Tips bermain game di android tanpa lag

Jaman now game android hadir dengan grafis yang memukau baik itu yang online maupun offline dari yang gratis sampai berbayar. Grafis yang bagus tersebut terkadang tidak cocok dengan smartphone kita atau lag ketika dimainkan. apalagi smartphone kita adalah android kategori middle end hingga low end.

Ups bukan maksud untuk menyinggung, saya juga menggunakan android kelas menengah kebawah kok, tapi masih lumayan lancar memainkan game game yang grafiknya mantab. yah walaupun ada lag walau sedikit.

Biasanya game dengan grafik memukau ukurannya besar minimal 500 MB lah, walau aplikasi di playstore tidak sampai 100 MB tapi yang besar adalah datanya. bahkan ada juga game yang datanya terdownload 500 MB tapi setelah kita check di penyimpanan kapasitasnya berubah drastis mencapai 1-2 GB. oke kita kembali ke topik utama yaitu tips bermain game android tanpa lag ( tanpa root juga ).

Tips bermain game di android tanpa lag


Install Booster game

Untuk sobat semua yang sudah merasa lelah dengan lag saat bermain game ada baiknya mulai sekarang install aplikasi booster untuk game sobat. dengan game booster ini maka android sobat akan dipacu sedemikian rupa sehingga memory android akan difokuskan untuk game. Selain itu game booster akan membekukan kinerja aplikasi lain di latar belakang.

Di playstore banyak sekali aplikasi game booster ini, salah satu yang sudah saya buktikan adalah Android system cleaner, tak hanya mampu membuat game tanpa lag tapi juga membersihkan memory kita secara berkala dan diaplikasi tersebut terdapat banyak fitur yang menarik.

Bekukan aplikasi yang berjalan di latar belakang

Walaupun saat kita memakai game booster apliksi yang berjalan di latar belakang sudah di bekukan tapi pesan seperti di whatsapp akan tetap masuk. oleh karena itu sebaiknya sebelum pakai booster game sobat bekukan aplikasi tersebut dengan greenify. caranya sangat mudah yaitu tinggal pilih tombol plus lalu pilih aplikasi yang direkomendasikan untuk di bekukan dan pilih freeze.

Jangan lupa untuk menambahkan pintasan atau shortcut di home screen supaya lebih praktis saat hendak mematikan atau membekukan aplikasi sebelum memulai bermain game.

Setting low graphic high peformance

Salah satu penyebab mengapa performa game menjadi lambat adalah rendahnya GPU pada smartphone. Karena GPU atau Graphic Processing Unit merupakan bagian utama dalam memproses grafis. Tugas GPU adalah untuk melakukan rendering image yang hasilnya akan ditampilkan ke layar. Jadi, semakin bagus kinerja GPU pada smartphone, maka performa game pun juga semakin lancar.
Faktor lain yang membuat peforma game lag adalah graphic processing unit di android. fungsi utama GPU adalah melakukan render image yang ditampilkan di layar smartphone. oleh karena itu semakin baik GPU semakin bagus pula peforma game.


Namun, jika smartphonemu memiliki kualitas GPU yang rendah, maka sebaiknya kamu atur game ke tingkat Low Graphic Mode. Mode ini akan membuat game berjalan pada tingkat grafis yang paling rendah. Meskipun mode ini akan menurunkan kualitas tampilan pada game menjadi kurang begitu detail, tapi setidaknya performa game jadi lebih ringan dan lancar.

Pastikan koneksi internet lancar

Kecepatak akses internet sangat mempengaruhi lag atau tidaknya sebuah game, apalagi di Indonesia yang kecepatan internetnya bisa dibilang lambat pasti ketika bermain game yang membutuhkan koneksi internet sering putus ( DC ) bahkan lag.

Game yang jaman now sering lag karen faktor koneksi internet antara lain COC, Arena of Valor, Mobile Legends, Marvel Future Fight dan lain lain. untuk mengantisipasi lag ini cobalah sobat gunakan internet yang stabil misalnya wifi.id yang kecepatannya up to 100 MBps.

Install game dan update game via playstore

Faktor lain yang tak kalah menentukan adalah bug game, bisa jadi lag yang sobat alami itu karena banyak masalah di game itu sendiri. cobalah untuk laporkan ke pihak developer atau check via playstore apakah aplikasi kita sudah terbaru. jangan lupa sampaikan keluhan sobat lewat forum resmi game tersebut atau melalui komentar di playstore.
Reaksi:

You Might Also Like: