Kerusakan umum Printer L210 dari sepele hingga serius

Printer multifungsi ( print, scan dan copy ) sekaligus system tintanya sudah praktis yaitu menggunakan infus build up pabrik menjadi primadona dipasaran. Salah satunya adalah epson L210 yang banyak digunakan untuk aktifitas printing sehari hari ataupun kantor.

Printer yang terkenal praktis dari segi penggunaan dan perawatan ini bukan berarti tak ada kendala disana karena tidak sedikit user yang mengeluhkan tentang kerusakan printer ini mulai dari kerusakan ringan hingga yang memang harus ditangani ahlinya.

Pada kesempatan kali ini kita akan sedikit berbincang mengenai beberapa masalah umum printer Epson L 210 yang sering terjadi. Diharapkan setelah membaca informasi ini sobat sedikit banyak tahu langkah antisipasinya, syukur – syukur bisa memperbaiki sendiri.

Kerusakan umum Printer Epson L210 :

Tidak mau keluar tinta saat mencetak
Kerusakan pertama adalah printer tidak mengeluarkan tinta sama sekali. Langkah pertama yang diambil biasanya adalah melakukan head cleaning, namun tak jarang cara ini tidak bekerja. Jika sobat mengalami hal ini jangan panik jangan khawatir sebab mungkin saja didalam head itu kering dan terlalu banyak udara sehingga saat mencetak yang keluar bukan tinta melainkan hanya udara.

Solusi :
oba untuk tetap melakukan print dengan demikian diharapkan udara yang ada dalam head keluar dan tinta kembali mengalir lancar. Jika cara tersebut tidak berhasil, sobat bisa coba untuk sedot manual pada catridenya sehingga udara dalam head keluar.

Printer tidak bisa menarik kertas atau menarik kertas lebih dari 1
Problem ini sepertinya memang sudah umum, tak hanya menimpa printer Epson L210 tapi hampir semua printer bisa mengalami hal ini.  Saat kita tekan tombol power memang tidak terlihat indikasi apa apa, tapi begitu perintah print dijalankan maka kertas yang tertarik lebih dari satu, bisa dua lembar, tiga lembar atau lebih.

Saya sendiri waktu itu pernah dimintai tolong seorang teman, saya coba pakai satu lembar kertas saja printer narik kertas biasa. Lalu saya tambah kertas jadi dua lembar eh semua ditarik. Mana mungkin kita taruh kertas satu satu padahal yang hendak di print 15 atau lebih.

Solusi :
Ada bagian atau part printer yang sudah aus yaitu pada bagian karet roll. Karet sudah tipis sehingga sakali tarik bisa dua kertas atau lebih. Sobat tinggal ganti karet tersebut dijamin printer akan kembali normal. ( tested )

Lampu tinta dan kertas berkedip
Kalau sudah seperti ini sobat harus benar benar memperhatikan kesehatan printer. Blinking atau kedip kedip lampu printer ada dua macam yaitu blinking general dan yang kedua adalah blinking non general.

Blinking general :
Menunjukan bahwa ada part printer yang rusak

Blinking non general :
Lampu printer akan tetap berkedip bergantian walau mesin printer normal. Blinking disini bisa jadi :
 Its time to reset ink level atau
Printer’s ink pad is at the end of its service live.

Peringatan pertama artinya sudah saatnya kita mengatur ulang status tinta dan yang kedua menunjukkan bahwa busa pembuangan limbah titna sudah penuh. Kedua peringatan tersebut sama sama mengharuskan kita untuk melakukan reset dan ini memerlukan software khusus.

Kurang lebih itulah beberapa masalah umum yang sering dihadapi atau yang sering muncul pada printer Epson L 210. Oh iya setelah selesai mencetak ada baiknya sobat menutup printer dengan kain atau semacamnya supaya tidak ada benda asing yang masuk ke printer. Selain itu juga menjaga printer tetap bersih.
Reaksi:
Bila berkenan, Anda bisa membantu pengembangan blog ini dengan Paypal Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain kipudin.com - Terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.