Cara mempercepat koneksi internet android tanpa root

Sering mengalami koneksi internet android lambat? sobat ingin koneksi androidnya cepat tanpa harus melakukan root pada device tersebut? Ok sebelum itu sedikit informasi untuk sobat semua bahwa kecepatan internet android dipengaruhi oleh berbagai faktor. misalnya penuhnya aplikasi, jaringan internet yang lemot dan lain sebagainya.

Oleh karena itu kita sebaiknya kenali dulu penyebab dari koneksi android jadi lemot sebelum beranjak ke langkah mempercepat koneksi android. dan disini ada beberapa point penting .

Kenapa koneksi internet android lemot?


Penyebab #1 Jaringan disekitar sobat kurang memadai

Sekarang sobat harus perhatikan sekelilingnya. apakah jaringan di tempat sobat berdiri sinyal bagus. seandainya bagus, jenis jaringan apa itu? apakah 3G, 4G atau hanya 2G. terkadang didaerah perkotaan ada yang sinyal 3G susah tapi ada juga di pegunungan sinyal 2G sudah lancar untuk internet.

Mempercepat koneksi android dengan kartu yang bagus
Sebelum membeli paket data atau kartu untuk internet, sebaiknya check kartu yang paling banyak sinyalnya di tempat sobat. setelah dapat sinyal yang bagus, misalnya 3 atau telkomsel. pilih paket internet yang murah dengan kuota mantab.

Penyebab #2 Device yang tidak mendukung jaringan wuz wuz

Jika sudah menggunakan paket dan kartu yang mendukung namun internet masih tetap lelet berarti diagnosis kedua ada pada perangkat yang digunakan. dalam hal ini adalah android. apakah android kita sudah mendukung jaringan tercepat misalnya 3G atau yang sekarang lagi trend adalah 4G LTE.

Mempercepat koneksi android dengan device yang mumpuni
Jika belum bisa H+ atau masih sering edge berarti bisa ganti device yang sudah mendukung 3G atau silakan cari koneksi wifi gratis yang wuz wuz.

Penyebab #3 settingan APN intenet

Jika device sudah mendukung tapi koneksi internet masih lemot bagaimana? itu artinya salah setting APN. untuk 3 always on silakan ganti username dan password dengan 3data. jika telkomsel pastikan settingan APN sudah internet.

Dengan langkah diatas seharusnya permasalahan koneksi internet yang lambat sudah kembali normal. namun langkah tersebut bisa saja sia sia apabila kuota internet tidak ada dan settingan playstore automatic updates atau otomatis update.

Semoga 3 penyebab android koneksinya lelet bisa teratasi. jangan lupa untuk selalu check kuota siapa tahu kuota sudah habis amkanya internet jadi lemot. sekian tips mempercepat koneksi android.terima kasih.
Reaksi:

You Might Also Like: