Cara mengaktifkan jaringan 4G di Xiaomi yang tidak bisa

Di indonesia Xiomi cukup terkenal mesti beberapa versi belum resmi di jual, utamanya yang mendukung 4G. konon hal ini disebabkan kurangnya kesiapan xiomi untuk berinvestasi di negara kita ini. oleh karena itu jaringan 4G sengaja di nonaktifkan walau perangkat atau smartphone tersebut sudah support 4G.

Inilah yang dikeluhkan oleh banyak pengguna Xiaomi. utamanya mereka yang menggunakan xaomi redmi note 3, padahal kenyataanya hardware pada smartphone tersebut sudah mampu atau mendukung jaringan 4G. hal ini tetap terjadi walau kita sudah melakukan update OTA ke versi 8. seperti kita tahu bersama bahwa jaringan 4G lebih cepat koneksinya.

Di indonesia Xiomi cukup terkenal mesti beberapa versi belum resmi di jual, utamanya yang mendukung 4G. konon hal ini disebabkan kurangnya kesiapan xiomi untuk berinvestasi di negara kita ini. oleh karena itu jaringan 4G sengaja di nonaktifkan walau perangkat atau smartphone tersebut sudah support 4G.

Inilah yang dikeluhkan oleh banyak pengguna Xiaomi. utamanya mereka yang menggunakan xaomi redmi note 3, padahal kenyataanya hardware pada smartphone tersebut sudah mampu atau mendukung jaringan 4G. hal ini tetap terjadi walau kita sudah melakukan update OTA ke versi 8. seperti kita tahu bersama bahwa jaringan 4G lebih cepat koneksinya.

cara mengaktifkan jaringan 4G di Xiaomi yang tidak bisa 

Syarat wajib:

Ponsel xiaomi anda secara hardware sudah mendukung 4G
Anda sudah menggunakan kartu 4G dan layanan 4G di kartu anda sudah aktif.
Pastikan anda sudah berada di area yang sudah terdapat jaringan 4G


Cara setting 4G #1
1. Masuk ke setelan / setting kemudian pilih menu setelan tambahan / additional settings

2. pada halaman setelan tambahan pilih menu Lokasi > lalu silahkan pilih lokasi selain indonesia, misalnya singapura / malaysia / hongkong atau lainnya. silahkan amati apakah sinyal 4G sudah muncul (jika sinyal 4G sudah terdeteksi biasanya pada sinyal di kartu 4G ada tulisan 4G dan ada gambar petir).

3. Kembali ke menu settings, lalu pilih menu Kartu SIM & Jaringan seluler / SIM Card & Mobile Network, kemudian pilih salah satu kartu yang sudah mendukung jaringan 4G.

4. di halaman setelan kartu SIM, pilih menu tipe jaringan prioritas, biasanya akan muncul 3 Menu meliputi:

Prioritas LTE
Prioritas 3G
2G saja (hemat baetarai
Silahkan pilih Prioritas LTE.

Sampai langkah di atas jika berhasil biasanya 4G akan aktif di hp xiaomi anda dan anda sekarang bisa menikmati jaringan 4G yang cepatnya luar biasa, untuk memastikan bahwa seting jaringan 4G permanen maka anda bisa merestart xiaomi anda, lalu kembali lagi ke tahap 3 di atas, pastikan bahwa pilihan Prioritas LTE masih ada, jika tidak lakukan seting dari awal.

Cara di atas sudah terbukti berhasil untuk xiaomi redmi note 2 prime dengan ROM Global official, pada mi 4c dan juga mi 4i, jika xiaomi anda diluar versi tersebut tidak ada salahnya anda mencobanya dulu, siapa tau hasilnya cukup memuasakan.

Hambatan :
Karena cara di atas kita sudah mengubah lokasi bukan negara indonesia, biasanya akan ikut mempengaruhi waktu sehingga waktu tidak sesuai dengan indonesia, untuk mengatasi masalah ini, caranya adalah:

1.  Masuk ke halaman setelan / settings, kemudian pilih menu setelan tambahan / additional settings

2. Di halaman setelan tambahan pilih menu Tanggal & Waktu, gulir ke bawah lalu matikan  pilihan Zona waktu otomatis

3. Kemudian pada bagian Pilih Zona waktu, silahkan pilih zona waktu sesuai dengan posisi anda, misal jakarta dll. lalu setelah dipilih Aktifkan lagi pilihan Zona waktu otomatis, dengan cara ini waktu akan kembali sesuai dengan lokasi anda.

Cara setting 4G #2
Jika cara pertama tidak berhasil mengaktifkan jaringan 4G pada hp xiaomi anda, maka anda bisa mencoba cara ke 2, ini cara ini work da sudah dicoba di hp xiaomi redmi 3 prime, mungkin saja bisa berjalan di versi xiaomi yang anda gunakan, silahkan dicoba saja, langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Masuk ke halaman setelan / settings, lalu gulir ke bawah pilih menu about ponsel / tentang ponsel

2. Ketuk Menu Memory Internal sebanyak 5 kali, sampai keluar halaman menguji,  biasanya akan terdapat beberapa menu yaitu:

Informasi telepon 1
Informasi telepon 2
Info Baterai
Statistik Penggunaan
Wi-fi Information
Pilih saja menu Informasi telepon 1 / informasi telepon 2, tergantung dimana anda meletakan kartu 4G anda.

3. Cari dan klik pilihan di bawah teks yang bertuliskan "Setel jenis jaringan yang disukai", seperti gambar di bawah ini:
mengaktifkan 4g di ponsel xiaomi

 Anda juga bisa memilih pilihan lainnya yang tersedia, untuk mengaktifkan 4G anda harus memilih pilihan yang mengandung tulisan LTE. beberapa diantaranya seperti di bawah ini:
LTE Only (jika memilih cara ini maka hanya jaringan 4g saja yang akan terdeteksi, cocok untuk area yang 4G nya bagus)

LTE/WCDMA auto (PRL), (Jika jaringan 4G tidak ada maka akan dialihkan ke jaringan cdma secara otomatis, sangat direkomendasikan jika di area tempat anda jaringan 4G belum stabil)
LTE/GSM/CDMA Auto (PRL) (Jika jaringan 4G tidak ada akan dialihkan ke jaringan GSM atau CDMA secara otomatis)
Jika pilihan ini tidak ada, anda bisa mencoba cara 3 di bawah.

Pilih saja salah satu, kalau saya sendiri sih memilih LTE only, karena kebetulan di area saya 4G cukup bagus dan dapat terdeteksi dengan baik. silahkan sesuaikan saja dengan kebutuhan anda. Pada saat memilih pilihan, maka sinyal biasanya akan hilang lalu muncul lagi, tidak usah khawatir karena itu sedang proses pencarian sinya, jika berhasil maka sinyal 4G akan muncul dan terdeteksi.

4. Jika langkah 3 sudah, silahkan kembali ke halaman setelan/ settings, kemudian pilih menu  Kartu SIM & Jaringan Seluler, lalu pilih SIM 1 atau SIM 2 tergantung dimana anda memasang kartu 4G.

5. Pada halanan kartu sim & jaringan seluler silahkan pilih menu Tipe jaringan Prioritas, nanti akan terdapat beberapa pilihan meliputi:
Global
Prioritas 3G(CDMA)
Prioritas 4G(CDMA)
Agar kartu selain dapat digunakan untuk 4G bisa juga digunakan untuk SMS atau telepon, maka silahkan pilih global.

Jika berhasil maka jaringan 4G akan terdeteksi oleh perangkat xiaomi anda, sayangnya cara di atas memiliki beberapa kelemahan, yaitu setingan akan hilang ketika hp di restart jari setiap kali hp di restart anda harus melakukan seting ulang, selain itu jika di area anda berada tidak terdapat jaringan 4G, maka jaringan akan dialihkan ke CDMA/GSM  H+ /H.

Cara setting 4G #3:
Jika cara ke dua di atas tidak berhasil mengaktifkan jaringan 4G di hp xiaomi anda, anda bisa mencoba cara ke 3, cara ini docoba di xiaomi dengan muiu versi 8 dan work, langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Buka kartu 4G

2. Masuk ke halaman setelan /settings, gulir ke bawah pilih menu tentang ponsel / about ponsel..

3. Pada halaman about ponsel cari menu memory internal /internal memori, tap sebanyak 5 kali sampai keluar halaman pengujian.

4. Gulir ke bawah, pada pilihan setel jaraingan yang disukai / set preffered network type, silahkan pilih CDMA only.

5. Kembali ke halaman kepengaturan, lalu pilih menu Kartu SIM & Jaringan seluler, kemudian masukan kartu 4G agar aktif, kemudian pilih jaringan SIM 1 atau SIM 2 tergantung dimana anda meletakan kartu 4G, sangat direkomendasikan di sim 1.

6. Kemudian pada pilihan yang tersedia silahkan pilih Global / Semua, agar kartu selain bisa digunakan untuk jaringan 4G bisa juga digunakan untuk SMS dan juga telepon. silahkan tunggu hingga jaringan 4G terdeteksi, jika jaringan aktif dan bisa terdeteksi oleh perangangkat, maka akan muncul tulisan 4G di atas disamping sinyal kartu 4G anda.

Kelemahan cara ini adalah Setingan akan kembali ke awal ketika hp direstart, oleh karena itu setiap kali hp direstart anda harus melakukan setingan dari awal lagi, tidak sulit kok, apalagi sudah terbiasa.

Cara setting 4G #4:
Cara ke 4 bisa anda coba jika ke 3 cara di atas tidak berhasil, yaitu melalui TWRP recovery, cara ini sangat cocok jika pada kartu 4G anda prioritas LTE / prioritas 4G tidak muncul, untuk memastikannya terlebih dahulu silahkan cek di xiaomi kamu.

1.Masuk ke halaman setelan / settings  kemudian pilih menu pengaturan SIM & jaringan seluler
2. Pilih sim 1/sim 2 letak kartu 4g kamu
3. Pilih menu tipe jaringan prioritas, jika di halaman tipe jaringan prioritas hanya terdapat pilihan:

Priritas 3G
2G (hemat baterai) maka cara ini bisa anda coba untuk memunculkan pilihan prioritas LTE.


Untuk melakukan TWRP recovery pada redmi 3Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
Download patch Redmi3 FIX_LTE_MIUI8 8.1.3.0
Simpan hasil download di memroy internal xiaomi anda
Masuk ke TWRP Recovery, dengan cara : Matikan Smartphone kemudian Tekan Volume up + Power secara bersamaan
Pada menu utama TWRP pilih Instal > cari file kemudian klik Patch FIX > Swipe to comfirm flash
Reboot System
Jika sudah selesai kemudian silahkan cek di pengaturan pada xiaomi anda, masukan ke halaman setelan /settings, pilih menu pengaturan sim & Jaringan seluler, pilih sim 1/ 2 lokasi kartu 4G anda, lalu pilih menu tipe jaringan prioritas, pastikan menu prioritas LTE / Prioritas 4G.... muncul kemudian pilih, jika menu ini sudah muncul jaringan 4G akan terdeteksi.

Jika instal patch recovery TWRP berhasil maka di menu tersebut akan muncul beberapa pilihan.

4. Kembali ke halaman setelan / settings, lalu gulir ke bawah pilih menu about ponsel / tentang ponsel

5. Ketuk Menu Memory Internal sebanyak 5 kali, sampai keluar halaman menguji,  biasanya akan terdapat beberapa menu yaitu:

    Informasi telepon 1
    Informasi telepon 2
    Info Baterai
    Statistik Penggunaan
    Wi-fi Information


Pilih saja menu Informasi telepon 1 / informasi telepon 2, tergantung dimana anda meletakan kartu 4G anda.

6. Cari dan klik pilihan di bawah teks yang bertuliskan "Setel jenis jaringan yang disukai", seperti gambar di bawah ini:
mengaktifkan 4g di ponsel xiaomi

 Anda juga bisa memilih pilihan lainnya yang tersedia, untuk mengaktifkan 4G anda harus memilih pilihan yang mengandung tulisan LTE.

Cara setting 4G #5 :
Anda juga bisa mencoba faktory reset, jika langkah-langkah di atas masih belum berhasil mengaktifkan 4G di hp anda, tapi sebelum melakukan factory reset pastikan untuk membackup terlebih dahulu data-data penting di hp kamu.

Untuk melakukan factory reset  agar di reset ke pengaturan awal dengan cara Buka setelan/ settings > Setelan Tambahan > gulir paling bawah dan pilih “Buat Cadangan dan setel ulang” > pilih Kembalikan ke setelan pabrik.

Setelah melakukan factory reset, anda bisa menempuh cara ke #1 di atas, semoga berhasil mengaktifkan jaringan 4G di hp anda.

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser