11 cara membuat kinerja android lebih cepat

Ini membuat frustrasi untuk menjatuhkan beberapa ratus dolar di smartphone kelas atas hanya untuk menemukan bahwa kinerja yang halus dan cepat yang Anda harapkan tetap sulit dipahami.

Mid-rangers dan ujung anggaran pasar bahkan lebih rentan terhadap gagap dan lag. Ada berbagai cara untuk mempercepat kinerja Android, dan beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membuatnya terasa lebih cepat.

11 cara membuat kinerja android lebih cepat 


Pastikan Anda up to date
Perangkat lunak terbaru akan sering berisi perbaikan bug dan perbaikan umum dan ini dapat membantu perangkat Android Anda berjalan lebih baik. Pembaruan perangkat lunak cenderung datang OTA (Over The Air) dan Anda harus diminta secara otomatis untuk menginstalnya, namun tidak ada salahnya untuk memeriksa. Buka Pengaturan> Tentang perangkat> Pembaruan perangkat lunak dan periksa pembaruan.

Logika yang sama berlaku untuk aplikasi, jadi jalankan Play Store, buka menu di kiri atas dan ketuk Aplikasi saya dan pastikan semua aplikasi yang Anda gunakan mutakhir.

Bersihkan layar awal Anda
Jika Anda memilih untuk menggunakan wallpaper hidup maka pertimbangkan untuk menggantinya dengan gambar statis yang bagus. Anda juga harus membersihkan semua ikon yang tidak terpakai dan membatasi widget Anda ke hal yang hakiki. Semakin sedikit layar rumah Anda yang berantakan, semakin baik dalam hal performa.

Copot pemasangan dan nonaktifkan aplikasi yang tidak terpakai
Anda tidak ingin mengizinkan aplikasi yang tidak Anda gunakan untuk mengambil ruang pada perangkat Anda dan berpotensi makan ke sumber daya sistem. Buka Pengaturan> Aplikasi dan gesek ke tab Semua. Perhatikan baik-baik daftar dan kenali aplikasi yang tidak Anda inginkan atau butuhkan. Jika Anda ragu dengan apa yang mereka lakukan maka saatnya untuk memukul Google dan memeriksa.

Ketuk aplikasi apa pun yang tidak Anda inginkan dan pilih Uninstall atau, jika opsi itu tidak ada di sana untuk dicopot pemasangan, ketuk Disable. Aplikasi yang dinonaktifkan akan tercantum di tab baru, sehingga Anda dapat selalu mengaktifkannya lagi di masa mendatang jika Anda berubah pikiran.

Anda juga harus melihat di Settings> Apps pada tab Running. Beberapa aplikasi ingin terus berjalan sepanjang waktu dan dampaknya dapat berdampak serius terhadap kinerja. Pikirkan baik-baik tentang apakah Anda memerlukan apa yang terdaftar di sana.

Matikan atau kurangi animasi
Anda bisa membuat perangkat Android Anda terasa snappier dengan mengurangi atau mematikan beberapa animasi. Anda harus mengaktifkan opsi Pengembang untuk melakukan ini. Buka Pengaturan> Tentang telepon dan gulir ke bawah ke bagian Sistem untuk mencari nomor Bangun. Ketuk tujuh kali dan Anda akan melihat pesan tentang menjadi pengembang.

Anda sekarang dapat kembali ke menu sebelumnya dan Anda akan melihat opsi Pengembang yang tercantum di bawah Sistem. Pergilah ke sana dan gulir ke bawah untuk menemukan skala animasi Window, skala animasi Transisi, dan skala durasi Animator. Ketuk masing-masing pada gilirannya dan setel ke .5x atau nonaktif. Pilih sebuah pilihan dan cari tahu apa yang cocok untuk Anda, jika Anda tidak suka masuk kembali dan ubah nilainya lagi.

Hapus data aplikasi dalam cache
Cached data for apps should help them to load more quickly, but it can build up over time to take up quite a lot of space and there will potentially be cached data in there for apps that you no longer use. Sometimes clearing cached data for an app can also help clear up flaky behavior.

If you want to pick individual apps then head into Settings > Apps and slide over the All tab and tap on the relevant app then choose Clear cache. If you’ve decided to just clear the whole lot then go to Settings > Storage and tap on Cached data and then tap OK. Also, check out CCleaner, it cleans out your app cache and helps perform this kind of maintenance.

Turn off or reduce auto-sync
Sebagian besar dari kita akhirnya menambahkan daftar akun yang berbeda ke perangkat Android kami dan kami mengizinkan mereka untuk menyinkronkan secara otomatis di latar belakang untuk menarik data baru dan memberi kami pembaruan. Semua sinkronisasi ini memiliki dampak besar pada kinerja, belum lagi masa pakai baterai.

Anda bisa pergi ke Settings dan menemukan Auto-sync di bawah Accounts dan mematikannya sama sekali, tapi itu akan terlalu drastis bagi kebanyakan orang. Alih-alih mengapa tidak hanya mengurangi frekuensi sinkronisasi dan menghapus akun yang sebenarnya tidak Anda perlukan? Untuk banyak aplikasi, seperti Facebook, Anda harus membuka aplikasi dan menemukan pengaturan untuk mengurangi frekuensi sinkronisasi.

Hapus partisi cache
Partisi cache terpisah dari cache data aplikasi Anda dan berisi file sementara. Ini perlu dibersihkan sekali ini sesekali. Anda harus melakukan boot ke mode pemulihan untuk melakukannya. Metode untuk memasukkan mode pemulihan bervariasi bergantung pada perangkat Anda, namun Anda akan mudah menemukannya dengan cepat mencari Google. Sekali dalam mode pemulihan Anda menggunakan tombol volume untuk dinavigasi dan tombol daya untuk memilih item. Anda ingin memilih menghapus partisi cache.

Coba laucher lain
Beberapa penyesuaian yang dibuat oleh OEM ke perangkat mereka bisa menjadi beban berat. Jika Anda ingin mengubah nuansa navigasi di sekitar, dan tweak beberapa pengaturan untuk membuatnya terasa lebih cepat, Anda mungkin mendapati bahwa peluncur pihak ketiga melakukan triknya. Cobalah sesuatu seperti Peluncur Nova, Launcher EX, atau Peluncur Apex. Percobaan dengan pengaturan dan Anda harus menemukan bahwa perangkat Anda terasa jauh lebih cepat.

Lakukan reset pabrik
Ini adalah langkah drastis, namun beberapa orang menyarankan agar Anda melakukan reset pabrik secara berkala jika Anda ingin perangkat Anda berjalan dalam kondisi prima. Ini adalah jalan pintas untuk membersihkan perangkat Anda dan menyingkirkan sampah yang Anda akumulasi, tapi itu berarti menyeka semua data dan pengaturan. Jika Anda memutuskan untuk mencobanya maka pastikan Anda mencadangkan semua hal yang penting bagi Anda terlebih dahulu. Anda dapat menemukan pilihan untuk melakukannya di Settings> Backup & reset> Factory data reset.

Overclock perangkat Anda
Salah satu alasan Anda akan melihat perbedaan kinerja antara perangkat Android dengan prosesor dasarnya sama, adalah beberapa kecepatan batas OEM untuk mengurangi panas dan memperpanjang masa pakai baterai. Jika Anda ingin mengakar perangkat Android Anda, maka Anda dapat mengoverclocknya menggunakan aplikasi seperti SetCPU atau Overclock Android. Adalah bijaksana untuk melanjutkan dengan hati-hati jika Anda memutuskan untuk melakukan ini.

Instal ROM khusus

Rooting perangkat Android Anda tidak secara otomatis menawarkan peningkatan kinerja, namun ROM khusus bisa. Untuk beberapa perangkat yang tidak lagi diperbarui, ROM khusus adalah cara untuk mendapatkan versi Android yang lebih baru. Anda juga dapat menemukan ROM khusus yang tidak menggunakan bloatware sama sekali dan menawarkan beberapa tweak dan modifikasi yang menarik. Anda perlu melakukan penelitian untuk menemukan ROM kustom yang tepat untuk Anda.
Reaksi:

You Might Also Like: