Tips Anti Mainstream ! Penggunaan laptop agar awet

Hai sobat kipudin, laptop adalah barang elektronik yang sudah bukan barang mewah lagi. laptop kini sudah menjadi suatu kebutuhan. segala pekerjaan akan lebih mudah bila menggunakan laptop. misalnya untuk ketik surat, kirim email, cari informasi dinternet menggambar denah dan lain sebagainya.

Saking seringnya dipakai tiap hari, laptop terkadang merasa capek dan butuh diistirahatkan. dengan tujuan untuk tetap menjaga laptop tetap awet dan tahan lama. penggunaan secara terus menerus akan mengakibatkan beberapa komponen laptop cepat rusak, terlebih lagi penggunaanya tidak sesuai petunjuk keamanan penggunaan laptop.

Oleh karena itu, sekarang kita akan sedikit belajar bagaimana cara menggunakan laptop yang baik dan benar, beberapa tips dibawah ini sangat cocok diterapkan bagi sobat yang menginginkan umur panjang pada laptopnya.


Tips penggunaan laptop agar awet :


1. Jangan menggunakan laptop beralas kasur atau bantal
Bagi sobat yang senang mengoperasikan laptop dikamar kemudian laptop diletakkan diatas kasur, mulai sekarang hentikan kebiasaan tersebut. Kenapa? sebab kasur, bantal atau karpet itu penuh debu, sehingga bila terlalu lama laptop berada diatasnya, debu debu tersebut akan tersedot oleh kipas laptop kemudian debu tersebut akan menumpuk di saluran pembuangan panas.

Efek jangka panjangnya adalah debu tersebut berubah menjadi seperti busa dan mengganggu sirkulasi udara sehingga laptop menjadi cepat panas, kemudian overheat disusul laptop bisa mati tiba tiba, dan yang paling parah adalah laptop mati total. nah, tidak ingin kejadian itu menimpa sobat kan?

Oleh karena itu, sebaiknya sediakan meja kecil atau alas yang terbuat dari plastik, kayu atau bahan yang tidak berdebu.yah paling enak sih sediakan tempat khusus yang clean and clear sekaligus nyaman sehingga kita tenang saat bekerja.

2. Selalu matikan laptop saat dibawa mobilitas
Beberapa pengguna laptop sering kali hanya menutup laptop lalu main bawa saja atau lansung dimasukkan tas. padahal laptop belum selesai proses hibernate nya atau laptop belum benar benar mati.

Yang dikhawatirkan adalah, didalam tas ada benda kecil misalkan klip atau benda yang dapat menghantarkan listrik ( bersifat konduktor ) masuk ke laptop melalui rongga rongga. kemudian saat kita nyalakan atau masih dalam tas sekalipun tanpa sengaja nyala sendiri maka kemungkinan bersar terjadi konslet.

Oleh karena itu, sebaiknya saat hendak membawa laptop bepergian pastikan kita sudah menyimpan pekerjaan kita lalu mematikan sesuai prosedur yang benar yaitu start - shutdown dan pastikan laptop benar benar mati yang ditandai semua lampu indikator sudah mati.

3. Cabut pengisi daya saat baterai penuh
Menghubungkan laptop dan pengisi daya secara terus menerus juga sangat beresiko memperpendek umur laptop, utamanya baterai. baterai punya peran penting terutama saat kita sedang dalam perjalanan dan tetap ingin melanjutkan pekerjaan dengan laptop.

Sering kali baterai rusak ( tidak menyimpan ) hanya disebabkan kita lupa mencabut charger padahal baterai sudah penuh. jika sobat melakukan hal ini, sebaiknya mulai sekarang sering cek indikator baterai di sebelah kanan bawah.jika keterangannya sudah full silakan lepas charger.

Gunakan laptop hingga muncul peringatan bahwa baterai hampir habis. setelah itu sebaiknya hentikan penggunaan laptop sementara waktu sampai baterai terisi kembali.

Itulah 3 Tips sederhana penggunaan laptop agar awet dan tahan lama. apabila ada kekurangan, saran atau masukkan silakan sampaikan melalui kolom komentar yang sudah tersedia. bye sampai bertemu di tulisan berikutnya.

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser