Tips merawat baterai smartphone tanam (non removable)

Hai sobat kipudin, kesal dan sebel itulah yang dirasakan bila smartphone kita di charge tidak masuk atau tidak bisa di charge. Padahal yang kita tahu baterai masih bagus atau bahkan baru dan charger atau pengisi daya juga bisa digunakan di perangkat lain. Masalah hp yang sering tidak kita sadari adalah baterai sudah habis tanpa sepengetahuan kita, di isi daya juga tidak ada respon di tambah baterai adalah baterai non removable alias baterai tanam.

Pengguna sekarang ini tidak bisa dengan mudah mencopot baterai karena rata rata smartphone sudah menggunakan baterai tanam yaitu baterai yang di pasang khusus terutama pada hp yang desainnya tipis. Ditambah lagi back cover juga dibuat semi permanen yang hanya bisa dibuka dengan trik tertentu. Baterai NRB ( non removable ) atau baterai tanam punya kekurangan dan kelebihan. salah satu keunggulannya adalah peforma lebih stabil dan lebih adem sehingga jarang mengalami masalah under temperature

Sedangkan kekurangan baterai tanam adalah kita jadi tidak bisa untuk melepas atau mengganti baterai batre dengan yang baru. atau saat kejadian tak terduga seperti hp masuk air yang mana tindakan paling bagus adalah meleas baterai supaya tidak konslet. itulah salah satu kelemahan baterai tanam.

Tips merawat baterai NRB ( Non Removable ) :


Tips #1. Gunakan Charger Orignal
Perawatan pertama pada ponsel baterai tanam adalah agar selalu menggunakan charger bawaan (original). Karena setiap charger memiliki daya output yang berbeda. Hal ini tergantung dari kapasitas baterai anda. Jika anda sering mengguanakan Power Bank, sebaiknya selingi untuk mengisi daya baterai dengan charger aslinya.

Tips #2. Perhatikan Temperatur Ponsel
Temperatur pada ponsel harus stabil, tidak boleh terlalu  tinggi. Jika ponsel anda sudah terasa panas, sebaiknya istirahatkan dulu sejenak ponsel anda, jangan di paksakan. Selain itu, anda juga harus memperhatikan cara menyimpan ponsel, karena temperatur tinggi juga bisa di sebabkan oleh meletakan ponsel di dekat sumber panas, misalnya di dekat ventilasi pendingin laptop. saya pernah mengalami sendiri hal ini, ketika itu saya sedang browsing tiba tiba ada pesan whatsapp masuk, saya ambil hp, saya balas pesan dan tanpa saya sadar saya meletakkan di dekat kipas pendingin laptop.

Tips #3. Hindari Bermain game sambil konek charger
Hampir semua pengguna smartphone menggunakan hp nya sambil mengisi daya, entah itu gamer ataupun pengguna yang bukan gamer. bahkan ketika berada di perjalanan kerap di dapati pemandangan smartphone yang sedang terhubung dengan power bank.

Sebisa mungkin jangan lakukan hal tersebut. misalnya ingin bermain game, terlebih dahulu isi baterai hingga penuh. dan berhenti bermain ketika baterai sudah menunjukkan notifikasi untuk mengisi daya.

Tips #4. Jangan Sampai Baterai Kehabisan Daya
Kehabisan daya baterai sering terjadi ketika dalam perjalanan. Jika baterai ponsel anda sering kebahisan daya sampai ponsel mati, hal ini bisa memperpendek usia baterai anda. Sebaiknya anda perhatikan, jika daya baterai tinggal 5% sebaiknya matikan saja ponselnya

Namun ada kalanya kita sudah kehabisa baterai sehingga menyebabkan hp benar benar mati alias baterai benar benar habis. bahkan ketika di coba di charge beberapa waktu tetap tidak bisa menyala. andai sobat mengalami hal ini silakan coba cara di bawah ini untuk mengatasi baterai tanam kehabisan daya :

Cara mengatasi Baterai Tanam tidak bisa di Charge


Tips #1 Isi dengan charger amphere lebih tinggi.
Cara paling mudah karena baterai berjenis Non removable dan tidak mudah dicopot tanpa membongkar penutup belakang HP yaitu dengan menggunakan charger (alat pengisi daya) dengan Nilai Ampere yang lebih tinggi dari bawaan ponsel.

Ketika baterai sudah terisi dengan ditandai indikator di layar sudah menyala maka bisa diteruskan dengan menggunakan alat charger bawaan ponsel.

Tips #2 Coba lepas konektor baterai beberapa saat.
Bilamana dengan cara diatas tidak juga mempan maka mau tidak mau harus melepas baterai tanam tersebut dari dudukannya. Dari pengalaman admin sendiri, bila anda bisa mencopot konektor baterai yang menancap di papan utama ponsel dalam waktu sekitar 10 detik saja maka setelah ditancapkan ulang bisa diisi ulang dengan normal.

Coba buka penutung belakang dengan hati hati dan lepas konektor baterai dan diamkan beberapa saat paling lama 15 detik. kemudian hubungkan kembali, waktu untuk melepasnya menurut pengalaman tidak sampai 1/4 menit. andai tidak berani membongkar sendiri silakan minta tolong kepada rekan atau sahabat yang menurut sobat memang ahli dalam bidang tersebut.

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser