Cara mengetahui memori hp rusak total

Pernahkan sobat menemukan situasi dimana memory hp ( SD card ) tidak terbaca sama sekali di hp? kalau sudah pernah apakah rasanya jengkel dan marah? atau justru malah gelisah? andai sekarang sobat sedang mengalami hal itu jangan panik dan tetap keep calm. tidak terbaca di android bukan berarti memory tersebut rusak total, kenapa demikian? sebab kita perlu paham dulu ciri ciri sd card rusak total itu seperti apa dan gejala rusak ringan seperti apa.

Sekarang ini mungkin pemakaian sd card di smartphone semakin berkurang seiring penambahan memory internal bawaan hp. paling tidak ya ROM android sekarang 16GB walau sebenarnya yang murni bisa kita gunakan untuk menyimpan data cuma sekitar 12 GB an.

Kesalahan yang sering kita buat dalam memperlakukan sd card bisa membuat memory tersebut umurnya pendek dan gampang rusak. apalagi didalamnya berisi ribuan kenangan manis bersama keluarga, kawan atau pasangan kita mungkin. kita dapat mengetahui bahwa umur si memory sudah habis ( waktunya rusak ) dari tanda tanda yang ada pada sdcard tersebut. seperti apakah tandanya? mari kita telusuri.

Tanda tanda kartu memory rusak total

Pertama, saat peforma android atau hp tidak lagi sama seperti waktu kita baru memasang emmc, terutama ketika di pakai menjalankan aplikasi yang tersimpan di sd card bisa jadi itu karena memang si memory card ini sudah waktunya di lem baru. ingat diagnosa ini benar andaikata system kita normal lho ya, artinya saat di jalankan tidak ada aplikasi baground yang sedang berjalan. agar tahu apakah penyebab android lemot dan cepat panas itu dari memory, coba test jalankan android tanpa memory dan test memory tersebut di android lain. dari sni nanti kita bisa tahu apakah benar memory sudah menurun kinerjanya sehingga mengganggu system android.

Kedua, saat kita mulai sadar bahkan loading saat akses file yang ada di memory sangat lama ( lambat ) berarti kemungkinan memory memang sudah tidak layak pakai lagi.

Yang ketiga, ini lebih parah lagi sob, sebab bukan hanya lemot saja tapi aplikasi sering macet dan force close. padahal internal kita sudah hampir penuh dan tidak mungkin install aplikasi atau memindahkan aplikasi yang terinstall di sdcard ke internal. mau tidak mau yang kita pensiunkan memory kita lalu backup data yang ada didalamnya ke memory yang baru yang lebih bagus.

Keempat, masalah terberat yang ada di memory adalah tidak bisa di isi data, data di memory tidak bisa di pindah, di hapus dan tidak bisa di format. kasus ini bisa terjadi di sembarang hp dan android lho ya, bisa di samsung lenovo, oppo dl. kalau memory sudah begini ya coba alih fungsikan dia jadi gantungan kunci. langkah itu bisa diambil jika kita merasa ragu untuk membuang memory tersebut.

Itulah beberapa ciri atau tanda memory hp rusak total, rusak sedang dan minta pensiun. solusi teraman sebenarnya kita pakai penyimpanan cloud. sayangnya kelemahan penyimpanan cloud ini membutuhkan koneksi internet yang mana mengharuskan kita merogoh kocek lebih dalam demi kuota atau paket data.
Reaksi:

You Might Also Like: