Aktifkan profil pengguna khusus main game

Hai sobat Kipudin, pernahkah terfikirkan untuk mengamankan data pribadi di android? atau tidak ingin diganggu ketika bermain game? apalagi kalau sedang main game online seperti moba sudah tentu kesal ketika diganggu panggilan masuk whatsapp ataupun panggilan telephone lain.

Nah sekakarang sobat tak perlu lagi khawatir permainan game akan terganggu atau khawatir catatan curhatan, data penting akan diintip okum tak bertanggung jawab, hihi. sebab kita bisa memanfaatkan fitur bawaan android yang bernama Profil pengguna.

Untuk sobat yang sudah biasa menggunakan komputer atau PC mungkin sudah tidak asing lagi sebab prinsip kerjanya sama yaitu setiap user punya pengaturan dan aplikasi sendiri, singkatnya kita seperti punya banyak HP tapi dalam satu perangkat.

Sayangnya tidak banyak yang menyadari fitur ini, dalam profil pengguna ini kita tak hanya bisa menambahkan akun google lain selain akun utama tetapi kita benar benar seperti punya smartphone baru namun masih di satu device.

Dengan fitur secanggih itu tentu ada dampak negatifnya sob yaitu semakin banyak pengguna yang ada semakin berat juga kinerja processor karena pada dasarnya aplikasi disemua pengguna aktif. tapi jangan khawatir jika hanya menambah 1 pengguna dan tidak terlalu banyak install aplikasi smartphone kita tetap aman terkendali ( tested ).

Saya sendiri menggunakan fitur ini untuk menjauhkan anak anak terutama keponakan agar tidak sering pinjam HP. bagaimana tidak, dia tahunya Hp tidak ada aplikasi game selain itu juga di password hihi.

Lalu bagaimana cara mengaktifkan profil pengguna di android?

Fitur ini mulai tersedia pada smartphone android lollipop dan kitkat ( khusus untuk tablet ). cara ini saya praktekkan di infinix hot 2 dengan system operasi masrhmallow, silakan sesuaikan dengan perangkat masing masing ya.

Pertama silakan gulir kebawah pada status bar, di sebelah pojok kanan atas terdapat ion kontak ( sebelah kanan icon gear ) tap disitu dan ada owner ( pemilik ) tambah user baru dan tamu.

User baru adalah menu untuk menambah user baru dan inilah yang kita bahas

Tamu, kita bisa masuk dan menggunakan aplikasi seperti pemilik ( owner ) tetapi tidak mendapat semua layanan seperti halnya pemilik smartphone.

Kedua silakan pilih user baru dan tunggu sebentar, atau jika ingin lewat menu setting juga bisa. Silakan buka options / setting/ pengaturan lalu pilih user & accounts lalu pilih add user.

Ketiga kita disurut memasukkan email , pilih bahasa dan masukkan negara dan terakhir pilihan apakah mode tersebut bisa digunakan untuk mengirim pesan dan menelphone. misalnya pengguna khusus gamer maka kita pilih disable saja.

Cara berpindah user

Untuk pindah itu sangat mudah yaitu dengan menggulir kebawah status bar, pilih icon kontak dan pilih user yang diinginkan, perlu diingat bahwa saat switch user terkadang ada jeda loading. Lama atau tidaknya loading ditentukan oleh seberapa banyak proses di latar belakang.

Cara mengapus user pengguna / profil pengguna

Silakan ke menu pengaturan / settings dan pilih pengguna seperti langkah membuat tadi dan pilih icon gear pada user yang ingin dihapus dan pilih hapus pengguna / remove user. done

Perlu diingat bahwa dengan menghapus pengguna maka seluruh aplikasi dan setingan yang ada disana akan hilang. oh iya satu lagi walau menggunakan penyimpanan yang sama tetapi kita tidak bisa melihat data yang ada di memory internal satu sama lain.

Sekian tutorial cara mengatasi gangguan telephone mobile legends atau cara mengamankan catatan pribadi dengan akun berbeda dalam satu smartphone. oh iya perlu diperhatikan juga bahwa 2 pengguna ini menggunakan satu penyimpanan yang sama oleh karena itu sebaiknya cek apakah penyimpanan cukup atau tidak, semoga bermanfaat.

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser