6 Cara agar android tidak lemot tanpa root

Sering kali kita beranggapan bahwa android yang cepat adalah android yang harganya mahal. padahal sesungguhnya android kelas menengah kebawah juga bisa merasakan hal tersebut.

Apakah rahasia agar android tidak lemot? Ada berbagai cara untuk mempercepat kinerja Android, dan beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membuatnya terasa lebih cepat.

6 Cara agar android tidak lemot tanpa root 

Cara mempercepat android #1 Pastikan Anda up to date
Perangkat lunak terbaru bertujuan untuk perbaikan bug dan perbaikan umum dan ini dapat membantu perangkat Android Anda berjalan lebih baik. Pembaruan perangkat lunak cenderung datang OTA (Over The Air) dan Anda harus diminta secara otomatis untuk menginstalnya, namun tidak ada salahnya untuk memeriksanya. Buka Pengaturan -  Tentang perangkat -  Pembaruan perangkat lunak dan periksa pembaruan.

Logika yang sama berlaku untuk aplikasi, jadi jalankan Play Store, buka menu di kiri atas dan ketuk Aplikasi saya dan pastikan semua aplikasi yang Anda gunakan terbaru.

Cara mempercepat android #2 Bersihkan layar awal Anda
Jika Anda memilih untuk menggunakan wallpaper hidup maka pertimbangkan untuk menggantinya dengan gambar statis yang bagus. Anda juga harus membersihkan semua ikon yang tidak terpakai dan membatasi widget yang tertempel di homescreen. Semakin sedikit layar homescreen  yang berantakan, semakin baik dalam hal performa.

Cara mempercepat android #3 Copot pemasangan dan nonaktifkan aplikasi yang tidak terpakai
Anda tidak ingin mengizinkan aplikasi yang tidak Anda gunakan untuk mengambil ruang pada perangkat Anda dan berpotensi makan ke sumber daya sistem. Buka Pengaturan - Aplikasi dan gesek ke tab Semua . Perhatikan baik-baik daftar dan kenali aplikasi yang tidak Anda inginkan atau butuhkan. Jika Anda ragu aktifitas aplikasi tersebut saatnya check di google tentang fungsi aplikasi tersebut.

Ketuk aplikasi apa pun yang tidak Anda inginkan dan kemudian pilih Uninstall atau, jika opsi itu tidak ada untuk dicopot pemasangan, ketuk Disable . Aplikasi yang dinonaktifkan akan tercantum di tab baru, sehingga Anda dapat selalu mengaktifkannya lagi di masa mendatang jika Anda berubah pikiran.

Anda juga harus melihat di Settings - Apps di tab Running . Beberapa aplikasi ingin terus berjalan sepanjang waktu dan dampaknya dapat berdampak serius terhadap kinerja. Pikirkan baik-baik tentang apakah Anda memerlukan apa yang tercantum di sana.

Cara mempercepat android #4 Matikan atau kurangi animasi
Anda dapat membuat perangkat Android Anda terasa ngacir dengan mengurangi atau mematikan beberapa animasi. Anda harus mengaktifkan opsi Pengembang untuk melakukan ini. Buka Pengaturan - Tentang telepon dan gulir ke bawah ke bagian Sistem untuk mencari nomor bentukan . Ketuk tujuh kali dan Anda akan melihat pesan tentang menjadi pengembang.

Anda sekarang dapat kembali ke menu sebelumnya dan Anda harus melihat opsi Pengembang yang tercantum di bawah Sistem . Pergilah ke sana dan gulir ke bawah untuk menemukan skala animasi Window , skala animasi Transition , dan Animator duration scale . Ketuk masing-masing pada gilirannya dan setel ke .5x atau off . Pilih sebuah pilihan dan cari tahu apa yang cocok untuk Anda, jika Anda tidak suka masuk kembali dan ubah nilainya lagi.

Cara mempercepat android #5 Hapus data aplikasi dalam cache
Data cache aplikasi seharusnya membantu memuat lebih cepat, namun  seiring waktu bisa menghabiskan banyak ruang dan berpotensi menyimpan data dalam cache di aplikasi yang tidak Anda gunakan lagi. Terkadang membersihkan data dalam cache untuk aplikasi juga dapat membantu meningkatkan peforma.

Jika Anda ingin memilih aplikasi satu persatu lalu masuk ke Setelan - Aplikasi dan geser ke tab Semua dan ketuk aplikasi yang sobat inginkan lalu pilih Hapus cache . Jika Anda telah memutuskan untuk menghapus keseluruhannya, masuklah ke Settings - Storage dan ketuk data Cached lalu ketuk OK . Juga, periksa CCleaner ,  membersihkan cache aplikasi Anda dan membantu melakukan perawatan semacam ini.

Cara mempercepat android #6 Matikan atau kurangi sinkronisasi otomatis
Sebagian besar dari kita akhirnya menambahkan daftar akun yang berbeda ke perangkat Android kami dan kami mengizinkan mereka untuk menyinkronkan secara otomatis di latar belakang untuk menarik data baru dan memberi kami pembaruan. Semua sinkronisasi ini memiliki dampak besar pada kinerja, belum lagi masa pakai baterai.

Anda bisa pergi ke Settings dan menemukan Auto-sync di bawah Accounts dan mematikannya sama sekali, tapi itu akan terlalu drastis bagi kebanyakan orang. Alih-alih mengapa tidak hanya mengurangi frekuensi sinkronisasi dan menghapus akun yang sebenarnya tidak Anda butuhkan? Untuk banyak aplikasi, seperti Facebook, Anda harus membuka aplikasi dan menemukan pengaturan untuk mengurangi frekuensi sinkronisasi.

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser