Solusi layar tidak bisa mati dan kunci otomatis

Tahukah sobat bahwa bagian smartphone yang paling banyak mengkonsumsi daya adalah layar? wajar saja sebenarnya sebab tanpa adanya layar sebagai media untuk menampilkan system maka smartphone tidak akan bisa operasikan.

Oleh karena itu di era sekarang smartphone utamanya android berupaya bagaimana caranya supaya layar hp lebih hemat daya. salah satu upayanya adalah menanamkan fitur layar mati dan android masuk mode tidur secara otomatis saat smartphone tidak dipakai.

Saat layar mati sebagian proses di android kan dihentikan sehingga memungkinkan smartphone suhunya turun. kapan layar android mati bisa kita tentukan melalui menu display di pengaturan / setelan.

Yang jadi masalah adalah tidak semua android masuk sleep mode saat layar mati, bahkan ada juga kasus layar tetap nyala alias tidak mengunci otomatis saat HP tidak di operasikan. di bebrapa type merk Xiaomi, lenovo, samsung, vivo, oppo, asus dan beberapa lainnya mengalami masalah ini.

Lalu apakah yang menyebabkan layar tidak mati dan mengunci otomatis? 

  • Settings nyala display tidak benar
  • Terdapat error di system android
  • System terlalu terbebani
  • LED atau display mengalami masalah

Cara mengatasi layar tidak bisa mati dan terkunci otomatis

Check pengaturan display locked
Biasanya hp yang senantiasa menyala karena pengaturan kunci otomatisnya di set menjadi never atau jangan pernah yang menyebabkan hp tidak mau mati layarnya. untuk itu pertama tama kita coba cek pengaturan dislay.

Oh iya, letak pengaturannya kurang lebih sama di semua android yaitu di settings - display.  untuk lebih jelasnya berikut beberapa cara mengatur layar terkunci otomatis.

Setting auto sleep di Xiaomi :

Masuk menu settings - kunci layar dan sandi - tap opsi tidur atau sleep lalu pilih waktu yang kita inginkan, angka amannya adalah 15 detik.

Kemudian kita tes dengan membiar smartphone tidak disentuh selama kurang lebih setengah menit. harusnya sekarang HP Xiaomi sobat sudah dalam mode sleep.

Solusi layar Asus tidak mau mati:

2 type smartphone Asus yang layarnya tidak mau mati dan hanya kedip kedip adalah Zenfone MAX ZC520TL dan Zenfone 2. silakan lakukan langkah dibawah ini supaya bisa mati otomatis layarnya :

Silakan masuk ke menu settings - keamanan / security - smartlock . silakan non aktifkan semua fitur yang ada di smartlock.

Selanjutnya cek di pengaturan kunci layar dan cek apakah sudah di set ke 10 / 15 detik.

Silakan masuk settings - zenmotion dan nonaktifkan zenmotion.

Andai sudah di cek dan di set dengan benar namun masalah belum teratasi berarti kemungkinan besar firmware atau system mengalami kerusakan. sobat bisa coba upgrade atau downgrade veri firmwarenya.

Dua merk yang juga sering mengalami masalah adalah samsung dan lenovo, silakan cek di pengaturan - tampilan - lalu pilih tidur dan set ke 15 / 10 detik. seperti gambar berikut ini :

Note :
Menu pengaturan di setiap merk smartphone bisa berbeda tergantung versi android yang terpasang.

Sekian cara mengatasi layar tidak bisa terkunci atau tidak bisa mati otomatis, semoga bermanfaat.
Reaksi:

You Might Also Like: