Cara memperbaiki keyboard laptop error tiba-tiba

Keyboard pada laptop adalah pheriperal input yang sangat diperlukan. kita curhat ke laptop lewat perantara keyboard, kita hendak memerintahkan laptop mencetak juga lewat keyboard. peran keyboard setara dengan mouse. apa jadinya jika keyboard laptop error tiba tiba. misalnya sedang dipakai ngetik laporan, atau untuk input data penting. pasti panik dan bingung yang muncul.

Ada beberapa masalah yang sering muncul pada keyboard utamanya keyboard laptop. beberapa troublenya antara lain ngetik huruf jadi angka, ada sebagian tombol yang tidak berfungsi, bahkan tidak bisa dipakai mengetik sama sekali. dan masalah ini menimpa segala merk laptop. di laptop asus, toshiba, acer, axioo dll.

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah keyboard tersebut? sebelum berpikir untuk membawa laptop ke tukang service atau bengkel komputer, ada baiknya sobat coba tips dibawah ini. syaratnya mudah dan saya yakin bisa dipraktekkan sendiri dirumah.

Cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi

Pertama kita siapkan alatnya dulu, sebuah software portable yang akan kita gunakan untuk mendeteksi kerusakan keyboard. kita tinggal copy ke dekstop dan jalankan aplikasinya. kalau bingung coba ikuti langkah dibawah ini :

Nyalakan laptop dan tunggu sampai masuk dekstop. sampai disini jangan sekali kali pencet atau tekan tombol pada keyboard. tujuannya agar diagnosanya berjalan normal. andai bunyi beep panjang saat booting dan ada pilihan boot normaly tekan enter saja dan tunggu.

Kalau sudah masuk desktop silakan copy aplikasi test keyboard portable yang bisa sobat download melalui link di akhir post ke desktop. jalankan aplikasinya ( menggunakan mouse ) lalu lihat adakah tombol yang diarsir merah. gambarnya seperti dibawah ini :

Itu untuk kasus keyboard menekan sendiri dan menghalangi tombol lain sehingga bisa berfungsi sebagian atau tidak bisa digunakan sama sekali. cobalah tekan beberapa kali tombol yang merah tadi hingga berubah menjadi hijau.

Jika tetap tidak bisa coba songkel atau buka tuts keyboardnya. bersihkan dengan kuas. lalu pasang tuts lagi dan lakukan test. tekan semua tombol dan pastikan semua berwarna hijau. kalau sudah coba shutdown laptop dan diamkan selama 3-5 menit. nyalakan lagi ( tanpa menyentuh keyboard ) dan buka program test keyboard. kalau tidak ada bunyi beep dan tidak ada keyboard yang menekan terus lagi berarti sudah jadi alias berhasil.

Namun bila satu tombol di tekan dan muncul dua huruf di proram tersebut berarti sudah tidak bisa diperbaiki lagi. sudah saatnya untuk ganti keyboard baru. jika ternyata sobat sudah pernah ganti keyboard da kerusakan tersebut terulang bisa jadi ada kerusakan pada I/O atau socket di motherboardnya.

Jika tombol huruf berubah jadi angka coba tekan tombol fn+numlock.  atau tombol numlock saja. pasti nanti jadi normal lagi

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser