Cara mengatasi startup repair windows 7 yang berulang-ulang

Permasalahan windows 7 laptop atau personal komputer ( PC ) yang paling menjengkelkan adalah booting tak kunjung sampai dekstop yang itu lho pesan startup repair. Eits bukan karena macet di tulisan starting windows tapi Cuma berputar – putar di startup repair.

Penyakit ini rupaya tak hanya menyerang windows 7, windows 8, 8.1 atapun windows 10 pun bisa terserang penyakit ini. Beberapa waktu lalu sebuah notebook merk lenovo ideapad mengalami hal serupa.

Awalnya saya kira pesan startup repair muncul karena startupnya korup, tapi setelah saya coba masuk safe mode dan coba startup repair, restore tetap tidak bisa booting. Tak hanya sampai disitu, saya juga telah mencoba memilih option windows start normaly tetapi hasilnya nihil.

Setelah saya bongkar, saya ambil harddisknya dan coba koneksikan ke pc yang normal + bersih virus menggunakan kabel USB HDD case ternyata partisi system ( C: ) kosong, yang tersisa hanya system reserved saja. Jika sobat mengalami hal yang sama coba beberapa tips berikut ini.

Cara mengatasi startup repair windows 7 dengan dvd

Masukan DVD Windows 7 anda, dalam Menu Setup anda pilih Language dan Klik link Repair Your Computer lalu pilih System Recovery Options.

Jika anda tidak memiliki DVD Windows 7, anda dapat menggunakan cara ini, yaitu dengan masuk kedalam Startup Repair biarkan Startup Repair selesai lalu jangan klik Finish tapi klik link yang bertuliskan "View advanced options for system recovery and support"

Klik Command Prompt kemudian cari lokasi Drive Windows 7 anda yang terinstall dengan cara ketik C: atau D: dan seterusnya jika anda ingin mengecheck Drive Windows anda dengan cara contoh sebagai berikut.
  1. Misalkan di drive D cukup anda ketik D: lalu enter.
  2. Terus Ketik Dir maka akan muncul Folder-folder yang ada.
  3. Jika muncul folder "Program Files", "User" dan "Windows" maka itu adalah Windows Anda.
  4. Jika tidak, anda dapat mengulangi dengan cara ketik C:, D: atau seterusnya.
Jika anda sudah menemukan dimana drive windows anda terinstall selanjutnya ketik kode berikut.
CD C:\Windows\system32\cong\ lalu Dir
Pastikan list file-file dan folder yang terdapat dalam menu Cong itu.
  • RegBack
  • DEFAULT
  • SAM
  • SECURITY
  • SOFTWARE
  • SYSTEM
Terus ketik lagi kode berikut ini.
MD backup_kipudin
(kipudin bisa anda ganti dengan nama atau apa saja) dan ENTER yang bertujuan untuk membuat folder backup anda untuk berjaga-jaga.

Jika sudah maka anda cukup mengetik kode lagi seperti ini.
copy *.* backup_kipudin dan ENTER
jika muncul Prompt Overwrite Files, tekan A untuk Overwrite dan ENTER.

Restore Registry dari dalam Windows Backup dengan cara ketik kode  berikut.
CD RegBack lalu Dir
Lalu tekan ENTER yang bertujuan masuk ke folder RegBack dan melihat isi dari folder tersebut serta pastikan file yang ada didalam folder tersebut seperti ini.
  • DEFAULT
  • SAM
  • SECURITY
  • SOFTWARE
  • SYSTEM 
Dan pastikan file-file tersebut tidak ada yang 0 Bytes, jika sudah lanjut ke step berikutnya.
Ketik lagi kode berikut.
copy *.* ..
dan tekan ENTER untuk copy file-file HIVE Registry backup kedalam folder drive Windows anda Tekan A untuk Overwrite jika ada.

Ketik EXIT untuk menutup Command Prompt dan Kilk Tombol Restart untuk restart Windows anda dan lihat Windows 7 anda dapat memulai booting seperti biasa lagi tanpa adanya Startup Repair.

Note:
Jika sobat tidak hafal dengan versi windows yang terinstall sebelumnya, alangkah baiknya install ulang saja. Namun perlu diperhatikan bahwa cek terlebih dulu apakah ada data penting di partisi C: dengan cara sambungkan harddisk laptop / komputer sobat ke pc / laptop lain menggunakan case HDD atau kabel USB to SATA.
Reaksi:
Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan Paypal Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain kipudin.com - Terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.