Sebelum android di flash, lakukan pencegahan ini

Flashing atau flash ulang adalah salah satu cara untuk memperbaiki android yang mengalami kerusakan system. Flashing ini di dunia komputer disebut dengan install ulang.

Tujuan flashing adalah mengembalikan system android agar seperti sewaktu kita beli pertama kali. Flash ulang ini dilakukan apabila android sudah tidak bisa masuk recovery atau mati total.

Saat proses flashing, semua data dan aplikasi yang ada di android pasti hilang. Itu sudah tidak bisa di pungkiri lagi. Selagi android kita masih normal, ada baiknya kita melakukan tindakan pencegahan. Kita sadar bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Dengan langkah pencegahan ini diharapkan tidak ada kekecewaan walau android kita telah di flash.

Tips agar data, aplikasi dan contact tidak hilang saat di flash :


Cobalah untuk backup akun dan data yang ada.

Ketika kita menyimpan nomor telephone di memory android atau di simcard, besar kemungkinan ketika di flash nomor tersebut hilang. Apalagi kalau simcard hilang bersama gadgetnya pasti deh menyesal bukan kepalang.

Oleh karena itu untuk mengantisipasi hal tersebut ada baiknya untuk menyiapkan satu akun untum menyimpan kontak kontak tersebut. Dan ingat, cobalah tulis nama account dan sandinya di kertass dan simpan baik baik bersama dokument penting lain.

Oh ya yang tidak kalah penting adalah coba tulis di kertas semua akun yang ada mulai akun facebook, akun twitter, password email, bbm dan lain sebagainya. Untuk lebih mudahnya sih catat saat membuatnya jadi tidak ada kata lupa sandi.

Manfaatkan masa garansi

Saat android masih garansi kemudian terjadi trouble jangan sekali kali berpikir untuk melakukan flash ulang sendiri, walau banyak tutorialnya di google. Cobalah untuk datang ke service center terdekat dan berkonsultasilah disana.

Resiko melakukan flashing sendiri adalah banyak hal yang akan aneh. Satu contoh imei yang kembar. Atau bisa jadi no seri androidnya 123456abcdef. Dan ini yang saya alami, akhirnya penyesalan yang ada.

Lakukan factory reset

Sebelum memutuskan melakukan flash ulang ada baiknya mencoba untuk mengembalikan ke pengaturan pabrik. Dengan harapan imei tetap sama dan tidak ada keganjalan yang berarti disana. Namun jika tidak bisa melakukannya sendir ada baiknya kembali ke poit sebelumnya yaitu pergi ke service center.

Contoh android yang tidak bisa di reset factory secara manual adalah infinix hot 2. Walau infinix sudah update android 6.0 namun tombol recoverynya di nonaktifkan oleh pihak vendor. Mau tidak mau ketika ada masalah kita harus lari ke service center.

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser