3 Cara agar android tidak minta update

Ada banyak alasan kenapa update di HP android itu menjadi salah penyebab mood buruk. Misalnya karena sisa penyimpanan tinggal sedikit  sehingga membuat penyimpanan kita penuh atau paket data tinggal beberapa MB padahal harus sampai akhir bulan

Pada kesempatan sebelumnya kita sudah membahas kenapa kita harus download di playstore, tapi ternyata ada juga alasan kenapa terkadang ada baiknya cari mentahan APK nya saja misalnya karena aplikasi yang download dari playstore selalu minta update.

Saya punya teman yang mengeluhkan karena aplikasi keyboard khusus penjual ( selly keyboard ) sering update. Ada juga yang mengeluhkan aplikasi grab selalu minta pembaruan.

Sebenarnya di aplikasi playstore ada pengaturan untuk menonaktifkan auto update. Bagaimana cara mengehentikan pembaruan otomatis di android? Yuk langsung saja.

Cara menonaktifkan  / mematikkan update otomatis di android :

1. Cara agar aplikasi android tidak minta update

Pertama jalankan aplikasi playstore sobat dan tekan menu di sebelah tulisan google play . Silakan piih setelan / settings sesuai bahasa android sobat.


Selanjutnya tap update aplikasi secara otomatis.
Disitu ada 3 opsi yang bisa dipilih yaitu :

Melalui jaringan apapun : Dengan kita memilih ini maka aplikasi akan mendownload otomatis saat terkoneksi data seluler ataupun terhubung ke jaringan WiFi.

Melalui Wi-Fi saja : Artinya saat memilih opsi ini pembaruan akan otomatis dilakukan bila terhubung ke hotspot atau WiFi.

Jangan update aplikasi secara otomatis : Silakan pilih opsi ini agar kita bisa memilih aplikasi mana yang akan diupdate dan tidak menguras kuota teman kalau sedang numpang theatering.

2. Cara agar game atau aplikasi tidak update otomatis

Jika tadi kita ingin mematikan semua aplikasi yang mendapatkan update maka sekarang kita akan memilih aplikasi yang diijinkan update otomatis. Misalnya aplikasi whatsapp, jangan tunggu peringatan tidak bisa login karena aplikasinya sudah jadul. Atau untuk keyboard google matikan auto updatenya karena mungkin sudah nyaman dengan versi yang di pakai sekarang.

Pertama, silakan jalankan google play store lalu ketik nama aplikasinya atau pilih dari menu daftar aplikasi dan game saya lau pilih aplikasinya dan hilangkan checklist / centang automatic update, lihat gambar dibawah ini :


3. Cara mematikan update OS android

Ada satu lagi update di android yang menguras kuota dan penyimpanan serta bikin lemot saat internetan yaitu update system atau pembaruan perangkat lunak. Sebenarnya apakah perlu update system android? Penting tidak penting sebenarnya, bila kita sering mengalami masalah seperti touchnya loncat – loncat berarti update system sangat diperlukan itupun kalau ada notif update.

Namun bila kita enjoy dan merasa tak ada kendala di HP mematikan auto update system bisa jadi pilihan. Misalnya punya alasan tertentu seperti mengantisipasi kuota tersedot atau mau hemat data seluler.
Buka menu "Pengaturan / Settings / Setelan".
Klik menu "About Device / Tentang Telepon" atau menu sejenisnya.
Temukan menu "Download updates automatically / Download pembaruan otomatis" kemudian nonaktifkan fiturnya.
Selesai.

Namun cara tersebut hanya untuk HP android tertentu saja yang masih ada dukungan software dari vendor. ada kalanya system android sudah tidak menerima update lagi dan ketika kita cek di pengaturan - tentang ponsel - system update yang muncul justru peringatan bahwa system kita sudah uptodate .


Itulah cara mematikan auto update aplikasi dan system android, sekarang sobat bisa bernafas lega karena penyimpanan aman. Kuota internet juga tidak cepat habis.
Reaksi:

You Might Also Like: