File Go : Aplikasi terbaik untuk melegakan penyimpanan internal android

Storage android kapasitas besar seperti tidak ada, pasalnya mau berapa giga penyimpanan yang disediakan selalu penuh, penuh dan penuh. Macam macam file yang disampan mulai dari catatan pekerjaan, task harian ataupun file musik dan film. Oh ya satu lagi file yaitu gambar.

Tak dipungkiri lagi bila file gambar jumlahnya ribuan, semua itu karena didukung oleh canggihnya kamera dan teknologi. Semakin bagus kualitas kamera semakin jernih gambar yang dihasilkan dimana semua itu berimbas pada ukuran foto atau gambar.

Jika satu file foto ukurannya 2 Mb maka 1000 foto sudah 2 Gb, jika smartphone dipakai dalam jangka 1 tahun tentunya memory internal penuh juga. Terpaksa tambahan sd card diperlukan. Namun itu juga tak terlalu membantu, dalam kurun waktu tertentu sd card pasti akan penuh juga.

Untuk mengatasi hal ini google menghadirkan sebuah aplikasi yang bernama file go. Aplikasi File Go adalah aplikasi gratis bebas iklan yang akan setia memantau setiap jenis file yang ada di memory kita.

Kelebihan aplikasi File Go

Pertama, file go membantu kita menemukan duplikat file atau file berganda. Misalnya kita punya foto kucing lalu kita share foto tersebut ke 10 group whatsapp maka di memory kita akan ada 10 file foto kucing tersebut. Dengan file go ini kita bisa dengan mudah menemukan file yang sama dan menghapus semua duplikatnya.

Kedua, membantu menemukan aplikasi yang tidak pernah dipakai. Mungkin kita pernah asyik download aplikasi di playstore tapi kemudian 1 bulan kemudian aplikasi tersebut tak pernah dijalankan. Secara otomatis file go akan menyarankan untuk menghapus aplikasi tersebut. Ini sangat berguna agar penyimpanan kita senantiasa lega.

Ketiga, di beri kisi kisi file yang ukurannya besar. Saat install file go kita akan ditunjukkan file apa saja yang membuat penyimpanan kita sesak. Contohnya adalah aplikasi kiriman teman lewat share it. Setelah di install kita sering lupa untuk menghapus masternya.

Keempat, di point sebelumnya kita bahas tentang pengiriman file offline bernama share it. Nah file go juga mendukung hal tersebut, bedanya file go ini gratis dan tidak ada iklannya. Jujur saya paling tidak suka dengan aplikasi di playstore yang ada keterangan berisi iklan. Lebih baik keterangannya pembelian dalam aplikasi daripada disusupi iklan.

Kekurangan aplikasi File Go

Setelah kita bahas kelebihannya, ada satu kekurangan file go ini yaitu file di memori yang sudah terbackup di google photos akan terhapus, alhasil bila kita ingin mengirimnya kita harus mendownload lagi yang mana itu akan berdampak pada penggunaan data internet kita.

Selain itu file go juga mendeteksi aplikasi yang tidak dipakai selama beberapa waktu dan menyarankan untuk menghapusnya padahal aplikasi tersebut memang diperlukan hanya sekali saja. misalnya aplikasi greenify paket donate yang cuma berfungsi untuk mengaktifkan pengaturan extra di aplikasi greenify.

Itulah kelebihan dan kekuarangan file go yang dapat membantu kita untukk melegakan penyimpanan internal dan external HP kita.
Reaksi:

You Might Also Like: