Pengaturan Developer Options untuk mempercepat android

Hai sobat Kipudin, disapa dulu biar makin semangat dan betah disini ya. tahukah sobat bahwa setiap android memiliki fitur opsi pengembang atau developer options? ups ralat sob ternyata tidak semua device memilikinya, hanya smartphone dengan system operasi android 4.0 keatas yang sudah ditanami fitur ini.

Apa itu developer options?
Opsi pengembang ini adalah sebuah aplikasi bawaan android yang memudahkan kita untuk memantau system, serta mengendalikan / mengkonfigurasi system kerja android. contohnya untuk mencatat bu ( kesalahan ) pada android.

Pengaturan pengembang ini bisa diakses di semua merk smartphone seperti oppo, xiaomi, samsung, asus, infinix dan lain lain.

Opsi pengembang ini tidak serta merta bisa kita gunakan, kita perlu memunculkan atau mengaktifkannya terlebih dahulu. secara menu ini sebenarnya hanya untuk para pengembang android jadi tak heran bisa disembunyikan.


Cara mengaktifkan developer options

Pertama, masuk ke menu setelan / settings lalu scroll ke bawah hingga menemukan about phone, atau seperti gambar berikut ini :

Kedua, cari build number. biasanya letaknya berada di paling bawah. berikut gambar build number / nomor bentukan smartphone infinix :
Ketuk 7 kali pada build number hingga muncul pop up bahwa opsi pengembang telah aktif.

Cara menonaktifkan developer options :
Silakan masuk ke Settings - Opsi pengembang . kemudian geser tombol aktif ke kiri.

Settings Developer options untuk mempercepat android :

Banyak sekali manfaat yang kita dapat setelah menyalakan fitur yang satu ini, salah satunya adalah meningkatkan peforma device kita. berikut langkah langkahnya :

Masuk ke developer option dan matikan animasi pada opsi skala animasi jendela, opsi skala animasi transisi dan opsi skala durasi animator. seperti gambar berikut ini :
Selanjutnya scroll ke bawah sedikit hingga ke opsi aplikasi. Opsi Aplikasi membantu  memahami bagaimana aplikasi beroperasi pada perangkat target.

Background process limit untuk menetapkan jumlah proses yang bisa berjalan di latar belakang pada satu waktu. Setelan yang bisa dipilih ditunjukkan pada gambar beikut :

Reset ShortcutManager rate-limiting selama pengujian sehingga aplikasi latar belakang bisa terus memanggil API pintasan sampai batas kapasitas tercapai lagi. Untuk informasi selengkapnya tentang pintasan dan batas kapasitas.

Aktifkan Don't keep activities untuk meningkatkan masa pakai baterai dengan menutup setiap aktivitas segera setelah pengguna meninggalkan tampilan utama aktivitas.

Dengan pengaturan seperti itu sekarang coba rasakan perbedaan sebelum dan sesudahnya. pasti proses buka tutup dan pindah aplikasi terasa lebih ringan, betul? sekian tutorial dan tips kali ini semoga bermanfaat.
Reaksi:

You Might Also Like: