Mengatasi masalah pada layanan google play


Ketika layanan google play terhenti di android itu adalah satu hal besar yang tidak bisa di biarkan. saya juga mengalami hal yang sama. saat ini saya memang tidak menggunakan android, tapi pesan kesalahan "Sayangnya aplikasi google play telah berhenti" terus menerus muncul. Karena bingung saya coba bertanya pada beberapa mastah atau sesepuh bidang android.

Mastah yang saya maksud kebetulan tidak sedang online, oleh karena itu saya coba searching di google untuk masalah yang satu ini. Kemudian muncul ide untuk berbagi masalah ini kepada teman teman semua, siapa tahu solusinya bisa berguna. Ingat ini hanya bersifat trial error saja apabila nanti ada yang kurang atau tidak tepat mari diskusikan bersama.

Fungsi layanan google play

Sekarang kita coba untuk sedikit mengintip manfaat dan fungsi dari google play game. Bersasarkan sumber google, ternyata fungsi google play adalah sebagai berikut :
  • Untuk mengamankan smartphone dari aplikasi yang berbahaya – tidak heran jika google menyarankan kita untuk mengunduh aplikasi dari google play store. Apabila kita memasang aplikasi dari sumber lain bisa jadi aplikasi tersebut sudah di susupi semacam mailware atau virus yang dapat membahayakan android kita.
  • Untuk mengontrol penuh aplikasi yang terhubung ke akun google. Semacam clash of clan, boom beach dan hay day. 
Nah untuk melihat game apa saja yang kita mainkan, kita dianjurkan untuk menginstall aplikasi google play game. Selain itu kita juga bisa melihat game game yang di mainkan teman kita yang menggunakan akun google juga ( asalkan sebelumnya sudah berteman ).

Jika kita sudah tahu fungsi dari pada google play game, selanjutnya masalah apa saja yang sering muncul? Biasanya setelah pesan sayangnya google play games telah berhenti, akan di ikuti kemunculan error “proses com.google.process.gapps terhenti” tidak jarang juga yang mengalami kegagalan install aplikasi google play game. Karena begitu banyak masalah yang ada , mari kita coba selesaikan satu persatu masalah yang muncul. Semoga di kemudian hari tidak ada lagi masalah serupa.

Unfortunately Google Play Store has Stopped Error
"Sayangnya Google Play Store telah berhenti" adalah salah satu kesalahan yang paling sering ditemui pada perangkat Android. Masalah ini mungkin muncul karena berbagai alasan dan oleh karena itu, Anda mungkin perlu mencoba beberapa solusi untuk memperbaiki masalah tersebut.

Fix 1: Hapus Aplikasi & Free Space. Jika Anda telah menginstal terlalu banyak aplikasi pada perangkat Anda, memori perangkat Anda mungkin penuh dan mungkin menyebabkan aplikasi Play Store berhenti berfungsi atau mengakibatkan gagal download aplikasi. Untuk memperbaiki masalah ini, cobalah untuk menghapus beberapa aplikasi dan data.

Sekarang inilah perbaikan yang paling umum dilakukan oleh pengguna Android untuk memperbaiki pesan error "Sayangnya Google Play Store telah berhenti".
  1. Buka Pengaturan perangkat Anda.
  2. Sekarang cari Apps / Aplikasi dalam menu Settings dan tekan itu.
  3. Geser halaman aplikasi dari kanan ke kiri untuk melihat daftar semua aplikasi yang hadir pada perangkat Anda.
  4. Sekarang gulir ke bawah, lalu temukan Google Play Store, lalu tap.
Pada halaman App Info, tekan Clear cache, lalu Force Stop dan kemudian tombol Disable. Jika Anda melihat pilihan update Uninstall, biarkan uninstall dan kemudian restart aplikasi. Reboot perangkat Anda dan periksa apakah kesalahan sudah terselesaikan.
Jika masalah masih berlanjut, buka Setting » Apps » All » Google Play Store lagi dan tekan pilihan Clear data. Lalu Reboot perangkat.

Kesalahan 403 Google Play Store 
Anda mungkin telah menemui kesalahan ini yang mengatakan "The download is impossible and the request is forbidden". Kesalahan ini mungkin disebabkan karena beberapa masalah, tetapi di bawah beberapa solusi untuk memperbaikinya.

Fix: Coba hapus satu akun Google, jika Anda menggunakan dua account pada perangkat yang sama dan hapus riwayat pencarian Google Play juga. Sekarang cobalah download lagi untuk melihat apakah masalah masih tetap ada.

Coba gunakan akun Google alternatif untuk men-download aplikasi, jika bekerja, coba tambahkan account sebelumnya lagi dan reboot perangkat.Mungkin juga karena pengaturan proxy yang buruk, cobalah membersihkan atau kembali memasuki proxy ponsel Anda koneksi data / WiFi dari pengaturan.

Kesalahan 491 Google Play Store 
Peringatan ini terjadi karena data aplikasi Google Services korup atau mungkin karena beberapa masalah dengan akun Google. Kesalahan akan memberikan pesan "Downloads dan updates impossible".

Fix: Hapus akun Google Anda dengan pergi ke Settings » Account » Google. Tekan Remove Account. Reboot Android Anda dan tambahkan akun sekali lagi. Selanjutnya, dalam pengaturan, pergi ke Apps (Aplikasi) dan swipe untuk menemukan 'Semua' aplikasi Anda. Gulir ke bawah ke Google Services, lalu klik Clear Data dan Force Close.

Kesalahan 492 Google Play Store 
Ini adalah salah satu kesalahan yang mungkin Anda alami. Kesalahan akan memberikan pesan "It’s impossible to install an application due to the Dalvik cache".

Fix: Buka System App Setting dan arahkan ke Apps » All » Google Play Store » Clear data dan force stop. Sekarang, clear data dari Google Services Framework juga.
Jika masalah terus berlanjut, Anda dapat menggunakan Custom Recovery atau menggunakan aplikasi yang dapat membersihkan Dalvik Cache. Hal ini tidak akan menghapus data pribadi atau aplikasi, sehingga aman untuk dilakukan.

Kesalahan 495 Google Play Store 
Kesalahan 495 Google Play Store memberikan pesan kesalahan "Problem downloading or updating apps from Play Store" yang akan menyebabkan masalah saat Anda mencoba untuk men-download atau memperbarui aplikasi dari toko aplikasi Play pada perangkat Anda.

Fix: Anda dapat memperbaiki masalah ini dengan menghapus Google Play Store dan data setting Google Services Framework. Untuk melakukan hal ini, buka Settings dan arahkan ke Apps » All » Google Play Store » Clear Data. Sekarang, hapus data dari Google Services Framework juga. Ini akan menetapkan ID Google baru untuk perangkat Anda, sehingga aplikasi Anda mungkin bertindak sedikit miring untuk beberapa waktu tetapi ini tidak akan menjadi masalah permanen.

Setelah clear data Anda, hapus akun Google Anda pada perangkat dan reboot. Tautkan akun Google Anda lagi dalam Settings » Account » Add Account » Google Account. Sekarang Anda dapat men-download atau memperbarui aplikasi dari Google Play Store.

Error 498 Google Play Store
Kesalahan ini terjadi bila partisi cache perangkat Anda penuh yang menyebabkan sering gangguan download dari Google Play Store.

Fix: Hapus aplikasi yang tidak perlu dan file yang terkait, jangan lupa juga untuk membersihkan cache pada setiap aplikasi individu.
Anda juga dapat membersihkan seluruh partisi cache dengan me-reboot ke mode recovery dan memformat partisi Cache. Operasi ini tidak menghapus aplikasi data atau file pribadi.

Kesalahan 941 Google Play Store
Kadang-kadang, Anda akan melihat kesalahan 941 saat memperbarui aplikasi dari Play Store. Hal ini disebabkan beberapa Interupsi selama update yang akan terus menghentikan Anda dari memperbarui aplikasi.

Fix: Buka Settings » Apps » All » Google Play Store lalu Clear cache dan data.
Selanjutnya, buka Download Manager dan lakukan clear cache dan data untuk itu juga. Sekarang coba untuk memperbarui aplikasi lagi dan Anda akan melihat aplikasi download tanpa masalah, jika Anda menghadapi masalah apapun, reboot perangkat dan mencoba memperbarui lagi.

Kesalahan 504 Google Play Store
Kesalahan 504 akan menunjukkan pesan kesalahan "App could not be downloaded due to an error ", yang terjadi lebih sering pada perangkat Android, clear cache dan data akan memperbaiki masalah ini.

Fix:  Buka Settings » Apps » All » Google Play Store » Clear Data. Sekarang, hapus data Google Services Framework juga.
Coba download aplikasi lagi setelah reboot perangkat.

Kesalahan 921 Google Play Store
Fix: Hapus cache aplikasi Google Play Store dari pengaturan aplikasi. Coba download aplikasi apapun dari Play Store. Jika ini tidak berhasil, clear app data Play Store, tapi ingat bahwa ini akan menghapus semua pengaturan yang telah Anda buat sebelumnya.
Anda juga dapat mencoba menghapus akun Google Anda, restart perangkat dan menambahkannya lagi.

Kesalahan 927 Google Play Store 
Saya kira sebagian besar pengguna Android mungkin telah melihat kesalahan ini saat menggunakan Google Play Store. Kesalahan akan menampilkan pesan "The download is impossible because an update of the Play Store is in progress".

Fix: Hal ini biasanya disebabkan oleh Play Store atau Google memperbarui layanan di latar belakang yang sementara akan menghentikan download aplikasi. Tunggu beberapa menit dan melihat apakah baik-baik saja, coba juga untuk menghentikan Google Play Store dan Google Play Services.

Insufficient Storage Available error
Fix: Yang paling mudah adalah dengan menguninstall beberapa aplikasi yang tidak perlu. Ini akan membersihkan beberapa ruang pada perangkat Anda.Jika kesalahan masih terjadi, coba download aplikasi App2SD dan pindahkan beberapa aplikasi ke penyimpanan eksternal.Cobalah menghapus data aplikasi yang tidak perlu menggunakan aplikasi pembersih sampah.

Itulah caramengatasi masalah pada layanan google play game. dan dengan cara tersebut diatas, sekarang bluestack saya bisa berjalan normal tanpa kendala dimana mendukung untuk bermain clash of clan. oh ya untuk teman teman yang ingin clannyya menang terus, bisa pakai strategy clan war jaminan menang.

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser