Pentingnya Membuat Restore Point Windows

Bismillah - Hai sobat, apa kabar laptop dan pc sobat? baik baik saja alias normal jaya? saya senang mendengarnya. Hari ini guru saya laptopnya tidak sedang dalam keadaan baik sob, jangankan masuk dekstop booting saja selalu error dan restart restart terus. Mungkin ini yang disebut bootloop versi dekstop kali ya?

Detail permasalahannya begini, saat tombol power ditekan kemudian muncul logo merk laptopnya, lalu muncul dua pilihan yaitu lauch startup repair dan start windows normally. Saat di pilih normally windows bluescreen setelah tampil logo windows. sedangkan ketika dipilih launch startup repair proses tidak kunjung selesai walau sudah ditunggu selama kurang lebih satu jam.

Saya beranggapan bahwa hal ini disebabkan karena system terkena virus jadi langkah pertama yang saya coba adalah :

Matikan laptop, tekan tombol power  kemudian saya masuk menu safe mode dengan menekan F8 terus menerus. selanjutnya saya pilih unknown good configuration, yang artinya booting dari settingan terakhir ketika masih bisa booting dan masuk dekstop.

Ternyata cara ini tidak berhasil, langkah berikutnya saya kembali tekan F8 untuk memunculkan menu safe mode, lalu saya pilih safe mode namun ternyata gagal juga. pesan bluescreen tetap muncul untung saja saya sempat merekamnya, kurang lebih pesan yang muncul seperti ini :


Tak hanya safe mode biasa, safe mode with command promt pun tak berhasil. Kali ini saya di buat pusing. 2 cara andalah sudah tidak berhasil padahal sore ini akan dipakai presentasi dikampus beliau.
Jika sobat mengalami hal yang sama,  cobalah langkah berikut ini :


Cara mengatasi windows bluescreen seteleh booting :

Pertama, sobat siapkan bootable windows dan DLC boot ( Hiren ).

Selanjutnya atur booting pertama lewat DLC ( entah itu DLC yang sudah di burn di kaset CD / DVD atau DLC flashdisk ).

Kemudian booting pilih mini windows, tunggu sampai boot ke desktop.

Selanjutnya jalankan windows explorer dan Copy semua data di C:\user\nama user laptop tersebut ke Drive lain yang masih kosong.

Jangan lupa berinama berbeda pada drive C ( tempat install windows ). misalnya Kipudin.

Restart laptop atau pc, lepas bootable DLC tadi dan sekarang pasang bootable windows.

Lalu install, ingat saat install pilih custom dan di pemilihan partisi jangan langsung pilih next tetapi delete telebih dahulu partisi system baru kemudian buat partisi baru. supaya system benar benar bersih dari virus.

Langkah penting setelah install :
Setelah install selesai, silakan klik start - klik kanan Computer - pilih properties - system protection.

Pada system protection terdapat tombol system restore, configure dan create.

Tombol System restore berfungsi untuk membatalkan perubahan system ke restore point yang telah dibuat.

Tombol configure berfungsi untuk mengatur setingan restore, memanaga disk yang akan digunakan dan menghapus restore points.

Tombol create berfungsi untuk membuat restore points berdasarkan keadaan system saat ini.

Silakan klik tombol create setelah install selesai. tujuannya untuk berjaga jaga jika nanti terjadi masalah kita tak perlu install windows lagi.

Selanjutnya isi deksripsi restore points dan klik create. tunggu beberapa saat hingga proses pembuatan titik restore selesai.

Untuk memastikan bahwa pembuatan titik restore berhasil silakan klik start - all programs - accessories - System tools - system restore.

Kemudian pilih next - disana muncul beberapa daftar restore points yang ada termasuk yang telah kita buat tadi.

Sampai disini kita sudah aman, tinggal melengkapi aplikasi / software yang dibutuhkan untuk mengetik, menggambar, edit video dan lain lain.

Sekian share pengalaman tentang pentingnya restore points windows semoga bermanfaat untuk sobat, jika ada kritik, saran dan masukan silakan sampaikan melalui kolom komentar yang telah disediakan.

Alhamdulillah
Reaksi:

You Might Also Like: