[UPDATE] Macam kerusakan HP android dan cara memperbaikinya

Setiap barang elektronik utamanya HP android tak pernah lepas dari masalah / kerusakan. Walau begitu kita tak boleh putus asa karena setiap masalah pasti ada solusi / cara mengatasi. Masalah muncul tak lepas dari pemakaian atau memang umur smartpone. Masalah pada android terbagi dua yaitu masalah system / aplikasi dan hardware. Untuk masalah hardware perlu skill khusus untuk memperbaikinya, tapi jika hanya masalah system operasi dan aplikasi kita bisa memperbaikinya sendiri.

Pada dasarnya smartphone android yang beredar di pasaran masih belum sempurna, kita sebagai pengguna sekaligus sebagai tester. Maka dari itu tak heran bila setiap beberapa waktu sekali ada update software atau muncul android generasi baru, itu karena produk yang sekarang ini belum sempurna atau jauh dari kata sempurna.

Smartphone itu seperti jajanan sekarang, hampir setiap orang punya smartphone. HP serperti barang wajib punya bagi setiap orang. Semakin banyak orang yang punya semakin sibuk pula tukang service. Daripada mengantri di konter menunggu HP kita di service, ada baiknya kita belajar tentang beberapa masalah kecil android yang sering terjadi. Sehingga bila terjadi paling tidak kita sudah pernah tahu tips dan triknya.

Masalah dan kerusakan pada HP android dan cara memperbaikinya :

Masalah android #1 Android sering hang
Hayo siapa yang pernah mengalami hp hang tiba tiba? Atau mungkin malah sering mengalami hal tersebut? Hang yang dimaksud disini adalah layar stuck pada satu jendela dan tidak bisa di geser ataupun dikembali ke homescreen. Intinya macet, tapi kalau ditunggu bisa lancar sendiri.

Hal ini disebabkan mungkin karena RAM banyak terpakai dan ROM hampir / bahkan sudah penuh dengan berbagai macam data. Jika sobat mengalami hal ini silakan coba beberapa langkah singkat berikut :

  • Coba lihat daftar aplikasi yang terinstall dan copot yang jarang atau sama sekali tak terpakai. 
  • Pindahkan game berukuran besar ke memory external yang masih lega.
  • Rajin – rajinlah membersihkan file sampah ( cache dan file temporary ).

Masalah android #2  Baterai cepat habis
Keluhan baterai hp cepat habis sepertinya sudah umum, bisa dibilang banyak yang tak peduli lagi dengan daya tahan baterai karena adanya power bank. Tak jarang pengguna android setia membawa charger kemanapun mereka pergi.

Padahal kalau dilihat – lihat HP jaman sekarang sudah dibekali kapasitas baterai lumayan besar dan menurut pabriknya itu sudah disesuaikan dengan spesifikasi hp tersebut. Agar baterai sobat tahan seharian silakan coba langkah berikut ini :

  • Cobalah gunakan wifi daripada koneksi data.
  • Lebih baik ubah ke mode terbang jika berada di tempat yang signyalnya susah.
  • Biasakan gunakan android seperlunya, charger ketika baterai sudah 15% dan cabut pengisi daya ketika sudah 100%.

Masalah android #3 Android cepat panas
Sebenarnya android cepat panas itu ada kaitannya sama masalah di point kedua yaitu signyal. Kalau signyal bagus sudah pasti android panasnya biasa saja.

Oh iya jika hp panas saat dipakai main game berat itu juga wajar, untuk mengantisipasi semua itu ada baiknya sobat gunakan HP di tempat sejuk atau di ruangan ber AC.

Masalah android #4 Sering restart sendiri
Mungkin sebagian kita menganggap android yang sering restart sendiri itu biasa, padahal sejujurnya hp sobat sedang mengalami masalah serius. Kalau dibiarkan bisa jadi system operasi bisa rusak yang akhirnya adalah bootloop.

Jika sering restart sendiri cobalah untuk cek apakah system operasi sudah terbaru. Bisa jadi ada bug atau masalah kecil pada system sehingga sering restart.

Itulah  masalah HP android dan cara mengatasinya, jika ada keluhan lain silakan sobat tulis dikolom komentar dan nanti akan saya update disini.
Reaksi:

You Might Also Like: