Kenapa speaker HP tiba - tiba mati sendiri

Beberapa saat yang lalu ada teman yang mengeluhkan speaker ( sound ) HP androidnya tiba – tiba mati. Karena panik dia tidak menceritakan detailnya apakah sound perlahan hilang atau mati seketika. Intinya sekarang HP nya tidak keluar suaranya.

Kasus lain adalah ketika kita bermain game Hago sambil telpon suara menggunakan whatsapp lalu nyalakan microphone di hago secara otomatis akan hening.

Mungkin sobat juga sedang mengalami hal yang sama dimana sebelumnya HP tidak ada error atau masalah apa apa, speaker dan systemnya normal tidak ada kendala apapun. Untuk mengetahui penyakitnya sebaiknya kita harus pahami penyebab masalah / kerusakan ini.

Kemungkinan lainnya  penyebabnya adalah speaker rusak, kabel short atau ic / chipset rusak.

Cara memperbaiki / mengatasi suara HP android hilang :

Cara memperbaiki #1 Cek pengaturan suara
Silakan ke pengaturan – pilih suara / sound – pilih volume ,pastikan musik, nada dering, notifikasi dan system menyala. Paling tidak volumenya diatas 50%.

Cek dengan memutar musik, video, kirim pesan wa ke mantan atau melakukan video call.

Cara memperbaiki #2 Restart smartphone
Banyak sekali masalah error pada android yang sembuh hanya dengan restart atau booting ulang systemnya. Saya yakin semua sudah tahu cara restart ya yaitu tekan tombol power dan pilih restart / hidupkan ulang.

Namun jika hanya ada menu matikan daya tekan saja dan tunggu hingga hp bergetar. Setelah itu tekan tombol power sekali.

Dua cara tersebut seharusnya bisa memperbaiki sound mati sendiri pada HP sobat apapun merknya. Entah itu merk oppo, xiaomi, adva, samsung ataupun evercoss.

Namun bila tidak berhasil juga cobalah untuk melakukan reset pengaturan pabrik. Namun perlu diingat sebelum melakukan reset sebaiknya backup data – data penting seperti kontak, foto atau video kenangan sobat.

Langkah terakhir cek menggunakan earphone atau headset. Apabila masih bisa terdengar di earphone tapi speaker mati, fix kerusakan pada hardware sound  HP. Kalau sudah begini sebaiknya sobat segera konsultasikan dengan ahli HP terdekat alias ke service center atau konter HP terdekat.
Reaksi:

You Might Also Like: