[WARNING] Jangan install aplikasi kalau bukan dari Playstore

Jaman now setiap smartphone harus punya akun Gmail jika ingin mengakses Playstore. manfaat punya akun google adalah kita akan mendapat pemberitahuan bahwa aplikasi yang ada di smartphone membutuhkan pembaruan.

Google play store adalah tempat download paling aman. mulai dari film, musik, aplikasi hingga game kita bisa dapatkan disana mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Walau begitu kebanyakan pengguna android terkadang memilih download di luar playstore. padahal pengunduhan dan pemasangan aplikasi selain dari playstore keamanannya masih dipertanyakan.

Berbeda dengan playstore yang merupakan developer android yang menyarankan untuk mengunduh melalui playstore karena aplikasi yang ada disana ditinjau dari kompatibilitas dan keamanan bisa dipertanggung jawabkan.

Sobat bisa temukan file apk mentah di berbagai market selain google play. yang mana kita harus mengunduh terlebih dahulu kemudian menginstall secara manual. keuntungan unduh apk selain di playstore adalah kita bisa memilih sendiri versi aplikasi yang akan kita download.berbeda dengan playstore yang hanya menyediakan apk terbaru saja.

Di balik keuntungan mengunduh dan menginstall file aplikasi dari selain google play store ternyata ada banyak kerugian yang didapat, diantaranya sebagai berikut :

1. Terinfeksi Malware
Jika sobat mengunduh aplikasi yang tidak ada di playstore, kemungkinan besar aplikasi tersebut sudah dimodifikasi dan di injeksi script virus. bila aplikasi tersebut aman di pasang di android tentu saja tersedia di playstore.

Jadi salah satu yang harus dikhawatirkan ketika ingin melakukan unduhan dan memasang aplikasi dari market-market APL selain play store google sebaiknya waspada karena bisa saja aplikasi yang kita unduh mengandung malware / virus.

Memang tidak seluruh aplikasi di market selain play store bisa membawa malware, tips yang paling jitu ketika ingin sekali mengunduh aplikasi selain dari play store yakni baca dan lihat dahulu berbagai testimoni serta review aplikasi bersangkutan di berbagai forum Android, bilamana banyak yang memberi nilai bagus dan terlihat aman silahkan saja mengunduh aplikasi tersebut.

2. Tidak ada Update
Saat kita mengunduh dan menginstall aplikasi dari luar playstore, atau dimarket lain maka biasanya tidak disediakan update. andai update aplikasi tersedia itupun setelah aplikasi tersebut sudah ada update versi terbaru di play store.

Oleh karena itu kita harus cari manual lagi update versi terbarunya. huft jadi kerja dua kali kan.

3. Terinstall aplikasi mencurigakan
Banyak sekali pengguna HP android yang mengeluhkan adanya aplikasi lain yang turut terinstall sesudah mengunduh dan memasang file apk dari selain play store.

Hal tersebut bukan rahasia lagi bahwasanya banyak diantara pengembang aplikasi yang nakal menginjeksi aplikasi dengan aplikasi lain tanpa sepengetahuan si pengguna.

4. HP Sering Muncul Iklan
Terkadang saat kita download aplikasi, tanpa sengaja kita disuguhi konfirmasi untuk menyimpan file, padahal itu sebenarnya bukan file yang kita butuhkan. karena kurang telitinya kita sehingga tanpa banyak pikir langsung pencet save yang akhirnya  langsung masuk memory dan install otomatis.

Yang lebih gawat adalah aplikasi tersebut langsung masuk ke system kita. seperti yang ktia ketahui bersama bahwa aplikasi yang terinstall di system tidak bisa di uninstall atau dihapus.

sehingga setiap beberapa waktu muncul iklan atau blank putih. iklan muncul bukan hanya ketika ada koneksi internet, saat offline pun iklan tetap muncul.

5. Membuat HP Lemot
Efek merugikan lainnya ketika anda suka dengan aplikasi dari selain google play store yakni berakibat ponsel Lemot.

Lemotnya sistem di HP bisa disebabkan adanya malware, virus, ilan yang terus bermunculan tanpa kenal waktu dan lain sebagainya.

6. Boros kuota Data
Dimana banyak penyebab boros kuota di ponsel seperti seringnya iklan muncul ketika terhubung ke internet, Adanya virus dari aplikasi yang tetap berjalan di background sehingga secara terus menerus melakukan sinkron Online dengan server si pembuat virus dan beberapa penyebab lain.

Mulai sekarang ada baiknya kita install aplikasi dan game hanya dari playstore yang sudah teruji keamanannya. andaikan sobat ingin menikmati fitur pro atau aplikasi tanpa iklan silakan beli melalui playstore. toh nanti andai ganti HP aplikasi tersebut tetap tersangkut di akun kita jadi tak perlu pusing browsing aplikasi mod atau pro lagi.
Reaksi:

You Might Also Like: