Cara install CWM ketika Acer Z4 bootloop


CWM adalah sebuah recovery tools yang memiliki banyak fungsi. Fungsi spesifik yang hanya dimiliki oleh recovery CWM adalah mampu backup system secara keseluruhan dan bisa mengembalikan hasil backup tersebut. Fungsi tersebut tidak dimiliki oleh revoery bawaan pabrik. Saat menggunakan recovery bawaan pabrik, kita hanya dapat reset factory saja. Tidak bisa backup ROM. Apabila suatu saat terjadi bootloop kita harus flash ulang. Dan flash ulang ini akan menghapus semua data dan aplikasi yang sudah terinstall.

Fungsi lain dari CWM adalah untuk install ROM atau mengganti system. Maksudnya adalah, kita bisa memakai antarmuka android merk dan type lain di android kita. Misalkan kita memakai acer liquid Z4 atau infinix hot 2 namun ingin tampilan luar dan dalam seperti Sony xperia. Maka kita harus install ROM Xperia dan kita butuh CWM untuk dapat menginstall.

Itulah sebabnya kita perlu install recovery CWM. Andai kita sadar dari awal bahw recovery ini penting tentu setelah beli, kita langsung memasang recovery ini, tapi bagaimana jadinya jika keadaan acer liquid Z4 atau android sudah bootloop? Bisakah tetap di install recovery CWM? Jawabannya tentu bisa.

Sekarang kita akan mencoba untuk install CWM ketika Acer Z4 bootloop. Tidak perlu waktu lama untuk memperbaiki acer z4 yang bootloop. Yang kita perlukan hanyalab bahan bahan dibawah ini :

 Cara install CWM ketika Acer Z4 bootloop :

Pertama kita perlu driver acer liquid Z4 – Silakan sobat bisa unduh driver di akhir post  ya. Install driver seperti biasa. Atau jika ingin benar benar berhasil, lepas baterai dan tancapkan acer liquid z4 ke pc atau laptop. Jika ada keterangan driver preloader MTK bla bla gagal gagal di install segera klik start – klik kanan komputer – pilih properties. Di windows 7 sebelah kiri atas ada menu device manager. Klik disitu dan cari MTK preloader. Klik kanan dan pilih update driver, selanjutnya pilih manual dan pastikan driver yang tadi di download sudah di extract. Kalau sudah pilih foldernya dan tunggu prosesnya.

Kedua kita butuh SP flash tool – disini kita harus menggunakan sp flash tool biasa. Sebab tidak seperti infinix hot 2 yang punya sp flash tool khusus. Kita pakai Flash tool universal. Dan lagi lagi sobat bisa dapatkan di akhir post ini. Extact di tempat yang sobat suka dan pastikan mudah menemukannya.

Scatter dan recovery CWM – ini adalah bahan yang akan kita eksekusi. Comot cwm di link akhir post. Lalu extract di folder SP flash tool tadi. Kemudian buka sp flash tool. Jika extractnya sudah benar, maka akan otomatis tercentang pada recovery. Oh ya jangan lupa untuk rename recovery cwm menjadi recovery supaya dapat terbaca di sp flash tool.

Selanjutnya klik download, koneksikan acer z4 sobat dengan kabel data dengan keadaan tanpa baterai, tanpa simcard dan tanpa sd card. Komputer akan mendeteksi hardware dan di sp flash tool akan muncul indikator warna merah, kemudian berganti ungu dan terakhir warna kuning. Tunggu hingga warna kuning ini selesai sampai prosentase 100% atau biasanya muncul sebuah dialog window dengan tanda centang atau lingkaran.

Coba pasang baterai dan tekan secara bersama tombol power dan volume up. Hingga muncul 3 options. Pilihlah recovery menu. Jika berhasil masuk cwm berarti sukses. Sekarang tinggal langkah selanjutnya mau flash stockrom atau ingin install custom ROM. Semua keputusan ada di tangan sobat.

Sekian untuk tutorrial install CWM ketika acer z4 sedang bootloop. Jika sobat ingin tahu lebih banyak mengenai bootloop, silakan mampir di tulisan pengertian bootloop dan cara mengatasinya.

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser