Cara mengatasi sd card penuh saat membuka camera


Peringatan " your sd card is running out of space, change the quality setting or delete some image or other files" beberapa hari lalu dialami oleh kawan saya. saat dia hendak mengambil foto dengan camera smartphonenya. apakah arti dari pesan tersebut? Mari kita coba untuk mencari tahu jawaban dan solusinya.

Kasus ini muncul apabila sd card atau penyimpanan external sudah hampir penuh. Bias di katakan sisa sizenya minim sekali. Pada system android syarat utama untuk bias mengambil gambar atau membuka aplikasi camera adalah 200 MB. Oleh karena itu pastikan space di memory external kita masih lebih dari cukup untuk file image.

Jika teman teman menggunakan sd card dengan kapasitas kecil pastikan file file besar seperti rom, aplikasi game di backup di tempat lain supaya tidak terjadi masalah ini. Trouble ini bias terjadi di segala rom, baik itu di stock rom atau yang telah di pasangi custom rom. Jadi waspadalah.

Bagaimana cara check kapasitas SD card kita?

Untuk mengetahui berapa space yang tersisa kita bisa melihat di file manager, pasti di sana akan tertera berapa GB atau MB partisi yang sudah kita gunakan, serta berapa jumlah kapasitas yang masih tersedia.

Cara lain untuk melihat kapasitas sd card maupun phone storage adalah di menu settings, storage. Disana akan di tampilkan detail dari penggunaan data kita. Berapa MB music berapa MB document berapa MB movie serta berapa MB data lain.

Tips hapus data yang tidak di gunakan

Untuk menghapus data data atau file file yang tidak di gunakan atau bisa kita sebut dengan sampah menggunakan clean master. Teman teman bisa mengunduhnya melalui playstore. Kemudian install dan pilih clean.

Akan tetapi perlu hati hati juga ketika menjalankan aplikasi ini sebab file file penting kita bisa saja ikut terdetele. Kawan saya juga pernah mengalami hal itu. Niatnya ingin bersih bersih sd card tapi siapa sangka beberapa koleksi custom rom milihnya ikut terlahap bersama dengan file sampah lainnya. untuk mudahnya silakan gunakan aplikasi pembersih sampah terbai versi kupudin
Reaksi:

You Might Also Like: