap kali buka aplikasi yang ada. Karena HP saya tak ada fitur untuk menghilangkan iklan seperti di Zenfone Max Pro mau tidak mau cara yang saya lakukan sama seperti admin. mbak syahdu.com

Cara menghilangkan iklan di Azus Zenfone Max Pro M1

1. Jangan izinkan web browser menginstall  apk secara otomatis melalui special access. Setting -  Special app access  -  install unknown app. ( kalau kesulitan cari special acces searching aja di kolom paling atas pada menu setting. Seperti gambar dibawah ini :

di pengaturan tersebut, hanya file manager yang bisa install aplikasi, maksudnya agar kita benar-benar tau aplikasi apa yang kita download dan akan kita install.

2. Kalau sudah terlanjur terinfeksi adware, buka Setting - apps - Scroll ke aplikasi paling bawah, biasa nya aplikasi     adware ini tidak ada namanya dan tidak ada gambarnya, bahkan tidak ada keterangan apapun, atau nama aplikasi hanya angka. jika ada langsung uninstall.

3. Hapus history / riwayat internet browser agan, atau bisa juga hapus app data & cache, terakhir kalau masih rewel juga coba deh uninstall.

4. Kalau masih membandel, lakukan step diatas. lalu download aplikasi Malwarebytes di Playstore  . full scanning, nanti ketemu tu aplikasi mana yang bermasalah. bersihkan atau uninstall.

5. Kalau masih bermasalah juga, berarti adware sudah masuk ke android system, kalau cuma format factory ga akan berhasil, satu-satu nya jalan, flash ulang. kalau ga bisa flashing, ya bawa aja ke service center.

Cara menghilangkan Iklan di Asus Zenfone Max Pro M1 ini bisa diterapkan di HP / Smartphone lain yang punya feature sama, sayangnya saya coba di Infinix hot 2 ( OS marshmallow ) tidak bekerja lantaran tak ada fitur special app. Silakan test di HP sobat masing – masing, lalu bagikan hasilnya dikolom komentar ya.
Reaksi:
Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan Paypal Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain kipudin.com - Terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.