Tips setelah membeli android baru

Apa sih yang perlu di perhatikan setelah membeli android baru? Tips apa yang harus saya lakukan? pertanyaan tersebut telah menginspirasi saya untuk mencari tahu sebenarnya perlakuan seperti apa yang harus di lakukan setelah unbox android. Kalau motor kan harus rajin di panasi dan juga di test sampai kecepatan maksimal agar peforma mantab ( katanya sih gitu ) lalu bagaimana dengan android?

Android atau smartphone adalah gadget yang sudah menjamur. bisa di katakan bukan barang mewah lagi. Teman teman baru saja beli android? coba deh simak tips berikut ini, semua yang saya tulis hanya berdasar analisis  saya menggunakan acer liquid z4.

Tips setelah membeli android baru


Tips setelah membeli android baru #1 Jangan charging selama 8 jam

Mitos yang beredar selama ini adalah harus melakukan charging selama 8 jam sebelum menggunakan android pertama kali. bukan hanya android sih tapi lebih kepada HP. ternyata tips ini tidak lagi berlaku pada smartphone.

Dari namanya saja kita sudah tahu, kalau HP sekarang itu pintar. jadi cobalah untuk mengisi daya sampai penuh saja. jangan terlalu lama. apalagi sampai di tinggal tidur. biasanya di layar ada indikator apakah baterai sudah penuh atau belum dan di beberapa type android di lengkapi dengan led indikator dimana lampunya akan berubah ketika baterai full. ( di acer z4 perubahan tersebut dari merah ke hijau . hijau artinya baterai sudah 100% ).

Selain itu coba di logika. apabila HP tersebut yang sudah kita beli masih dalam keadaan segel, apakah iya baterai di dalamnya belum ada isinya? lalu bagaimana di pabrik cara mengechecknya? apakah daya langsung di sambungkan ke HP tanpa melalui baterai? kalau bisa seperti itu ya saya mending copot baterai dan langsung konek charger saja biar baterai awet dan tahan lama. betul tidak?

Tips setelah membeli android baru #2 Screen protector tidak wajib coy

Mitos selanjutnya yang sepertinya masih sangat lekat di masyarakat adalah ketika beli android baru secepatnya di pakaikan screen protector. apakah penting? hello ini bukan jaman dulu yang layarnya kesenggol dikit langsung  luka ) gores .

Teknologi gorilla glass sekarang ini tidak cepat tergores. bahkan teman saya ada yang pernah mematikan rokok dengan layar acer z4. layarnya tidak apa apa. justru kalau pakai screen protector bisa jadi lubah tuh pelindungnya.

Namun saat membeli biasanya sudah di beri pelindung sendiri ( tidak semua sih ) seandainya tidak ada berarti memang kualitas layar android tersebut sudah teruji.

Tips setelah membeli android baru #3 Cara mengisi baterai yang benar

Nah yang satu ini juga bikin saya ketawa ngakak. ada yang bilang kalau mengisi daya sebaiknya kalau baterai benar benar habis.  ya ko id androidnya. hehe nih contoh kasus nyata pengguna acer z4


Itu adalah bukti nyata bahwa menunggu baterai habis baru di isi daya lagi adalah salah. lalu bagaimana yang benar? di dalam system android sudah ada peringatan jika baterai tinggal 15%. artinya ketika peringatan tersebut muncul kita harus segera mengisi daya baterai. kemudian yang penting juga adalah matikan android ketika sedang di isi? tips ini agar baterai lebih cepat penuh dan untuk menghindari baterai under temperature.

Tips setelah membeli android baru #4 Hati hati terhadap aplikasi

Mitosnya adalah ketika android kita di pasang aplikasi sembarangan maka akan mudah system terkena virus. hello android kan berbasis linux, jadi sangat minim kemungkinan untuk terkena virus. yang membuat android tidak nyaman adalah banyak aplikasi yang mengandung iklan, pop up atau semacam saran untuk install atau pemberitahuan yang tidak penting.

Oleh karena itu sebaiknya pikir seribu kali untuk install aplikasi. contoh kecil adalah browser, dari bawaan android biasanya sudah di berikan browser ada yang cuma satu ada yang dua ada yang lebih dari itu. di acer liquid z4 bawaan browser adalah chrome dan browser. tapi saya pernah mendapati di advan S4k itu browsernya banyak sekali ada CM browser, ada browser, ada baidu browser dan satu lagi saya lupa. padahal kan ketika kita browsing kita hanya butuh satu saja. 
Reaksi:

You Might Also Like: