Cara memperbaiki printer narik kertas banyak

Hai sobat kipudin, hari ini kita akan belajar tentang cara memperbaiki printer yang mengalami kerusakan narik kertas banyak. Beberapa hari lalu kebetulan saya dimintai tolong untuk memeriksa beberapa printer. Lebih tepatnya printer canon E500 dan printer Epson L220.

Untuk canon E500 yang satu error E02 alias paper jam dan satunya ketika narik kertas lebih dari satu, begitu juga epsonnya. berbekal sedikit ilmu dari bekerja di bengkel komputer saya coba cek satu persatu.

Pertama saya cek epson L220, printer bisa menarik kertas dengan baik yang artinya roller tidak bermasalah. tapi sekali tarik banyak ( macam angkot saja ). berarti masalahnya ada pada roller bawah.

Cara mengganti roller bawah printer Epson :

  1. Siapkan obeng plus ukurang sedang.
  2. Lepas semua kabel yang terhubung ke printer demi keamanan.
  3. Silakan tengok kebelakang printer dan lepas baut / sekrup dekat port kabel power.
  4. Geser ke kanan penutup sebelah power supply sekaligus pembuangan tinta.
  5. Silakan lepas peer yang mengunci roll bawah. 
  6. Sekarang sobat ganti roll bawah yang lama dengan yang baru. pasang kembali dan lakukan test print.
  7. Dari pengalaman yang ada printer akan normal kembali.

Lalu untuk printer canon E500 masalahnya hanya pada karet saja, simple sih memang tapi proses pembongkarannya cukup menantang.

Untuk pertama kali memang proses bongkarnya lumayan memakan waktu. bisa sampai 2 jam. untuk mengganti karet bawah kita harus membongkar semuanya, termasuk rumah catridge.
Alhamdulillah setelah di ganti karet printer kembali normal. dan hari ini sudah saya antar lagi ke pemiliknya.

Untuk harga spare partnya masih terjangkau, kisaran Rp. 50.000, - padahal bendanya kecil. walau kecil kita tidak bisa meremehkannya sebab kita tak mampu membuatnya sendiri, betul?

Sayangnya proses perbaikan tidak sempat saya abadikan melalui video. next jika ada yang minta tolong lagi saya akan mendokumentasikannya. sekian post kali ini dan sampai ketemu di post berikutnya.
Reaksi:

You Might Also Like: