Cara test printer canon ip2770 tanpa komputer

Hai sobat kipudin, hari ini kita akan belajar cara manual test printer canon pixma ip 2770 tanpa komputer atau laptop. Pada dasarnya setiap printer sudah di program untuk melakukan self test. artinya kita tetap bisa memeriksa apakah printer masih berfungsi normal.

Pada kesempatan kali ini kebetulan ada printer canon type ini yang mengalami error, menurut teman saya sih keluhannya tidak bisa mencetak karena muncul pesan paper jam padahal didalam printer tidak ada kertas atau barang lainnya. secara kasat mata printer normal.

Namun saat dicoba untuk mencetak selalu saja muncul pesan peringatan paper jam disertai blink orange dan hijau secara bergantian.

Cara sef test printer ip2770 :

langkahnya tidaklah sulit, sobat pasti bisa mempraktekkannya dirumah, pertama hubungkan kabel power dan printer ke arus listrik.

Kedua, silakan nyalakan printer dengan menekan tombol power.

Siapkan satu lembar kertas, dua lembar juga boleh.

Selanjutnya, tahan tombol resume hingga lampu power ( warna hijau ) berkedip dua kali lalu lepaskan tombol resume.

Setelah itu tunggu reaksi printer. sampai disini kita hanya menunggu printer melakukan self test.

Mudah bukan? kebetulan memang laptop yang saya pakai untuk menulis USB portnya tidak aktif jadi mau tidak mau untuk memastikan bahwa printer sudah normal ya pakai cara manual itu tadi.

Hasil cetakannya sangat berguna untuk memerikasa tinta dan catridge, jika hasilnya sempurna maka printer siap digunakan. namun bila hasil cetak warna hitam lubang lubang berarti ada masalah lain.

Sobat bisa melakukan cleaning dan cek nozzle printer. untuk cek nozzle ini tidak bisa manual kita harus cleaning melalui computer. caranya :

Start - device and printer - klik kanan printer yang aktif dan pilih printer properties - klik tab maintenance dan pilih cleaning and check nozzle. ( windows 7 ).

Untuk windows 8 dan windows 10 silakan klik kanan start - control panel - device and printer lalu klik kanan printer yang aktif dan pilih printer properties - klik tab maintenance dan pilih cleaning and check nozzle.

Untuk lebih jelasnya sobat bisa simak video dibawah ini :


Sekian tutorial sefl test printer canon pixma ip2770, semoga bermanfaat dan sampai ketemu di post berikutnya .

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser