Mengatasi HP android lemot dan panas saat terhubung internet

Saat saya coba searching tentang bagaimana cara mengatasi hp android lemot, banyak sekali artikel yang bertaburan. Mulai dari situs besar yang memberikan segudang cara mempercepat android hingga blog pribadi yang menuliskan pengalaman pribadi ketika menghadapi masalah ini.

Dari semua tulisan itu saya belajar bahwa sebenarnya solusi yang mereka tawarkan sama saja walau kalimat dan kata katanya berbeda. Namun dari semua cara yang tersebut hanya beberapa saja yang membantu dan sisanya sulit untuk dipraktekkan terutama bagi orang yang baru kenal dan pakai android seperti saya.

Oleh karena itu ijinkan saya untuk berbagi tentang apa yang sudah saya baca, saya coba dan saya rasa berhasil membuat android tidak lemot lagi. Perlu diingat bahwa ini sekedar opini, seandainya ada hal atau point point yang kurang pas atau kurang setuju sobat bisa sampaikan lewat kolom komentar.

Penyebab dan cara mengatasi hp lemot :

Sebelum kita ke inti tulisan ini ijinkan saya untuk mengutarakan beberapa hal yang katanya membuat android lemot.

Internal dan sd card penuh
Menurut sobat apakah ini benar benar mempengaruhi kinerja android? Apakah kelebihan data di penyimpanan membuat peforma android menurun? Jawabannya iya. Soalnya begini sob, yang namanya file di android itu terkait dengan banyak aplikasi.

Contohnya adalah saat kita buka whatsapp lalu kita ingin menyimpan foto, video atau dokumen dan ingin mengirim ke seseorang sudah barang tentu android harus membaca semua data yang ada di penyimpanan. Semakin banyak data yang tersimpan maka semakin berat dan semakin lama loadingnya.

Solusi :
Mudah saya untuk mengatasi hal ini, sobat hanya perlu backup data ke media lain misalnya ke USB OTG atau sobat bisa juga backup foto dan video  ke google photos yang mana itu gratis dengan penyimpanan unlimited. Tak ada lagi yang namanya khawatir takut penyimpanan limit.

Disable efek animasi
Saya kurang yakin bahwa menonaktifkan efek animasi melalui menu pengaturan – developer options bisa membuat android tidak lemot.  Padahal sebenarnya kita hanya mempersingkat animasi layar saja. Jika ternyata hp android sobat banyak muatan seperti yang kita bahas di point pertama maka usaha untuk menonakfitkan efek animasi sia sia.

Namun tidak ada salahnya untuk mencoba cara ini. Dengan matinya animation di layar seakan akan hp kita sudah normal lagi alias tidak lemot lagi. Paling tidak kita jadi bisa menghemat waktu bermain gadget. Jika normalnya animasi itu 1 detik bila kita ubah pengaturannya ke 0 detik atau dibawahnya sudah pasti loading makin terasa cepat.

Saya sendiri melakukan setting ini, jika sobat ingin coba silakan buka pengaturan – developer options. Jika belum ada silakan ke pengaturan – info hp dan ketuk pada nomor bentukan sebanyak 7x. Setelah itu pencet back dan silakan cek apakah developer options sudah aktif.

Kalau sudah coba scroll ke bawah dan cari efek transition lalu ubah ke nilai paling minim. Lakukan hal tersebut pada pilihan transisi lainnya. Sekarang coba bandingkan kecepatan sebelum ubah efek tansision dengan setelah ubah semua menjadi nilai minimal.

Update aplikasi ketika sudah mendesak
Beberapa artikel mengatakan bahwa update aplikasi bisa mempercepat android kita. Itu tak sepenuhnya salah tapi tak bisa dibenarkan juga. Pertama, bila kita tidak update aplikasi mungkin saja ada bug yang bisa membahayakan atau menyebabkan android lemot. Kedua kalau kita update aplikasinya bisa saja aplikasi terbaru justru kelemahannya lebih banyak sedangkan ketika kita update kapasitas yang diminta aplikasi pasti meningkat.

Oleh karena itu ada baiknya bila kita update aplikasi saat benar benar mendesak, artinya dari pihak developer aplikasi mengharuskan kita update jika ingin tetap menggunakannya. Toh selama tidak terjadi masalah untuk apa kita perbarui aplikasi tersebut.

Sebagai contoh whatsapp, di versi tertentu kita diperingatkan bahwa whatsapp tidak bisa lagi digunakan jika tidak di update. Contoh lain adalah aplikasi gmail, youtube dan masih banyak lagi.

Rutin bersih – bersih sampah.
Android itu ibarat rumah, semakin sering dipakai maka semakin banyak juga file sampah yang dihasilkan. Saat kita membuka galeri kita akan menyisakan file sampah berupa thumbnail. Ketika kita browsing kita menghasilkan sampai cookie dan cache. Saat kita stalking di instagram banyak video terdownload tanpa kita sadari.

Semua itu tersimpan sementara di android, namun tidak bisa kita temukan menggunakan file manager. Walaupun kita tetap membersihkannya menggunakan bantuan aplikasi. Yang selama ini saya pakai adalah aplikasi SD maid  pro.Menurut saya aplikasi ini sangat membantu karena kita bisa mengatur jadwal kapan harus bersih – bersih file sampah di android.

Minimalisir aplikasi dilatar belakang.
Tak bisa dipungkiri lagi bila banyak sekali aplikasi yang berjalan di latar belakang, artinya tetap berjalan / aktif walaupun layar terkunci ataupun kita pindah ke aplikasi lain. Aplikasi berjalan di latar belakang bukan tanpa sebab, misalnya whatsapp itu jelas jelas berjalan di latar belakang. Bahkan whatsapp akan otomatis aktif dimulai saat kita mengaktifkan smartphone. Tujuannya adalah agar kita tidak ketinggalan notifikasi pesan atau panggilan masuk saat kita bermain game atau mematikan layar.

Namun tak jarang juga aplikasi aplikasi yang notabenya tidak penting tetap berjalan. Oleh karena itu kita harus memaksa aplikasi tersebut untuk benar benar tertutup. Sayangnya clear recent app tidak menjamin aplikasi tersebut benar benar tertutup, oleh karenanya kita perlu aplikasi tambahan misalnya greenify. Kelebihan aplikasi greenify itu membantu kita kill aplikasi saat ingin bermain game agar tidak lag.

Sepertinya itulah beberapa hal yang saya lakukan  untuk terbebas dari hp android lemot. Untuk masalah anti virus di android, ganti launcher bahkan hingga ganti rom android itu tidak disarankan karena bisa jadi android kita bootloop dan mati total. Demikian sharing singkat kali ini semoga bermanfaat.
Reaksi:

You Might Also Like: