Cara menggunakan keyboard test portable


Sobat kipudin, kalau biasanya kita membahas seputar android dan smartphone kali ini kita bahas sedikit tentang ilmu computer. ceritanya belakangan ini ada temen yang mengeluhkan laptopnya tidak bisa dipakai untuk mengetik. setiap dinyalakan selalu muncul pilihan booting.

Usut punya usut ternyata hal tersebut disebabkan oleh keyboard yang error. entah tombol apa yang bermasalah sehingga setiap booting laptop bunyi beep panjang. oh iya sebenarnya tips mengatasi keyboard error sudah pernah kita bahas tapi tak apalah ini untuk sekedar mengingatkan sekaligus berbagi software untuk mengetahui keyboard rusak.

Keyboard rusak kok di cek pakai aplikasi, apakah bisa? lho jangan salah sob, gejala gejala errornya papan ketik itu mudah di ketahui asalkan kita tahu fungsi dari setiap tombol keyboard. misalnya tombol esc, f1, f2, f8, f10 dll . kalau sudah tahu ketika terjadi error pasti bisa menebaknya.

Cek kerusakan keyboard Notebook dengan Passmark keyboard test

Sebelum mencoba cara ini, kita pastikan dulu bahwa keyboard tidak bisa untuk mengetik, beberapa tombol tidak berfungsi atau ketika dinyalakan bunyi beep.

Langkah kedua silakan ambil passmark keyboard test di link akhir post ini. tenang saja yang saya bagikan adalah versi portable full version. sobat tidak perlu lagi serial number, atau crack. selain itu aplikasi ini gratis dan bisa digunakan pada windows 64 bit atau 32 bit.

Sebelum post disini saya sudah menggunakan aplikasi ini jadi tak usah khawatir lagi. dijamin pasti bisa bekerja dengan baik.

Kita langkah selanjutnya yaitu copy dan extract software ini di desktop. boleh di tempat lain, tapi sebaiknya di desktop agar kita mudah untuk menjalankannya. siapa tahu tombol yang rusak mennyebabkan halaman help dan pencarian muncul terus menerus.

Kalau sudah silakan matikan notebook/laptop atau netbook sobat. lalu tunggu beberapa saat ( minimal 10 menit ) tujuannya agar laptop benar benar mati sehingga fungsi fungsi tombol seperti direset. nyalakan kembali dan jangan pernah tekan tombol apapun.

Jalankan passmark tester yang tadi sudah di download, dan lihat andai ada tombol yang berwarna merah segera lepas tombolnya dan coba bersihkan menggunakan kuas. pastikan debu yang menempek atau kotoran sudah hilang.

Periksa semua tombol apakah berfungsi normal. tandanya adalah tombol akan berwarna hijau di software. kalau sudah di check coba balik laptop hingga posisi keyboard menghadap kebawah, bersihkan perlahan menggunakan kuas ( posisi laptop masih nyala ).

coba lepas konektor keyboard yang terhubung ke motherboard. cara melepas keyboard setiap merk laptop berbeda, jadi berhati hatilah. ada yang mudah tinggal buka beberapa skrup lalu buka ada juga yang harus bongkar semua pheriperalnya.

Pasang kembali dan test. kalau sudah normal dan bisa digunakan silakan matikan dan test di hari berikutnya. kok lama? iya karena menurut pengalaman keyboard akan kembali error di lain hari. bagaimana agar keyboard normal sepenuhnya?

Jelas kita harus ganti keyboard baru. tak ada  cara lain yang menjamin keyboard bisa normal 100%. oh iya untuk sobat yang ingin ganti keyboard bisa kontak saya melalui contact form. saya bisa secepatnya membantu untuk mencarikan.

sekian tutorial kali ini tentang cara menggunakan keyboard test portable semoga bermanfaat
passmark keyboard test serial number

Free keyboard test portable google drive
Reaksi:

You Might Also Like: