Alasan batterai android cepat habis

Batterai kapasitas besar bukan jaminan battrerai awet. Pasalnya banyak diantara kita yang tetap mengeluh dan tidak puas sebab baterai boros. Tahukah sobat, bahwa jumlah aplikasi yang terinstall di android merupakah salah satu penyebab batterai cepat habis.

Apa hubungan banyak aplikasi yang terinstall dengan batterai? Jadi gini sob, semakin banyak aplikasi yang terpasang, semakin banyak pula aplikasi yang berjalan di background alias tidak kelihatan. Namun itu hanya salah satunya saja, sebenarnya masih banyak lagi faktor yang menyebabkan batterai cepat habis.

Sebagai prefentif, sangat disarankan saat membeli android, pilihlah device dengan daya bahan baterai besar atau jauh diatas rata rata baterai android sekelasnya. Batterai dengan kapasitas besar ini ternyata harganya juga tidak murah sob. Nah bagi kita kita yang sudah terlanjur saya dengan android kita namun tetap ingin batterainya awet ada banyak jalan yang bisa di tempuh kok.

Tips menghemat batterai android

Tips #1 Gunakan wallpaper gelap – pertama kita setting wallpaper dengan gambar gambar gelap. Misalnya suasana malam hari. Jangan sekali kali menggunakan live wallpaper ya. Live wallpaper memang membuat android kita tampak lebih hidup tapi dibalik kehidupan itu ternyata juga ada resikonya lho. Daya yang dibutuhkan live wallpaper lebih banyak. Ibaratnya kita sedang memutar video tapi fpsnya rendah.

Tips #2 Turunkan kecerahan layar – ini penting nih, jika berada di dalam ruangan, sebaiknya kurangi kecerahan layar. Jika di luar ruangan aturlah kecerahan seperlunya saja asalkan text masih bisa terbaca dengan jelas. Selain menghemat batterai ini juga bisa membuat mata ktia jadi tetap sehat alias tidak gampang rusak.

Tips #3 Matikan GPS – GPS bisa menjadi salah satu penyedot daya batterai paling besar lho. Usahakan nyalakan GPS dalam keadaan tertentu saja. Misalnya saat membuka map atau ingin memberikan informasi lokasi kita kepada seseorang.

Tips#4 Jangan gunakan aplikasi penghemat batterai – Nah ini nih yang kadang suka keliru. Di awal tadi kita sudah bahas bahwa semakin banyak proses yang berjalan maka semakin boros batterai. Seandainya ingin batterainya awet, kenapa pasang aplikasi penghemat batterai? Bukankah nantinya aplikasi ini juga akan berjalan di background?

Itulah beberapa tips agar batterai android tidak boros. Oh ya tentang batterai double power yang katanya mitos itu juga membuat kita terkadang bingung.  Beberapa waktu yang lalu ada seorang teman yang membeli batterai double power untuk androidnya, namun dia kecewa sebab ketika di check di CPU Z kapasitas batterainya tetap sama saja seperti batterai bawaan pabrik.

Lalu ada kawan lain yang mencoba untuk memberikan pengertian bahwa CPU Z hanya membaca data base milik android itu. Jadi jika kita ingin membaca kapasitas sebuah batterai yang sebenarnya bisa langsung buka casing dan baca keterangan disitu.

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser